SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (5/1/2024).

Solopos.com, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (5/1/2024), mengangkat headline tentang kolaborasi menjadi hal terpenting dalam pembangunan jangka panjang Kota Solo. Diketahui, Kota Solo mendapat peran sebagai salah satu Pusat Kegiatan Nasional (PKN) untuk melayani aktivitas utama berupa industri, pariwisata, dan pertanian.

Diberitakan Solopos hari ini, kolaborasi itu bukan hanya antara Pemkot Solo dengan pihak swasta, namun juga dengan pemerintah daerah di sekitar Solo. Hal ini ditegaskan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat memberikan arahan dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solo 2025-2045 di Solo Paragon Hotel & Residences, Kamis (4/1/2024).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Acara itu dihadiri sejumlah pemangku kepentingan seperti kalangan birokrasi, komunitas, akademisi, pengusaha, dan media. “Solo cepat maju, cepat tumbuh, tapi jangan maju sendiri. Namun bikin multiplier effects ke daerah sekitar. Sudah ada bangunan fisik yang monumental, ke depan kami fokus pembangunan non fisik, indeks pembangunan manusia dan lain-lain,” papar dia.

“Mohon maaf kolaborasinya belum berjalan dengan baik. Kami bicara lingkup Solo, Solo enggak ada lahan pertanian, kami ingin Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota, Badan Riset dan Inovasi Daerah, Solo Technopark, ke depan fokus smart farming, pemanfaatan IoT [Internet of things], uji ph tanah [unsur hara], pemanfaatan drone untuk penyemprotan pestisida,” lanjut Gibran.

Masalah pertanian ini memang dipantik oleh Direktur Program Yayasan Gita Pertiwi, Titik Eka Sasanti, yang menyasar pembahasan ketahanan pangan. “Solo tak punya lahan namun di kiri-kanannya punya lahan. Kami punya anak-anak muda yang banyak. Sekarang belum tertarik di bidang pertanian. Kami akan isi kekosongan itu dengan smart farming, urban farming kan sudah ada,” jawab Gibran.

Satgas Pemilu Disebut Tak Ada Konflik Kepentingan

JAKARTA—Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu untuk menerima pengaduan pelanggaran aturan pemilu. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. pun menjamin unit itu tidak memiliki konflik kepentingan.

”Ya justru membentuk itu [Satgas Pemilu] biar tidak ada conflict of interest [konflik kepentingan], [maka] itu dibentuk,” kata Mahfud di Jakarta, Kamis (4/1/2024). Mahfud menilai Satgas Pemilu tidak memiliki konflik kepentingan karena tidak menangani pelaksanaan pemilu.
”Itu struktur yang sudah permanen, dan itu ada sejak dulu. Dan itu tidak menangani pelaksanaan Pemilu. Tidak akan ada conflict of interest,” katanya.

Mahfud kemudian menjelaskan bahwa tugas dari Satgas Pemilu adalah menerima laporan tentang pelanggaran pemilu dan meneruskannya kepada pihak terkait. ”Di situ menerima laporan-laporan tentang pelanggaran Pemilu. Nanti disalurkan ke Bawaslu [Badan Pengawas Pemilu], disalurkan ke polisi, dan sebagainya,” ujarnya.

Jumlah Wisman Tercapai, Wisnus Tak Capai Target

JAKARTA—Jumlah perjalanan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun lalu menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) melebihi jumlah target yang ditetapkan Kemenparekraf. Sebaliknya, target jumlah wisatawan Nusantara (wisnus) belum tercapai meski jumlahnya sudah melebihi jumlah yang tercapai sebelum pandemi Covid-19.

Catatan tidak begitu bagus lain tentang pariwisata pada pengujung 2023 adalah masuknya Bali dalam daftar destinasi yang mengalami masalah overtourism atau kepadatan wisatawan di suatu destinasi wisata versi CNN. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan masalah overtourism di Bali menjadi perhatian pemerintah di saat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada 2023 masih lebih rendah dibandingkan jumlah kunjungan pada 2019.

Overtourism menjadi catatan kami karena sebetulnya dari jumlah wisatawan dibandingkan 2019 masih di bawah sekitar 30%,” kata Sandi dalam konferensi pers, Rabu (3/1/2024).

3.000 Mahasiswa akan Dikirim Luar Negeri

JAKARTA—Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 menargetkan 3.000 mahasiswa – 3.300 mahasiswa diberangkatkan ke luar negeri.

IISMA 2024 menggunakan tiga jalur seleksi. yaitu reguler, afirmasi, dan co-founding. “Evaluasi ini kemudian diimplementasikan dengan dibukanya tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa dalam Program IISMA 2024. Ketiga jalur itu terdiri atas jalur reguler, afirmasi, dan co-funding,” kata Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023), seperti dilansir RRI.

Sejak awal peluncuran, Program IISMA menjadi salah satu program favorit yang menarik minat ribuan mahasiswa. Bahkan juga ratusan mitra perguruan tinggi di luar negeri. Selain itu, tren pendaftar mahasiswa di setiap tahun relatif meningkat. Pada tahun pertama penyelenggaraan, Program IISMA menarik minat 2.546 peserta sebagai pendaftar.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (5/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya