SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (18/6/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/6/2024), mengangkat headline tentang kans rivalitas kubu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan lawan politiknya kembali menguat menjelang pilkada serentak. Itu terlihat dari potensi pertarungan Anies Baswedan versus Ridwan Kamil di Jakarta demikian halnya di Pilkada Solo.

Diberitakan Solopos hari ini, DPP Partai Golkar menyatakan sedang me­nyiapkan putri mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, Sekar Krisnauli Tanjung, sebagai bakal calon wali kota dalam ajang Pilkada Solo 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan sengaja menyiapkan Sekar sebagai sosok muda untuk maju di Pilkada Solo 2024.

Promosi Rilis The Global 2000, Forbes Nobatkan BRI Sebagai Perusahaan Terbesar di RI

”Pilkada di Solo itu ada putrinya Akbar Tanjung, disiapkan oleh Partai Golkar, Sekar Tanjung. Masih muda juga,” ujar Airlangga kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (17/6/2024). Sekar kini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Solo. Putri bungsu Akbar Tanjung ini juga terpilih sebagai calon anggota DPRD Solo periode 2024–2029.

Sekar menjadi satu dari tiga perempuan yang masuk dalam bursa wali kota Solo 2024-2023 bersama Rektor Universitas Surakarta Astrid Widayani dan pengusaha Diah Warih Anjani. Pernyataan Airlangga menegas­kan sikap partai itu melawan dominasi PDIP di Kota Solo yang dikenal sebagai basis pendukung partai banteng.

Sejak 2005, kader PDIP yang maju sebagai calon wali kota Solo selalu menang, yaitu Joko Widodo (Jokowi) pada 2005 dan 2010, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy) pada 2015; dan Gibran Rakabuming Raka pada 2020 (saat keluarga Jokowi belum berpisah jalan dengan PDIP). Saat keluarga Jokowi sudah berpisah jalan, PDIP masih perkasa.

Panggung Terakhir Ronaldo dan Solidaritas Gaza di Euro 2024

Euro 2024, turnamen sepak bola nomor dua termegah sejagat setelah Piala Dunia (FIFA World Cup), telah bergulir. Euro 2024 digelar di tengah sorotan dan protes warga dunia atas genosida oleh Israel di Gaza dan negara-negara pendukungnya—termasuk tuan rumah Jerman.

Menjelang pembukaan pada Jumat (14/6/2024) WIB, pemerintah Jerman sebagai tuan rumah sibuk memastikan urusan keamanan pertandingan di 10 kota. Seluruh laga Euro 2024 dipastikan berjalan dengan pengawalan ketat polisi setempat. Para politikus Jerman maupun UEFA berupaya meyakinkan publik bahwa negara itu siap dan mampu memastikan keamanan sepanjang turnamen.

Menteri Dalam Negeri Jerman, Nancy Faeser, menyatakan harapan Euro 2024 bisa menjadi ”jeda” di tengah konflik dunia. Sikap tersebut merujuk pada peluang aksi protes publik dunia terhadap genosida oleh Israel yang telah membunuh lebih dari 40.000 warga Gaza dalam delapan bulan. Publik dunia, termasuk di Jerman sendiri, juga memprotes pemerintah negara itu yang menutup mata dan tetap mendukung Israel.

KBS Gagal Cetak Back To Back Kemenangan

SOLO – Kesatria Bengawan Solo gagal mencetak back to back kemenangan atas Dewa United dalam lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2024. Bermain di kandang, KBS harus mengakui ketangguhan tim tamu, Dewa United Banten, dengan skor 85-116, di Sritex Arena, Kota Solo, Minggu (16/6/2024).

Kekalahan telak tersebut di luar perkiraan mengingat di kandang Dewa United, KBS justru bisa memenangi laga. Meski pernah dikalahkan KBS di markas Dewa United, tim tersebut bukan tim lemah, karena mereka adalah penguasan puncak klasemen sementara.

Dewa United belajar dari kekalahan di pertemuan sebelumnya. Tim asuhan Pablo Favarel itu tidak memberikan kenyamanan bagi para pemain KBS saat mendapatkan bola ataupun melakukan serangan. Kentrell Barkley menjadi pemain yang menjadi target Dewa United dengan terus dijaga dua pemain.

Akademisi: Lindungi Industri Padat Karya

SOLO—Merosotnya kinerja tekstil dan produk tekstil (TPT) di Tanah Air bukan hal baru karena sudah menjadi isu sejak 2014. Namun, pemerintah dianggap bisa mengintervensi lebih banyak mengingat industri padat karya memiliki kontribusi positif terhadap perekonomian.

Terlambatnya adopsi teknologi baru dinilai memicu inefisiensi sektor TPT. Alhasil produk lokal cenderung kalah bersaing dengan barang impor. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menyatakan nilai kain impor selalu lebih besar dari penjualan kain domestik setidaknya sejak 2014.

Lonjakan volume kain impor mulai terasa pada 2016 atau naik sekitar 10,09% menjadi sekitar 698.000 ton. Angka tersebut meningkat pada tahun ini mendekati angka 1 juta ton atau tumbuh sekitar 12,35% secara tahunan. Kapasitas yang berlebih dan insentif ekspor pemerintah membuat kain Negeri Tirai Bambu memiliki harga yang sangat kompetitif di dalam negeri atau hingga 20% dari kain lokal.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (18/6/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya