SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (9/10/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang Kota Solo sukses mendapat predikat pertama sebagai Kota Paling Nyaman Dihuni atau Most Liveable City di Indonesia versi Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia pada 2022 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (9/10/2023). Solo pun mengalahkan Kota Jogja dan Kota Semarang.

Diberitakan Solopos hari inim perihal penghargaan Solo menjadi Kota Paling Nyaman dicuitkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dalam akun Twitter atau X resmi miliknya pada Jumat (6/10/2023). Dalam unggahannya tersebut Gibran menuliskan caption,“Lumayan nyaman juga ternyata.”

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Gibran pun menyebut Kota Solo bisa menjadi jujukan warga setelah pensiun. “Karena biaya hidupnya murah, kotanya aman, ya cocoklah untuk jujugan pensiun,” kata Gibran saat ditemui wartawan di kawasan Jl. Diponegoro, Solo, Minggu (8/10/2023) pagi.

Gibran menyatakan kebijakan-kebijakan Pemkot Solo sudah ramah bagi kelompok difabel. Otomatis sejumlah kebijakan itu ramah bagi orang lansia, antara lain melengkapi aksesibilitas bagi pengguna kursi roda pada infrastruktur kota. Gibran pun menegaskan sukses Kota Solo mendapat predikat pertama sebagai Kota Paling Nyaman Dihuni berkat keterlibatan warga Kota Solo.

Ini bukan kali pertama Solo mendapatkan predikat tertinggi di Indonesia sebagai kota paling nyaman atau layak huni versi IAP. Sebelumnya, pada 2017 dan 2019, Solo juga meraih predikat pertama. IAP adalah organisasi profesi perencanaan wilayah dan kota tertua dan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, didirikan pada 1971, beranggotakan lebih dari 2.500 perencana wilayah dan kota.

UU Sandang Diharapkan Bisa Lindungi Industri Tekstil & UMKM

SOLO—Masuknya produk impor yang tak terkendali dan tak terawasi ke Indonesia antara lain disebabkan lemahnya regulasi yang memunculkan banyak celah. Hal ini pun menjadi salah satu faktor yang memukul industri tekstil dan produk tekstil nasional.

Karena itu Presiden Komisaris PT Sritex, Iwan Setiawan Lukminto, mengungkapkan saat ini pihaknya bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR sedang membahas pengajuan rancangan undang-undang pertekstilan atau UU sektor sandang. Hal ini diungkapkannya dalam diskusi Beyond The Limits yang dipandu oleh Presiden Direktur Solopos Media Group, Arief Budisusilo, bertajuk Bos Tekstil Buka Suara Soal Tiktok Shop dan Fenomena Impor Liar, Kamis (5/10/2023).

Iwan menyebut adanya UU sektor sandang ini nantinya bisa melindungi ekosistem tekstil dari industri hingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). ”Kami ini sudah geregetan dan akhirnya dipanggil oleh Baleg DPR, muncul gagasan undang-undang pertekstilan atau undang-undang sandang. Tujuannya untuk mewadahi ekosistem tekstil dari hulu sampai hilir jadi semua terkendali. Salah satu goal-nya juga menaikkan value added di Indonesia,” kata dia.

Manisnya Industri Kakao

JAKARTA—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri olahan kakao di sisi hilir menyusul peran Indonesia sebagai eksportir produk kakao olahan terbesar ke-3 di dunia dengan kontribusi pasar global sebesar 9,17% dan total produksi 739.483 ton.

“Peluang pengembangan industri olahan kakao masih terbuka luas, terutama di sisi hilir. Saat ini Indonesia masih mengimpor produk hilir olahan kakao sehingga produksinya masih perlu dipacu untuk mengurangi impor,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika, belum lama ini.

Dalam catatan Kemenperin, Indonesia saat ini menempati urutan ke-7 sebagai produsen biji kakao terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan negara pengolah produk kakao olahan ke-3 dunia setelah Belanda dan Pantai Gading berdasarkan data International Cocoa Organization (ICCO) tahun 2022/2023.

Bertumpu pada Uang Para Taipan

Senin malam, 4 September 2023, Arsjad Rasyid mengaku kaget. Saat berada di tengah acara Malam Penganugerahan ASEAN Business Awards 2023 di Ballroom The Ritz-Carlton, Jakarta, dia menerima kabar telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

“Saat mendengar kabar tersebut, ya ampun, ya Allah, kaget saya. Karena terus terang aja saya tak diinformasikan. Namun, suatu kehormatan. Tetapi bagaimanapun sebaiknya dibicarakan dulu dong,” katanya kepada wartawan di Hotel Mulia, Jakarta, keesokan harinya. Meski mengaku kaget, penunjukan Arsjad bukan hal baru dalam politik elektoral di Indonesia.

Sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad adalah sosok strategis di kalangan pengusaha. Dia bisa menjadi representasi dunia usaha—meski tidak secara resmi mewakili organisasi atau entitas usaha apa pun—dalam politik. Penunjukan Arsjad mengingatkan publik tentang Erick Thohir—bos Grup Mahaka—yang memimpin Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (9/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya