SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Senin, 4 Agustus 2014

Solopos.com, SOLO – Harian Umum Solopos hari ini memberitakan pembatasan BBM bersubsidi oleh Pertamina. Kawasan Soloraya termasuk yang terkena imbas pembatasan ini.

Ulasan lengkapnya ada di halaman depan sekaligus jadi berita utama. Ada pula kabar mengejutkan meninggalnya pelawak Srimulat asal Solo, Mamiek Prakoso. Kabar lain mengambil teman Jokowi Effect. Seperti apa? Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Senin, 4 Agustus 2014;

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

BBM BERSUBSIDI: Solar Soloraya Dikurangi

Pertamina mulai membatasi pembelian solar bersubsidi di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Bali terhitung mulai Senin (4/8).

Jawa Tengah, termasuk Soloraya, juga terkena program pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ini. Pembatasan solar bersubsidi ini terkait waktu pembelian mulai pukul 08.00 WIB-18.00 WIB. Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya mengaku siap menjalankan kebijakan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi ini.

“Pada prinsipnya Hiswana Migas Soloraya mengikuti aturan dari pusat [PT Pertamina]. Kami mengikuti petunjuk dan instruksi PT Pertamina tentang solar bersubsidi. Keputusan apa pun [dari PT Pertamina] akan dijalankan. Soal perkembangan lain, kami akan mengikuti rapat di Semarang, Senin [4/8],” kata Ketua Hiswana Migas Soloraya, Suwardi, saat dihubungi Espos, Minggu (3/8) malam.

Asisten Manager Humas Pertamina Operasi Pemasaran Regional IV Jateng dan DIY, Robert Marchelino Verieza Dumatubun, menjelaskan sudah melakukan koordinasi dan sosialiasi.

(Baca Juga: Pertamina Terapkan Klaster dan Pasang Spanduk di SPBU)

BENCANA ALAM: Gempa Guncang Tiongkok, 175 Orang Tewas

Gempa bermagnitudo 6,3 mengguncang wilayah barat daya Tiongkok, tepatnya di Provinsi Yunan, Minggu (3/8). Sebanyak 175 orang dilaporkan tewas, 1.400 orang terluka, sementara 180 lainnya hilang dalam bencana tersebut.

Survei Geologi Amerika Serikat menyebut gempa terdeteksi pada kedalaman dangkal kurang dari 1 mil (1,6 km) pukul 16.30 waktu setempat. Xinhua seperti dilansir Reuters, melaporkan pusat gempa berada di Distrik Ludian, wilayah Longtoushan, Yunan. Guncangan gempa merontokkan ribuan bangunan dan rumah warga, serta memutus jaringan listrik dan komunikasi.

Gempa ini diperkirakan yang terkuat mengguncang Yunan dalam 14 tahun terakhir. Getaran gempa turut dirasakan di Kota Kunming dan Qujing, Provinsi Yunan. Serta wilayah perbatasan, yaitu Chengdu, Leshan, dan Chongqing di Provinsi Sichuan.

Ma Liya, warga Ludian, mengatakan jalan-jalan porak-poranda seperti habis dihantam bom. Ia menambahkan rumah dua lantai milik tetangganya runtuh akibat kuatnya guncangan gempa.

JOKOWI EFFECT: Harga Tanah Meroket, Tembus Rp3 Juta/Meter Persegi

Harga tanah di sekitar lingkungan tempat tinggal Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) meroket hingga menembus Rp3 juta per meter persegi. Warga pun mulai merasakan berkah tinggal di kawasan tersebut.

Sejumlah warga tengah duduk di sudut jalan tidak jauh dari rumah Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, di Jl. Pleret Raya, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (3/8). Sebagian terlihat sibuk membersihkan bekas makanan dan minuman sisa acara yang baru saja digelar tepat di depan kediaman Ibunda Jokowi.

Ya kediaman ibunda Jokowi ini memang bergandengan depan belakang dengan rumah mantan Wali Kota Solo itu. Kondisi berbeda dengan lingkungan kediaman Jokowi yang terlihat sepi tak ada aktivitas.

OBITUARIUM: Mimpi Pentas Bareng Mamiek Pun Kandas

Tangis pelawak asal Solo Nunung, 53, pecah setibanya di Rumah Sakit (RS) Brayat Minulya, sekitar Pukul 17.00 WIB. Sembari tersedu, pemilik nama asli Tri Retno Prayudati itu berlari menuju mobil ambulans pembawa jenazah rekan seprofesinya, Mamiek Prakosa, 53, yang meninggal dunia diduga karena penyakit liver.

Ditemani anggota Srimulat, Gogon, dan sejumlah kerabat almarhum, tangis Nunung semakin menjadi ketika melihat tubuh almarhum terbujur kaku berbalut kain kafan. Tak hanya Nunung dan Gogon, sejumlah rekan sejawat yang pernah membuat karya bersama almarhum turut hadir untuk mengucapkan belasungkawa atas kepergian bapak lima anak tersebut.

Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani, juga terlihat di antara kerumunan pengunjung yang hadir sore itu. Rina, seusai melihat jenazah almarhum, mengatakan mendiang Mamiek ialah sosok yang luar biasa. Meski telah menjadi seniman besar, pelawak dengan ciri khas rambut kepodang itu tak segan untuk mengajarinya.

(Baca Juga: Liver Akut Jemput Mamiek Prakoso, Ucapan Belasungkawa Mengalir dari Kalangan Selebritis, Ini Aksi Terakhir Mamiek di Stand Up Comedy…, Nunung dan Gogon Jemput Mamiek di Brayat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya