SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (6/11/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang keriuhan menyambut berlangsungnya kirab Trophy Experience Piala Dunia U-17 2023 di area Solo Car Free Day Jl. Slamet Riyadi, Minggu (5/11/2023), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (6/11/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, kemeriahan acara dan antusiasme masyarakat ini pun membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan Kota Solo sudah betul-betul siap menjadi tuan rumah ajang sepak bola dunia itu. Pertandingan di tingkat grup bakal digelar di Stadion Manahan Solo mulai 10 November mendatang.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Penilaian itu diungkapkan Erick seusai acara kirab di Pamedan Pura Mangkunegaran. Sejumlah pengurus PSSI juga hadir dalam acara tersebut seperti Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali dan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha. Hadir pula Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dan Adipati Mangkunegaran, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X.

”Kota Solo setara dengan kota-kota besar lain dalam menyambut penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Sekaligus menunjukkan kesiapan Kota Solo dalam menyambut Piala Dunia,” kata dia. Tak hanya lokasi pertandingan di Stadion Manahan, infrastruktur pendukung juga telah disiapkan selama beberapa bulan terakhir

Erick pun mendorong agar pemain tim nasional Indonesia memberikan hasil maksimal saat berlaga di lapangan hijau. Dia menargetkan timnas Merah Putih lolos penyisihan grub. ”Proses seleksi pemain, saya tegaskan tidak ada titipan. Ada juga dua pemain diaspora, yakni Welber Jardim dan Amar Brkic,” ujar dia.

Politikus Ramaikan Haul Habib Ali

SOLO—Kalangan politikus termasuk calon presiden (capres) Anies Baswedan dan cawapresnya, Muhaimin Iskandar, ikut hadir dalam puncak Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (4/11/2023). Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang kebetulan juga cawapres Koalisi Indonesia Maju, juga hadir dan sempat berjumpa keduanya.

Cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Muhaimin Iskandar, pun mengungkapkan bertemu Gibran di sela-sela acara haul tersebut. “Ya ketemu. Ngobrol, bagaimana kabarnya, sehat-sehat,” kata Gus Imin, sapaan akrabnya, kepada wartawan. Muhaimin bersyukur bisa mengikuti haul serta mendapatkan doa. “Alhamdulillah dapat banyak doa dari kiai, ulama, al habib. Semoga keberkahan terus menyertai langkah perjuangan. Amin,” jelas dia.

Sementara Anies Baswedan mengatakan menghadiri Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi dengan sukacita. Jemaah mengikuti haul karena mencintai Rasulullah dan Habib Ali. “Ini adalah telaga cinta di mana kami semua datang ke sini karena rasa cinta. Itulah yang menjadi niatan kami datang. Dan kami bersyukur bisa mengikuti dari sebelum dimulai sampai selesai,” jelasnya.

Rumah Kemasan UMKM Ditambah

JAKARTA—Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi peningkatan kualitas kemasan produk-produk UMKM melalui rumah kemasan yang segera dioperasikan PLUT-KUMKM Subang, Jawa Barat, sebagai salah satu upaya untuk meningkat omzet.

“Selain itu, rumah kemasan ini agar bisa disosialisasikan supaya bisa digunakan bersama dan dirawat agar bisa dipakai sesuai masa operasionalnya,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif R. Hakim seusai meninjau rumah kemasan di Gedung PLUT-KUMKM Kabupaten Subang seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

SesKemenKopUKM menjelaskan rumah kemasan tidak hanya memfasilitasi kemasan produk, namun juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Kendati memiliki tempat dan lokasi yang nyaman, Arif memastikan harga layanan yang ditetapkan tidak mahal karena akan dikelola BLU (Badan Layanan Umum) yang bertujuan bisa melayani dan memfasilitasi pelaku UMKM secara berkesinambungan.

Firli Terjepit Dua Kasus

JAKARTA — Posisi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terjepit. Dia kini dibidik terkait dua kasus yaitu kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan kasus etika terkait rumah yang digunakannya.

Dalam kasus terbaru yang berpeluang menjeratnya, Firli terlibat dalam polemik “rumah singgah” di Jl. Kertanegara, Jakarta Selatan. Rumah itu disewa oleh pengusaha Alex Tirta, tetapi kemudian justru digunakan oleh Firli Bahuri sebagai “rumah singgah.” Sisi etika di sini adalah adanya hubungan antara Firli dan Alex.

Di sisi lain, penyidik Polda Metro Jaya bakal segera mengumumkan tindak lanjut penyidikan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri, Selasa (7/11/2023) esok. Rencananya, Firli akan diperiksa untuk kedua kalinya sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK pada pekan depan di Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Sebelumya, pemeriksaan Firli kali pertama dilakukan di Bareskrim Polri pada pekan lalu.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (6/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya