SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (23/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Gibran Rakabuming Raka akhirnya betul-betul diumumkan sebagai calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto pada Minggu (22/10/2023) malam, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (23/10/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, dalam jumpa pers di rumah pribadinya di Jl. Kertanegara, Jakarta, Prabowo menjelaskan keputusan itu diambil secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) men­capai konsensus atas keputusan tersebut.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Saat mengumumkan, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa rapat para ketua umum parpol KIM berlangsung singkat yakni sekitar 10 menit. ”Para ketum partai dan sekjen partai yang mengadakan pembicaraan tadi sudah bulat. Para ketua umum partai dan forum tadi memutuskan calon presiden dari KIM adalah Prabowo Subianto dan cawapres adalah Gibran Rakabuming,” ujarnya.

Menindaklanjuti penetapan ini Koalisi Indonesia Maju bakal men­daftarkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai
pasangan calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (25/10/2023).

Rudy: Fokus Tugas Partai!

SOLO—Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, me­nyatakan dirinya sudah diperintahkan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk tidak berbicara apa pun, dan hanya fokus memenangkan Ganjar-Mahfud Md. satu putaran dan membawa PDIP mendominasi dalam Pemilu 2024.

Hal ini ditegaskannya kepada wartawan yang menjumpainya di rumahnya di Pucangsawit, Jebres, Solo, Minggu (22/10/2023) malam. Dia menanggapi pertanyaan soal Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga kader PDIP, yang sudah dipilih sebagai calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, yang mencalonkan diri sebagai presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Rudy, sapaan akrab F.X. Hadi Rudyatmo, kali terakkhir berkomunikasi dengan Gibran Rakabuming Raka, saat Gibran berpamitan tidak bisa menghadiri peresmian kantor DPC PDIP Solo, beberapa waktu lalu. “Saat itu beliau [Gibran] pamit karena masih ada rapat,” jelas dia. Ditanya soal keanggotaan Gibran Rakabuming Raka di PDIP, Rudy tidak secara tegas menjawab. Menurut Rudy, Kartu Tanda Anggota (KTA) Gibran ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Daya Beli Melemah, Impor Sapi Turun

JAKARTA—Biro Pertanian dan Sumber Daya Ekonomi Australia (Abares) melaporkan Australia hanya mengekspor 157.900 ekor sapi ke Indonesia selama enam bulan atau hingga 30 Juni 2023. Melemahnya daya beli masyarakat menyebabkan jumlah ini menjadi yang terendah selama lebih dari satu dekade.

Peternakan penggemukan sapi Indonesia memperkirakan terdapat peningkatan impor pada paruh kedua 2023 hingga mencapai total tahunan sekitar 350.000 ekor. Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Australia hanya mengekspor 157.900 ekor sapi ke Indonesia selama enam bulan hingga 30 Juni 2023,” demikian bunyi Laporan Status Industri Indonesia-Australia Update Tengah Tahun Juli 2023 yang dikutip Minggu (15/10/2023).

Plastik Kemasan Mencemari WGM

WONOGIRI—Komunitas Badan Riset Urusan Sungai Nusantara (BRUIN) menyebut Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri banyak terkontaminasi sampah plastik kemasan dari perusahaan yang memproduksi fast moving consumer goods (FMCG).

Hal itu berdasarkan riset dan sensus sampah yang dilakukan komunitas BRUIN di sejumlah lokasi di WGM Wonogiri pada Jumat (20/10/2023). Koordinator Program dan Litigasi BRUIN, Hammad Kholid Basyaiban, mengatakan BRUIN telah melakukan sensus sampah atau brand audit di dua lokasi di WGM Wonogiri, yaitu di area objek wisata WGM dan area sekitar keramba tempat budi daya ikan waduk. Di masing-masing lokasi, sensus dilakukan dilakukan di beberapa titik menggunakan metode transek seluas 2 meter x 2 meter dan kedalaman lebih kurang satu meter.

Hasil riset dan sensus sampah di dua lokasi di WGM Wonogiri ditemukan 450 sampah kemasan dari sejumlah produk perusahaan makanan dan minuman. Menurut Kholid, sampah yang paling banyak ditemukan dan mengontaminasi WGM yaitu sampah plastik kemasan dari perusahaan Indofood yang menyumbang 94 sampah plastik kemasan produk. Kemudian disusul sampah produk kemasan yang diproduksi Santos Jaya Abadi seperti plastik kemasan kopi saset sebanyak 90 sampah.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (23/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya