SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (18/7/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang kemacetan parah terjadi di tiga jembatan akibat penutupan simpang tujuh Joglo Solo pada Senin (17/7/2023) pagi hari diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/7/2023). Penumpukan kendaraan bermotor terjadi saat hari pertama masuk sekolah selepas masa libur sekolah.

Diberitaja Kemacetan yang terjadi kemarin jauh lebih parah dibandingkan pada Minggu (16/7/2023) sejak simpang Joglo ditutup pada Sabtu (15/7/2023) malam. Simpang Joglo selama empat bulan mulai 15 Juli-30 November dalam rangka pembangunan jembatan rel layang kereta api.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Kendaraan menumpuk di berbagai jalur alternatif, khususnya di tiga jembatan di jalan alternatif, yakni Jembatan Cengklik, Jembatan Abang Nusukan dan Jembatan Nakula Sadewa di sekitar Pasar Mojosongo.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan petugas gabungan dari Dishub Solo dan Satlantas Polresta Solo turun tangan mengurai kemacetan arus lalu lintas. Mereka disebar ke sejumlah lokasi seperti simpang empat Ngemplak dan sekitar Jembatan Abang Nusukan. “Kami juga memantau kondisi arus lalu lintas lewat kamera CCTV yang dipasang di sejumlah lokasi,” kata dia.

Akibat kemacetan berskala besar ini sejumlah siswa terlambat datang di sekolah. Kemacetan terjadi di sepanjang Jl. Letjen Sutoyo-Kreteg Bang-simpang empat Ngemplak. Ada beberapa sekolah yang terletak di Jl. Letjen Sutoyo seperti SMAN 5 Solo. Imbasnya, tak sedikit siswa yang terlambat tiba di sekolah saat hari pertama masuk sekolah.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/7/2023). 

Anggota Kabinet Baru Bekerja dalam Waktu Terbatas

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik sejumlah anggota kabinet baru, Senin (17/7/2023). Salah satunya adalah Budi Arie Setiadi yang menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny Gerard Plate, yang diberhentikan pada 19 Mei 2023 karena menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo Tahun 2020-2022.

Seusai pemberhentian tersebut, Menkopolhukam Mahfud Md. sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Menkominfo. Budi Arie Setiadi merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) dan sebelum ini menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Budi Arie juga pernah menjabat sebagai kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PDI Perjuangan DKI Jakarta selama lima tahun pada 2005. Pria kelahiran 20 April 1969 itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Presiden Jokowi pun menugaskan Budi Arie Setiadi untuk menuntaskan proyek pembangunan menara BTS sesuai rencana pemerintah, meskipun aparat penegak hukum sedang mengusut kasus dugaan korupsi dalam proyek itu.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/7/2023). 

Mantan MWA Tuding Ada Korupsi di UNS

SOLO—Mantan Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Solo, Hasan Fauzi datang ke Balai Kota Solo menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk melaporkan dugaan fraud atau korupsi yang ada di institusi UNS.

Hasan Fauzi terlihat datang bersama mantan Sekretaris MWA UNS Solo, Tri Atmojo Kusmayadi ke Balai Kota Solo pada Senin (17/7/2023). Dia membawa tumpukan berkas yang berisi hasil audit khusus dari Komite Audit MWA UNS. Hasan Fauzi menyerahkan kepada Wali Kota Solo agar mengetahui kondisi di UNS Solo.

Dengan begitu, dia berharap Presiden Jokowi turut mengetahui. “Jadi tidak ada salah informasi dari berbagai pihak, sehingga apa yang terjadi pada kami adalah diantaranya karena melaporkan dugaan fraud atau korupsi yang terjadi di UNS Solo,” kata dia.

Dia menyebut angka korupsi mencapai Rp34,6 Miliar. Angkat tersebut berkaitan dengan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) yang tidak disetujui pihaknya ketika masih bertugas di MWA UNS Solo.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/7/2023). 

Laku Perenungan di Kirab Malam 1 Sura

Salah satu tradisi rutin pergantian tahun Jawa pada malam 1 Sura adalah kirab pusaka. Kirab ini salah satunya akan digelar Keraton Kasunanan Solo berupa Hajad Dalem Kirab Pusaka Malam 1 Sura Tahun Jimawal 1957 pada Rabu (19/7/2023) mulai pukul 20.00 WIB. Kegiatan sakral itu diperkirakan diikuti oleh 5.000 orang.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Solo, KP Dani Nur Adiningrat, kepada Espos, Minggu (16/7/2023), menjelaskan kirab malam 1 Sura merupakan ajang introspeksi diri selama setahun terakhir. “Karena ajang introspeksi diri, mengingat apa-apa kesalahan masa lalu, untuk koreksi masa datang, laku lampah, tirakat yang dilakukan sambil berjalan, seyogyanya mengurangi mengobrol bercakap-cakap,” tutur dia.

Tak hanya itu, menurut Dani, peserta Kirab Malam 1 Sura Keraton Solo sebaiknya tidak makan-minum ketika melakukannya. “Lebih ke berkonsentrasi melihat ke dalam diri sendiri, menyinsyafi masa lalu,” urai dia.

Sepanjang perjalanan, Dani mengatakan, peserta kirab juga disarankan sambil memanjatkan doa kepada Allah SWT agar kesalahan-kesalahan di masa lalu diampuni Tuhan, dan ke depan selalu diberi hidayah.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (18/7/2023). 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya