SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (20/11/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang strategi khusus harus diterapkan para pasangan capres-cawapres untuk bisa lebih merangkul pemilih dari golongan muda menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (20/11/2023). Jika diakumulasikan, total pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z berjumlah lebih dari 113 juta pemilih.

Diberitakan Solopos hari ini, kedua generasi ini mendominasi pemilih Pemilu 2024, yakni sebanyak 56,45% dari total keseluruhan pemilih. Generasi milenial adalah sebutan untuk orang yang lahir pada 1980 hingga 1994. Sedangkan generasi Z adalah mereka yang lahir mulai 1995 hingga 2000-an.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Saran agar para capres dan cawapres lebih serius menggarap pemilih muda ini antara lain disampaikan pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing. Dia mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden harus menawarkan gagasan dan program yang menjawab permasalahan generasi Z untuk membangun partisipasi politik pemilih muda.

“Jadi lakukan penelitian secara mendalam soal apa sih yang mereka [generasi muda] inginkan untuk Indonesia lima tahun ke depan,” kata Emrus dalam sebuah diskusi politik di Jakarta, Sabtu (18/11/2023). Emrus menekankan partai politik bertanggung jawab agar seluruh warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya dalam pemilu tahun depan.

“Jadi kalau ada golput [golongan putih, pemilih yang enggan menggunakan hak pilihnya] saya mengritik, ini juga tanggung jawab semua partai politik, berarti partai politik juga tidak maksimal untuk merangkul seluruh rakyat Indonesia terutama generasi Z,” ujarnya.

Tunggu Duel Para Jagoan di 16 Besar

SOLO—Babak gugur 16 besar Piala Dunia U-17 bakal menjadikan partai-partainya sangat menggairahkan. Ekuador yang bakal berhadapan dengan Brasil di Stadion Manahan Senin (20/11/2023) pukul 15.30 WIB menjadi partai duel pertama kedua negeri Amerika Latin itu sejak 2011.

Sementara Spanyol yang berhadapan dengan Jepang di partai selanjutnya pada pukul 19.00 WIB, juga di Manahan, dipastikan tak kalah panas pertarungannya. La Rojita, julukan Spanyol, tampil mewakili Grup B dengan prestasi tanpa kalah. Sementara Jepang menunjukkan semangat tak kenal menyerahnya setelah kalah dari Argentina.

Mereka menaklukkan Senegal dengan skor 2-0 untuk mengamankan posisi di 16 besar. Spanyol sendiri meski tak pernah kalah bukan berarti mereka melenggang dengan leluasa. Setelah menaklukkan Kanada dengan 2-0, mereka bertemu Mali yang berjuang dengan ulet meski hanya dengan 10 pemain. Uzbekistan, nama yang kurang terkenal dalam jagat bola, ternyata juga memberi mereka banyak kesulitan.

5 Tahun Impor Bahan Baku Terus Turun

JAKARTA—Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan impor bahan baku/penolong senilai US$13,44 miliar atau setara Rp207 triliun pada Oktober 2023. Nilai ini turun sebesar 6,08% (year-on-year/yoy) dan menandai penurunan selama lima tahun terakhir.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini. “Pada Oktober 2023, nilai impor bahan baku kembali tercatat menurun secara tahunan dan ini sudah terjadi selama lima bulan terakhir,” kata Pudji dalam rilis BPS, Rabu (15/11/2023).

Secara kumulatif atau hingga Oktober 2023, total nilai impor bahan baku penolong tercatat turun US$19,32 miliar atau 12,65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dia menjelaskan penurunan ini disebabkan berkurangnya impor pada sejumlah komoditas.

Sawah Bera, Petani Beralih Pekerjaan

KLATEN – Lebih dari 100 hektare sawah di wilayah Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dibiarkan bera, tak ditanami padi pada musim tanam ketiga 2023. Petani kesulitan mendapatkan irigasi.

Hamparan sawah yang luas dalam kondisi mengering. Di sebelah timur terdapat saluran irigasi Dam Colo yang mengering. Ketua Kelompok Tani Unggul Rejeki Desa Tlingsing, Sumardi, mengatakan total luas sawah milik petani yang tergabung di kelompok tani itu sekitar 40 hektare.

Para petani yang biasanya mengolah lahan sawah itu beberapa waktu terakhir libur mengolah sawah. Sumber irigasi untuk hamparan sawah tersebut hanya mengandalkan aliran air dari Dam Colo dan air hujan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (20/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya