SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (15/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024 mewarnai halaman utama Harian Umum Solopos yang terbit hari ini, Rabu (15/11/2023).

Penetapan itu, seperti diberitakan Solopos hari ini, berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023) malam. Nomor urut tersebut akan dipakai masing-masing pasangan capres-cawapres selama kampanye.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Masa kampanye untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden sama dengan masa kampanye untuk pemilu anggota legislatif yaitu dimulai pada 28 November 2023 dan akan berlangsung 75 hari atau sampai dengan tanggal 10 Februari 2024. Acara pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang didampingi anggota KPU lain.

Dalam acara ini, ketiga pasangan capres-cawapres didampingi para ketua umum dan jajaran pengurus parpol pengusung dan pendukung. Waktu sambutan 10 menit yang disediakan KPU seusai pengundian nomor dimanfaatkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. untuk mengingatkan netralitas penyelenggara pemilu dan aparatur negara.

Muhaimin Iskandar berbicara mewakili Anies Baswedan. Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, mengibaratkan Pilpres 2024 seperti pertandingan sepak bola. Semua unsur yang terlibat mulai pemain, wasit hingga federasinya harus menegakkan sportivitas. Cak Imin meminta masyarakat untuk tidak ragu-ragu melapor jika mendapati ada kecurangan yang terjadi selama Pilpres berlangsung.

“Kalau ada ada pemain yang curang tolong teriaki. Kalau ada wasit rangkap pemain kita foto dan sebarluaskan. Kalau ada yang curang laporkan ke FIFA. Kalau ada pemain nakal dan tackling lawan segera foto dan laporkan ke segenap penjuru,” ujar Cak Imin yang disambut
teriakan tanda setuju oleh ratusan pendukungnya.

Berburu Peluang Lolos

SOLO—Meski belum bisa meraih kemenangan dan terus mencetak hasil imbang dalam dua kali pertandingan di level grup, Timnas Indonesia U-17 masih berpeluang lolos ke babak berikutnya. Kali terakhir Arkhan Kaka dkk. bermain imbang melawan Panama U-17 dalam lanjutan Grup A Piala Dunia U- 17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11/2023) malam.

“Saya sampaikan ke pemain bahwa di awal kami mau menang. Tapi, kalau tidak bisa menang, minimal seri. Jangan sampai kalah. Babak pertama mereka mendapat tekanan yang luar biasa dari pemain Panama sampai mereka bikin gol,” kata pelatih Bima Sakti. Pelatih berusia 47 tahun itu berusaha membangkitkan mental para pemainnya saat turun minum.

Hal itulah yang menjadi salah satu kunci penting timnya akhirnya mampu mencetak gol penyama kedudukan. “Di babak kedua, saya bangkitkan pemain di ruang ganti. Mereka sempat down, murung, saya bilang tidak boleh menyerah atau putus asa. Tim Indonesia bagus. Sekelas Piala Dunia senior, Argentina juga bisa kalah lawan Arab Saudi,” tambah Bima Sakti.

Impor 5 Juta Ton Beras di Depan Mata

JAKARTA–Indonesia berpotensi mengimpor beras hingga 5 juta ton pada 2024 akibat tantangan pertanian yang semakin kompleks dan
potensi krisis pangan dunia. Ada penambahan 1,5 juta ton dibandingkan 2023. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Jakarta, Senin (13/11/2023).

“Meningkatnya permintaan pangan pascapandemi Covid-19 menyebabkan harga pangan semakin mahal. Kondisi mendorong terjadinya darurat pangan global sehingga berpotensi mengancam stabilitas sosial ekonomi dan politik Indonesia. Tahun ini Indonesia memutuskan mengimpor 3,5 juta ton beras dan berpeluang mencapai 5 juta tahun 2024,” katanya saat Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR di Gedung DPR.

Pemerintah Indonesia pada awalnya hanya mengimpor 2 juta ton yang proses importasinya sudah dimulai sejak awal 2023. Namun, demi menjaga stabilisasi harga dan pasokan beras jelang akhir 2023 dan pesta demokrasi pemilu yang akan digelar pada Februari 2024, pemerintah kembali memutuskan untuk mengimpor beras 1,5 juta ton lagi sehingga total impor beras pada 2023 mencapai 3,5 juta ton.

Ada Upaya Normalisasi Politik Dinasti

JAKARTA—Muncul dugaan upaya menormalisasi politik dinasti dalam penetapan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Upaya itu dilakukan melalui lembaga survei hingga penyelenggara pemilu.

Ketua Setara Institute Ismail Hasani menyoroti upaya normalisasi pelanggaran konstitusi dalam penetapan Gibran sebagai cawapres itu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal, pencalonan Gibran lekat dengan isu politik dinasti keluarga Jokowi dan melalui akrobat perubahan norma Undang- undang (UU) Pemilu melalui Mahkamah Konstitusi.

Tiga pasangan capres-cawapres baru saja ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. “Meskipun melaju ke gelanggang pemilihan presiden dengan mengorbankan demokrasi, merusak kepatuhan pada konstitusi dan meruntuhkan marwah Mahkamah Konstitusi, secara legal-formal langkah Gibran dianggap sah oleh KPU,” kata Ismail dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (15/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya