SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (29/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) serta tim kampanye mereka langsung terjun ke masyarakat di hari pertama masa kampanye Pemilu 2024, Selasa (28/11/2023), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Diberitakan Solopos hari ini, Rabu (29/11/2023), pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau AMIN berkampanye secara terpisah, Anies berkampanye di wilayah DKI Jakarta dan Bogor, sementara Muhaimin di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. juga menggelar kampanye secara terpisah. Ganjar memilih berkampanye di wilayah Papua, sementara Mahfud menyambangi sudut barat Indonesia di Aceh.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, justru belum terjun langsung berkampanye. Prabowo tetap menjalankan agendanya sebagai menteri per­tahanan, termasuk salah sa­tunya menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Gibran juga beraktivitas di Balai Kota Solo serta hadir di sejumlah kegiatan publik.

Dalam kampanye di Jakarta, Anies Baswedan dan istrinya, Feri Farhati, menyambangi Ke­lurahan Tugu Selatan, Keca­matan Koja, Jakarta Utara. Anies datang berboncengan na­ik motor skutik dengan istrinya. Anies kemudian melanjutkan kampanye ke Kota Bogor dengan menggunakan KRL.

Di Bogor, Anies mengampanyekan program mempermudah syarat kredit pemilikan rumah (KPR) bagi pekerja mandiri dan informal. ”Bogor adalah kawasan yang amat penting. Interaksinya dengan Jakarta intensif dan di sini ada kebutuhan-kebutuhan warga yang cukup mendasar, tadi saya sampaikan di sana. Salah satunya adalah kebutuhan rumah,” kata Anies saat diwawancarai seusai mengisi saldo kartu multitrip (KMT) di mesin pengisian saldo Stasiun Bogor, Selasa sore.

Final Milik Para Jago Eropa

SOLO—Final Piala Dunia U-17 2023 Indonesia menjadi milik dua negara jagoan sepak bola Eropa, Prancis dan Jerman. Kedua tim asal benua Biru Eropa itu lolos ke partai puncak turnamen sepak bola remaja itu setelah menaklukkan lawan masing-masing di partai semifinal di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023).

Kedua partai semifinal itu betul-betul layak dinikmati karena berjalan keras dan menegangkan. Jerman harus bersusah payah saat menghadapi Argentina sebelum memastikan lolos ke final lewat babak dramatis adu penalti dengan skor akhir 4-2. Laga dilanjutkan ke babak penalti setelah pertandingan di waktu normal berakhir dengan skor seri 3-3.

Ketiga gol Jerman dicetak oleh Paris Brunner pada menit ke-7 dan ke-58 serta Max Moerstedt pada menit ke-68. Sedangkan, 3 gol Argentina U-17 dicetak oleh Agustin Ruberto pada menit ke 26, 45+4 dan 90+8. Pelatih Jerman, Christian Wueck, setelah laga mengungkapkan sangat bangga bisa masuk final. Dia merasa mengalami dua babak yang berbeda. Babak pertama Jerman mampu mencetak 1 gol namun pemain sedikit lengah. Akhirnya, Argentina kembali dengan posisi yang sangat kuat dan membuat laga berakhir 3-3.

Mendorong Pengolahan Rumput Laut

JAKARTA—Pemerintah mendorong hilirasi rumput laut laut menyusul posisi Indonesia yang menduduki peringkat kedua dunia pengekspor global dalam bentuk bahan mentah. Harapannya nilai ekspor bisa meningkat dibandingkan 2022 yang senilai US$455,7 juta atau setara Rp7,041 triliun.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan komoditas rumput laut berpotensi diolah menjadi bahan baku industri farmasi, kecantikan, dan lainnya. “Komoditas unggulan berupa rumput laut bisa menjadi bagian dari program hilirisasi nasional,” kata Teten dalam keterangan resmi, Jumat (3/11/2023).

Di sisi lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan memfasilitasi investasi usaha rumput laut di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dukungan yang akan diberikan di antaranya modelling usaha rumput laut dengan mengintegrasikan ekosistem dari hulu ke hilir. Sejumlah hilirisasi dilakukan dalam bentuk penanganan pascapanen yang baik, modernisasi pengeringan, packaging, pengaturan tata niaga, hingga penyediaan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Serangan Balik Kasus Pemerasan Firli

JAKARTA—Kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang menjerat Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menjabat Menteri Pertanian (Mentan) menunjukkan buruknya penanganan kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) era Firli Bahuri.

Belakangan, penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan terkait penanganan kasus korupsi di Kementan diwarnai serangan balik dari pimpinan KPK. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menuding kasus itu mandek saat Irjen Pol. Karyoto—yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya—masih menjadi Deputi Penindakan KPK.

Alex menuding penanganan kasus di Kementan sempat mandek selama tiga tahun. Ini bukan kali pertama Alex mengungkap mandeknya kasus Kementan. Dalam konferensi pers, Senin (27/11/2023), Alex kembali menceritakan kasus itu berawal dari laporan pengaduan masyarakat (dumas) pada 2020.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (29/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya