SOLOPOS.COM - Sejarah Kenaikan Harga BBM 1968-2013 (JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Polemik UU Pilkada terus berlanjut. Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (1/10/2014), memberitakan Presiden SBY akan mengeluarkan Perppu Pilkada sebagai langkah pemerintah mempertahankan pilkada langsung.

Sedangkan pemadaman listrik Solo juga jadi salah satu berita utama hari ini. Selain itu ada preview Liga Champions hingga potensi kenaikan BBM.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Rabu, 1 Oktober 2014, berikut;

PEMILIHAN KEPALA DAERAH: SBY Siapkan Perppu Pilkada

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada sebagai langkah pemerintah mempertahankan sistem pilkada langsung.

”Saya tanda tangani [UU Pilkada] yang ada karena itu pintu masuk dan pada saat yang sama saya ajukan Perppunya,” kata SBY seusai memberikan pembekalan kepada calon anggota DPR terpilih dari Partai Demokrat, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/9).

Presiden menjelaskan Perppu tersebut berisi sistem pilkada melalui pemilihan langsung dengan beberapa perbaikan besar serupa dengan perubahan yang diajukan Partai Demokrat dalam sidang paripurna pekan lalu.

(Baca Juga: Datang ke Tanah Air, SBY Disambut #WelcomeMrLiar, Tak Bisa Batalkan UU Pilkada, SBY Siapkan Plan B)

PEMADAMAN LISTRIK: Sebagian Soloraya Gelap Gulita

Aliran listrik di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan DIY padam pada Selasa (30/9) pukul 17.50 WIB. Pemicunya dua pembangkit listrik di Jawa Tengah, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok, Semarang, Jawa Tengah, dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sluke, Rembang, mengalami kerusakan sistem.

Informasi yang dihimpun Espos, aliran listrik di beberapa lokasi di Solo padam selama beberapa jam. Pejabat Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta, Soeharmanto, menjelaskan pemadaman listrik terjadi di sejumlah wilayah di Jogja dan Jawa Tengah, seperti Soloraya, sebagian Semarang, Salatiga, dan lain-lain.

(Baca Juga: Begini Gelapnya Jalur Jalan Utama Solo…, Gangguan di Tambaklorok dan Rembang, Solo Gelap)

SUBSIDI ENERGI: November, Harga BBM Berpeluang Naik Rp3.000

Sejarah Kenaikan Harga BBM 1968-2013 (JIBI/Solopos)

Sejarah Kenaikan Harga BBM 1968-2013 (JIBI/Solopos)

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) berencana menaikkan harga BBM bersubsidi senilai Rp3.000/liter pada November mendatang.

Penasihat Senior Jokowi-JK, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan calon presiden terpilih memu tuskan rencana itu pada jumat pekan lalu. “Karena uang yang ditinggal [Pemerintahan SBY] negatif beberapa miliar,” kata Luhut di Jakarta, Selasa (30/9).

(Baca Juga: Tim Transisi Sebut Harga BBM Naik Rp3.000/liter pada November, Ini Kata Jokowi, Kenaikan Harga BBM Dikaji, Kemungkinan Setelah Jokowi Dilantik)

LIGA CHAMPIONS: Agresivitas Atletico Vs Tembok Kukuh Juve

Juara Liga Spanyol, Atletico Madrid, akan menjamu kampiun Italia, Juventus. Ini merupakan pertemuan pertama mereka di kancah Eropa. Barisan serang Atletico Madrid bakal mendapat ujian besar ketika bertemu raksasa Italia, Juventus, pada laga kedua Grup A Liga Champions di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Kamis (2/10) pukul 01.45 WIB.

Simak ulasan wartawan Solopos, Hanifah Kusumastuti, tentang peluang kedua klub ini.

(Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Champions Dini Hari Tadi,  ATLETICO MADRID VS JUVENTUS : Preview, Prediksi, Data-Fakta dan Perkiraan Pemain, MALMO FF VS OLYMPIAKOS : Preview, Prediksi, Head to Head dan Perkiraan Pemain)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya