SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (24/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti putus urat malunya setelah ketuanya Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Peranian Syahrul Yasin Limpo mewarnai pemberitaan Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (24/11/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, pada Rabu (22/11/2023) malam, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan penetapan tersangka tersebut dilakukan setelah gelar perkara.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

”Telah dilaksanakan gelar perkara, dengan hasil ditemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Saudara FB [Firli Bahuri] selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya, terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI 2020-2023,” kata Ade Safri.

Penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka itu terkait dengan Pasal 12 e atau Pasal 12 B atau pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP.

Menyusul penetapan tersangka ini seruan agar Firli mundur dari jabatannya bermunculan dari berbagai pihak. Salah satunya dari anggota DPR, Ahmad Sahroni. ”Mengingat statusnya saat ini, Pak Firli seharusnya inisiatif untuk segera mengajukan pengunduran diri,” kata Sahroni, Kamis (23/11/2023).

Golkar Pilih Juliyatmono Jadi Cagub Jateng

KARANGANYAR—Di luar pemilihan presiden, pro­ses penyiapan pemilihan kepala daerah (pil­ka­da) di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Ka­bupaten Karanganyar juga bergerak. Kali ini DPP Partai Golkar yang melangkah menetapkan Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah yang juga mantan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, masuk dalam bursa calon gubernur (cagub) Jawa Tengah.

Putra Juliyatmono yang juga merupakan Ke­tua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Ak­bar Al-Madani, juga ditetapkan sebagai calon bupati (cabup) untuk berkompetisi dalam Pilkada Karanganyar 2024 mendatang. Keduanya diundang dalam rapat pengarahan dan pembekalan calon kepala daerah di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (21/11/2023) lalu.

Rapat pembekalan calon kepala daerah yang berlangsung tertutup itu dipimpin Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Para calon kepala daerah yang dihadirkan sebanyak 1.117 orang, terdiri atas calon gubernur, calon wakil gubernur, calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota, dan calon wakil wali kota.

Target Wisatawan Lokal Sulit Tercapai

Jakarta—Meski Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi potensi pergerakan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencapai 107,63 juta orang atau 39,83% dari total populasi nasional, namun jumlah itu masih jauh dari target pergerakan wisatawan Nusantara sebanyak 1,2 miliar – 1,4 miliar pergerakan sepanjang 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) hingga September 2023 baru mencapai 626,09 juta perjalanan. Angka ini memang melampaui level 2019 atau prapandemi. Namun, dibandingkan dengan target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang mencapai 1,2 miliar – 1,4 miliar, rentangnya masih terlampau jauh. Tambahan 107 juta pergerakan manusia pada puncak Nataru masih jauh dari target satu miliar tersebut.

Pesimistis target wisnus ini disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, Senin (6/11/2023). “Kayaknya enggak tercapai ya. Kalau ini saja udah sampai di bulan September, 626 [juta perjalanan]. Jadi kalau ke 1,2 [miliar perjalanan] menurut saya sih berat ya,” kata Hariyadi.

Rp10 Miliar Bikin 2 Pantai Makin Cantik

WONOGIRI—Anggaran revitalisasi Rp10 miliar membuat penampilan dua pantai di Kabupaten Wonogiri makin cantik. Kelompok sadar wisata (pokdarwis) sekitar pantai pun mulai menikmati cuan dari kunjungan wisata di sana.

Dua pantai yang mendapat kucuran dana revitalisasi dari pemerintah itu yakni Pantai Sembukan dan Pantai Klotok, keduanya berada di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Masing-masing digelontor Rp5 miliar untuk revitalisasi. Anggaran revitalisasi Pantai Sembukan berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Tengah dan dan revitalisasi Pantai Klotok bersumber Dana Alokasi Khusus.

Kepala Seksi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Panggah Triasmara, mengatakan revitalisasi Pantai Klotok hampir selesai 100%. Sedangkan revitalisasi Pantai Sembukan masih sekitar 80%. Dia memastikan revitalisasi kedua pantai itu rampung sebelum 2024.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (24/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya