SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (2/11/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang Kota Solo akhirnya lolos menjadi bagian dari Jaringan Kota Kreatif Dunia yang dibentuk badan urusan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB, UNESCO, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (2/11/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, lolosnya Solo diketahui dari unggahan UNESCO di situs resminya pada Selasa (31/10/2023). Solo bergabung bersama 55 kota anggota baru UNESCO Creative Cities Network (UCCN). Solo masuk ke dalam kategori Cities of Crafts & Folk Arts atau Kota Kerajinan dan Seni Rakyat.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Menanggapi hal ini Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan akan memperkuat event dan UMKM yang berkaitan dengan bidang folks art dan crafts. Hal itu disampaikan Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (1/11/2023) sore. “Ini kali pertama, makasih teman-teman media untuk dukungannya,” ujar dia.

Dijumpai terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Solo Sri Wardhani Poerbowidjojo menjelaskan keberhasilan ini menjadi puncak perjuangan setelah gagal dua kali dalam proses seleksi sejak 2017.

“Memang yang menonjol di Kota Solo crafts dan folk art. Kami kan banyak pertunjukan-pertunjukan kesenian, termasuk Solo International Performing Arts yang internasional. Kemudian seni rakyat kayak wayang itu kan unik, termasuk wayang orang yang mungkin berbeda dengan di kota-kota lainnya,” kata dia.

Bersiap Sambut Piala Dunia U-17

SOLO – Berbagai sektor bersiap menyambut perhelatan tingkat dunia, Piala Dunia U-17, yang bakal digelar di Solo sepekan lagi. Terminal Tirtonadi Solo dan Bandara Adi Soemarmo Boyolali misalnya, sudah bersiap untuk melayani para penonton dan fans yang bakal hadir.

Solo menjadi tuan rumah untuk Grup B Piala Dunia U-17 yang diisi oleh Spanyol, Kanada, Mali, dan Uzbekistan. Kota Solo juga ditunjuk sebagai lokasi untuk laga final nantinya. Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi, Bandiyono, memprediksi akan ada
peningkatan penonton yang menggunakan bus pariwisata ke Terminal Tirtonadi.

Untuk itu Terminal Tirtonadi sudah melakukan persiapan agar kedatangan bus-bus itu tidak mengganggu lalu-lintas bus reguler. “Peningkatan aktivitas saat Piala Dunia U-17 pastinya ada, namun lebih ke bus pariwisata yang membawa penonton ke Solo. Intinya, kami menjaga sirkulasinya agar tidak mengganggu para reguler, nanti masih akan kami bahas lagi,” kata dia kepada Espos, Rabu (1/11/2023).

Menanti Perbaikan Kinerja Ditjen Bea Cukai

JAKARTA—Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) menantikan perbaikan kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dalam hal penertiban praktek impor ilegal. Ketua Umum APSyFI, Redma Gita Wirawasta, mengatakan Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu semestinya lebih tegas dan fokus dalam menertibkan praktik impor borongan dan underinvoicing.

Sebelumnya, Bea Cukai menepis isu perbedaan data impor yang selisihnya terindikasi jumlah impor ilegal. “Ini sudah jadi rahasia umum, praktik impor ilegal bukan hanya di sektor tekstil, namun terjadi di hampir semua sektor. Jadi lebih baik berbenah, bukan menyangkal karena data sudah jelas,” kata Redma dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (29/10/2023).

APSyFI mencatat data dari ITC untuk ekspor TPT dengan kode HS50-60 China ke Indonesia mencapai US$6,5 miliar pada 2022. Sedangkan BPS mencatat impor TPT dari China pada 2022 hanya US$3,55 miliar. Dengan begitu, ada selisih nilai US$2,94 miliar atau setara Rp43 triliun yang tidak tercatat oleh BPS dan inilah yang diduga sebagai impor ilegal.

Skuad Piala Dunia U-17 Indonesia Dirilis

SOLO–PSSI mengumumkan daftar 21 pemain Indonesia U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023, Rabu (1/11/2023). Pelatih Indonesia U-17, Bima Sakti, merampingkan jumlah pemain di skuadnya dari 26 menjadi 21 pemain.

Dalam daftar tersebut ada beberapa nama pemain langganan Garuda Muda, seperti Muhammad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, Sulthan Zaky, dan Nabil Asyura. Ada pula pemain diaspora yang masuk skuad Indonesia U-17, yakni Welberlieskott De Halim Jardim dan Amar Brkic. Kedua pemain itu telah dipantau Bima Sakti sejak TC Indonesia U-17 di Jerman pada Oktober lalu.

Sayangnya, satu pemain diaspora lain yakni Chow-Yun Damanik tak bisa didaftarkan karena masalah paspor. “Saya lihat ada kombinasi seimbang antara pemain-pemain U-16 yang juara AFF 2022 dengan para pemain yang baru bergabung, namun punya jam terbang dan pengalaman di klub luar negeri, seperti Welber Jardim dari Sao Paulo. Harapannya, mereka tampil maksimal karena ini kesempatan besar bisa tampil di ajang Piala Dunia,” ucap Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (2/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya