SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (15/8/2023).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (15/8/2023), mengangkat headline tentang bergabungnya PAN dan Partai Golkar dalam koalisi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membawa konstelasi politik baru.

Diberitakan Solopos hari ini, pengamat politik dari Universitas Brawijaya, Wawan Sobari, menilai dukungan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada Prabowo Subianto mengubah peta koalisi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Wawan mengatakan selama ini Partai Golkar identik dengan PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dengan dukungan dari Partai Golkar, PAN, dan PKB untuk Partai Gerindra tersebut, menurut dia, maka perubahan yang terjadi akan signifikan. Koalisi yang mengusung Prabowo sebagai capres untuk Pilpres 2024 saat ini mencapai 46% kursi di parlemen.

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, PDIP harus benar-benar mengoptimalkan penunjukan tokoh sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Merapatnya tiga partai ke Gerindra itu, menurut Wawan, akan menjadikan kontestasi Pemilu 2024 lebih berimbang.

“Pertarungan makin berimbang karena sampai saat ini Anies Baswedan juga masih belum clear. Anies baru didorong oleh Partai Nasdem,” katanya.

UIN Buru Data Mahasiswa Baru Pendaftar Pinjol

SUKOHARJO–Kasus pelibatan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta untuk mengunduh dan mendaftarkan diri di aplikasi pinjaman online (pinjol) terus ditindaklanjuti. Saat ini pimpin UIN R.M. Said memilih fokus pada pengumpulan data mahasiswa yang telah mendaftar aplikasi pinjol itu.

Rektor UIN R.M. Said, Mudofir Abdullah menyebut akan segera membuat tim yang secara khusus akan melakukan investigasi pada kasus tersebut. “Kami terus bekerja terutama untuk mendapatkan data-data valid mereka yang sudah mengunduh dan registrasi. Akan kami panggil dekan-dekan untuk mendata. Karena fokus kami adalah bagaimana mahasiswa baru data dan keamanan datanya bagaimana, ini yang menjadi fokus,” tegas Mudhofir saat ditemui awak media di kantornya, Senin (14/8/2023).

Dia ingin memastikan kebenaran jumlah data mahasiswa baru (maru) yang telah melakukan registrasi pada akun pinjol. Hal itu dilakukan untuk memastikan agar kampus bisa menyerahkan data valid pada pihak berwenang untuk dilindungi.

Penerimaan Cukai Rokok Anjlok

JAKARTA—Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) hingga Juli 2023 (year-to-date/ytd) mencapai Rp111,23 triliun. Nilai itu turun 8,93% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu (year-on-year/yoy).

Hal ini disampaikan Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati. “Realisasi cukai hasil tembakau turun 8,93% karena produksi sampai dengan Mei yang turun 3,69%,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita yang dikutip Minggu (13/8/2023).

Selain itu, lanjutnya, tercatat tarif rata-rata tertimbang hasil tembakau hanya naik 2,02% dari yang seharusnya 10%. Kondisi ini terutama disebabkan penurunan produksi sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) golongan 1.

BRT Terintegrasi BST, Bertemu di Sukoharjo

WONOGIRI—Balai Transportasi Jawa Tengah (Jateng) mengintegrasikan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor VII Solo–Wonogiri dengan layanan Batik Solo Trans (BST). Halte The Park Mall, Sukoharjo, menjadi titik temu kedua layanan tersebut.

Kepala Balai Transportasi Jateng, Joko Setyawan, mengatakan pengintegrasian BRT Trans Jateng Solo–Wonogiri dan BST Solo sudah dilakukan sejak kali pertama BRT Trans Jateng beroperasi pada Selasa (8/8/2023).

Dia menjelaskan, halte The Park Mall Sukoharjo menjadi lokasi titik temu antara kedua layanan tersebut. BRT dari arah Solo maupun Wonogiri akan berhenti di halte itu. Begitu juga dengan layanan BST.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (15/8/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya