SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (19/1/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md. di Jawa Tengah ditempel ketat oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Jumat (19/1/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, hal itu terlihat da­lam survei terbaru yang digelar lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang merekam tren elektabilitas tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden di tiga provinsi dengan pemilih terbanyak yaitu Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), dan Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Survei Indikator ini menunjukkan di Jabar paslon nomor urut 2 Prabowo–Gibran masih menguasai dengan dukungan 55,9% suara. Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar menyusul dengan dukungan 25,7% dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo–Mahfud Md. tertinggal dengan dukungan 14,7%.

Di Jatim, elektabilitas Prabowo-Gibran yang menguasai 48,2% suara berada cukup jauh di atas Ganjar-Mahfud (24,5%) dan Anies-Imin (21,7%). Meski demikian, Prabowo-Gibran mengalami tren penurunan.

Pada survei November lalu mereka masih menguasai 53,4% sehingga perolehan dukungan saat ini menunjukkan dukungan bagi mereka turun 5,2%.
Sebaliknya Ganjar-Mahfud naik 1,7% dari 22,8% pada survei November lalu. Kenaikan tertinggi dialami Anies-Muhaimin karena mereka bisa meloncat 9,1% dari perolehan 12,6% November lalu.

Rektor UNS Mundur, Tunggu Sikap Menteri

SOLO — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho, menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri itu disam­paikan melalui surat yang isinya diungkapkan Humas UNS Solo kepada awak media, Kamis (18/1/2024). Surat pengunduran diri tersebut sudah disampaikan kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekno­logi atau Mendikbudristek pada 16 Januari 2024.

Dalam surat tersebut Jamal menga­takan sudah melaksanakan amanat perpanjangan masa jabatan sebagai Rektor UNS. Dia juga sudah mengantarkan tahapan penataan kelembagaan sampai dengan terbitnya Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) Universitas Sebelas Maret No. 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Peng­angkatan dan Pemberhen­tian Anggota Majelis Wali Amanat.

Dia mengatakan tahapan selan­jutnya merupakan imple­mentasi PMWA tersebut berupa pembentukan organ MWA dan Pemilihan Rektor yang memerlukan peran dan tanggung jawab yang besar. “Untuk menghindari pandangan dan kekhawatiran bahwa saya memiliki kepentingan pribadi berkaitan dengan pemilihan ang­gota MWA dan pemilihan Rektor, saya memilih sikap tidak berperan lebih lanjut dalam penataan kelem­bagaan di UNS,” tulis Jamal.

Industri Ban dan Karet Kepepet

JAKARTA – Isu PHK massal masih menjadi momok industri padat karya. Kabar terakhir adalah PHK pabrik ban PT Hung-A di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang menimpa 1.500 tenaga kerja.

Ketua Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi, Sarino, membenarkan kabar tersebut. Dia menjelaskan serikat pekerja dan perusahaan masih dalam tahap pengajuan perundingan untuk hak-hak karyawan yang terdampak.

”PT Hung A akan ditutup pada 1 Februari 2024 dan untuk seluruh karyawan dirumahkan sejak 16 Januari 2024. Setidaknya ada 1.500-an pekerja terdampak,” kata Sarino saat dihubungi, Rabu (17/1/2024). Sarino belum dapat memberikan informasi lebih lanjut berkenaan dengan penyebab penutupan pabrik PT Hung-A Indonesia. Namun, manajemen pabrik ban asal Korea Selatan itu disebut akan merelokasi pabrik ke wilayah lain.

Sri Mulyani dan Menteri Lain Disebut Siap Mundur

JAKARTA—Kabinet Indonesia Maju sedang diterpa isu keretakan. Sejumlah menteri dikabarkan berencana mundur meninggalkan kabinet, termasuk dua tokoh andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono.

Ekonom senior Indef, Faisal Basri, mengatakan bahwa kurang lebih 15 menteri anggota KIM yang tengah berencana hengkang meninggalkan Presiden Jokowi. Menurutnya, dari ke-15 menteri tersebut, dua di antara mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Tokoh lainnya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. Mahfud kini menjadi calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 pendamping Ganjar Pranowo.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (19/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya