SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (21/12/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang melejitnya citra Kota Solo sebagai destinasi wisata yang memiliki banyak keunikan membawa konsekuensi bakal membeludaknya pengunjung khususnya saat momentum masa liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (21/12/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memprediksi sebanyak 7,8 juta kendaraan bakal memadati Kota Solo selama periode libur Nataru. Oleh karena itu Dishub Kota Solo pun memantau secara khusus 15 lokasi yang dinilai rawan macet.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, Rabu (20/12/2023), menjelaskan volume kendaraan di Solo pada musim libur Nataru tahun lalu mencapai 6.277.928 unit pada periode 21 sampai 31 Desember 2022. Jumlah itu diprediksi meningkat 25%-50% kali ini.

Kepala Dishub Kota Solo, Taufiq Muhammad, menyebut pula kepadatan lalu lintas diyakini berada di seputar destinasi wisata utama seperti Solo Safari, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan Pura Mangkunegaran.

Terkait lalu lintas jarak jauh, beban terbesar ditanggung oleh jaringan jalan tol. Karena itu pengoperasian ruas jalan tol Solo-Yogyakarta secara fungsional menjadi perhatian besar. Meski panjang ruas yang dioperasikan sementara hanya 13 km, ruas Kartasura, Sukoharjo, hingga Karanganom, Klaten, itu vital karena bisa memotong waktu tempuh hingga satu jam. Pembukaan tol fungsional tersebut direncanakan dimulai pada Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024) mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Jateng Untung jika Ada Direct Flight Luar Negeri

SOLO—Jawa Tengah bakal untung jika pemerintah pusat menambah 20 negara yang warganya berhak mendapat fasilitas pembebasan visa kunjungan ke Indonesia. Akan tetapi keuntungan baru bisa benar-benar dirasakan jika ada penerbangan langsung dari luar negeri ke Jateng.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng, Agung Hariyadi, saat ditemui di Hotel Solia Zigna Kam­pung Batik, Solo, Selasa (19/12/2023), menjelaskan wi­­satawan mancanegara yang berkunjung ke Jateng kebanyakan dari Singapura, Australia, dan Malaysia. Sedangkan jumlah wisatawan mancanegara dari Tiongkok ke Jateng juga cukup berarti. “Sepertinya itu kan karena hub-nya saja, hub dari Singapura. Warga dari berbagai negara pintu masuknya dari Singapura dan Malaysia,” papar Agung.

Rencana pembebasan visa bagi warga 20 negara itu menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, telah melalui sejumlah tahap kajian. ”Kami dalam proses untuk memastikan bahwa In­donesia tetap menjadi top of mind kunjungan. Ini kami lakukan secara konsisten untuk membidik wisatawan yang berkualitas,” ujar dia dalam Weekly Brief, dikutip dari bisnis.com, Selasa.

Alarm Banjir Rokok Ilegal

JAKARTA—Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) mengungkap potensi munculnya rokok ilegal yang semakin marak imbas kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10% pada 2024.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok golongan sigaret keretek mesin (SKM), sigaret putih mesin (SPM), dan sigaret keretek putih (SKP). Ketua Umum Gaprindo Benny Wachjudi mengatakan kenaikan tarif cukai di tengah daya beli yang lesu memicu peredaran rokok ilegal yang lebih murah di tengah masyarakat.

Sementara, pelaku industri terpaksa menaikkan harga jual. “Dengan kenaikan tarif cukai ini juga dapat memicu pertumbuhan rokok ilegal dan turunnya daya saing industri tembakau,” kata Benny, Selasa (12/12/2023).

Pengembalian Uang Hanya Meringankan Hukuman

WONOGIRI—Kepala Desa Manjung, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Hartono, dinonaktifkan setelah menjadi tersangka kasus dugaan penyelewengan dana aset desa senilai Rp327,4 juta. Jaksa mengapresiasi niat pengembalian dana tersangka namun proses hukum dipastikan terus berlanjut.

Hartono ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri. Dia diduga mengelola lahan desa tanpa menyetorkannya uang sewe ke kas desa setempat. Penasihat hukum Hartono, Supriyanto, mengatakan ada iktikad dari tersangka untuk mengembalikan uang kerugian negara akibat dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan aset desa itu. Namun, dia belum bisa dipastikan berapa nilai kerugian negara yang bisa dikembalikan tersangka.

“Tetapi saya belum koordinasi dengan pihak keluarga berapa nilai kerugian yang akan dikembalikan. Apakah bisa seluruhnya atau tidak,” kata Supriyanto saat dihubungi Espos, Rabu (20/12/2023) sore. Supriyanto menyebut belum ada permintaan penangguhan penahanan dari pihak tersangka. Tersangka ditahan Kejari Wonogiri sejak Senin (18/12/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (21/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya