SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (20/12/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Pemberitaan tentang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang mengungkap adanya dana ilegal yang masuk ke dalam rekening partai politik menjelang Pemilu Serentak 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (20/12/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, dugaan dana ilegal itu memperkuat dugaan akal-akalan pengelolaan keuangan parpol yang berisiko tinggi terkait dengan aktivitas korupsi dan kolusi. Publik pun menunggu langkah nyata Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menindaklanjuti temuan PPATK itu.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kabar tentang transaksi mencurigakan tersebut berasal dari pernyataan Ketua PPATK Ivan Yustiavandana pekan lalu. Saat itu Ivan mengungkap pihaknya telah mengendus dugaan transaksi gelap yang mengalir ke rekening partai politik. Belakangan aliran dana gelap ke rekening parpol itu mencapai sekitar Rp1 triliun. Aliran dana itu ditengarai bersumber dari bisnis gelap yakni uang korupsi hingga tambang ilegal.

”Tindak pidana asalnya disebutkan illegal mining, kejahatan di bidang lingkungan, korupsi dan lainnya,” ujar Kepala Biro Humas PPATK, Natsir Kongah, kepada Bisnis Indonesia, Senin (18/12/2023).

Natsir mengungkapkan transaksi gelap itu teridentifikasi ketika pihaknya mengamati lonjakan tajam aliran dana yang masuk ke rekening partai politik.

2 Maskapai di Adi Soemarmo Tambah Penerbangan

BOYOLALI—Dua maskapai penerbangan yang melayani penerbangan di Bandara Adi Soemarmo yaitu Citilink dan Batik mengajukan penambahan jumlah penerbangan menjelang berlangsungnya musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, menyampaikan penambahan penerbangan kedua maskapai tersebut untuk rute dari dan ke Bandara Soekarno Hatta. Penambahan jam penerbangan akan berlangsung hingga 5 Januari 2023.

“Dalam sehari, biasanya yang datang sekitar 12 sampai 15 penerbangan. Yang berangkat kurang lebih sama. Namun, pada momen Nataru ini bertambah 3-5 slot. Jadi kurang lebih 20 penerbangan. Citilink nambah tiga, Batik dua,” kata dia kepada wartawan di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (19/12/2023).

Gula Berpotensi Jadi Rp20.000/Kilogram

JAKARTA—Harga gula berisiko naik hingga level Rp20.000 per kilogram saat momentum Lebaran tahun depan atau 2024. Realisasi percepatan impor disebut menjadi harapan. Berdasarkan panel harga per 19 Desember 2023, harga gula konsumsi saat ini Rp17.320 per kilogram (kg).

Direktur Eksekutif Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Budi Hidayat membeberkan risiko harga gula melonjak pada 2024. Menurutnya, harga gula bisa tembus Rp20.000 per kilogram saat Lebaran tahun depan apabila realisasi impor berjalan lambat. “Ya maksimal [harga gula] Rp20.000 [per kilogram] saat Lebaran,” ujar Hidayat saat ditemui seusai menghadiri National Sugar Summit, Rabu (13/12/2023).

Kendati demikian, dia meyakinkan risiko itu bisa dihindari saat pasokan gula impor segera tiba di Indonesia. Adapun saat ini sejumlah importir mulai aktif lagi mendatangkan gula dari luar negeri setelah sebelumnya sempat terhambat akibat pelemahan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

13 Situs Ditetapkan Jadi Warisan Geologi

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten menerima Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang penetapan 13 lokasi warisan geologi (geoheritage) di Kabupaten Klaten.

Warisan geologi di Kabupaten Klaten yang ditetapkan terdiri atas 13 situs (geosite) yang berlokasi di Kecamatan Bayat dan Kecamatan Wedi. Surat keputusan penetapan geoheritage itu diserahkan Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhammad Wafid kepada Bupati Klaten Sri Mulyani pada Senin (18/12/2023) malam.

Penyerahan surat keputusan di acara Klaten Innovation Awards 2023 di Pendopo Tirta Kusuma Grha Bung Karno. Pada kesempatan itu Wafid menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Klaten atas terbitnya Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 246.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (20/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya