SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (13/9/2023).

Solopos.com, SEMARANG–Ulasan tentang Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar bakal mela­­yangkan surat penutupan pondok pesantren (ponpes) di Jatipuro di mana peng­asuhnya menjadi tersangka pelaku kejahatan seksual terhadap sejumlah santri perempuan yang berusia belasan tahun diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (13/9/2023).

Keputusan tersebut diambil seusai Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengumpulkan pengelola seluruh ponpes se-Karanganyar pada Sabtu (9/9/2023) lalu. Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jateng, ­Mustain Ahmad, Selasa (12/9/2023) menyampaikan pertemuan Sabtu itu berisi kon­solidasi antarforum kelompok pondok pesantren (FKPP).

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Pertemuan itu sekaligus untuk menekankan kembali tentang pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman di lingkungan pendidikan keagamaan.

“Gerakan lembaga pendidikan aman dan sehat sebenarnya sudah lama kami gencarkan. Tapi tiga tahun ini terus kami dorong. Nanti kami akan konsolidasi lagi. Menggelorakan lagi lingkungan yang tak hanya aman dan sehat, tapi juga perihal psikologis dan tata kelola pergaulannya. Karena ini masih ada yang bolong-bolong, ternyata di Karang­anyar. Nanti akan kami evaluasi dan ingatkan agar menjadi perhatian semua,” jelas Mustain Ahmad.

Kepala Kantor Kemenag Karang­anyar, Hanif Hanani, saat dihubungi terpisah membenarkan segera melayangkan surat pembekuan ponpes di Jatipuro. Sebab menurut­nya, pondok tersebut sudah tidak layak sebagai tempat menimba ilmu. “Kalau ini nanti sudah premis bersalah, akan kami usulkan ke Kanwil [Kemenag Jateng] untuk dibekukan. Karena sudah tak layak lagi jadi ponpes,” ungkap Hanif.

Dari Manahan Mencapai Qatar

JAKARTA—Stadion Manahan Solo menjadi saksi sejarah kali pertama tim nasional sepak bola Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia. Dengan sukses ini timnas U-23 bakal terbang ke Qatar untuk berlaga di putaran final pada 2024 mendatang.

Garuda Muda menyusul timnas senior yang lebih dulu melaju ke putaran final Piala Asia 2024. ”Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk kali per­-
tama sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa,” kata Ketua Umum Persatuan Se­pak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir selepas pertandingan, Selasa (12/9/2023) malam.

Indonesia lolos setelah me­nun­dukkan Turkmenistan dengan skor 2-0 melalui gol yang dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92 dalam laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K. Hasil ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemimpin klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0.

Ini juga merupakan prestasi cemerlang pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu sukses membawa timnas senior dan U-23 melenggang ke level Asia. Prestasi ini belum pernah dicapai pelatih timnas Indonesia yang lain sebelumnya. Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Pro-Kontra Pembatasan Impor di E-Commerce

JAKARTA—Pengelola e-commerce memberi respons beragam mengenai aturan barang impor murah. Yang terbaru, asosiasi e-commerce khawatir larangan penjualan produk impor di bawah US$100 atau sekitar Rp1,5 juta di platform online e-commerce maupun social commerce dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 50/2020 dapat mengganggu suplai maupun permintaan.

Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan apabila pembatasan tersebut mengganggu supply dan demand, maka akan berdampak terhadap konsumen. “Kalau sampai mengganggu supply dan demand nantinya yang kena, yang ter-impact customer,” kata Bima kepada awak media, Jumat (8/9/2023).

Aturan larangan penjualan produk impor di bawah US$100 sebelumnya sempat diprotes Asosiasi Pengusaha Logistik E-Commerce (APLE). Ketua APLE Sonny Harsono menyampaikan, kebijakan tersebut akan memberikan efek ganda. “Di samping tak memiliki yurisprudensi di dunia internasional, kebijakan tersebut rentan membuka ruang importasi ilegal di mana negara pengirim maupun kualitas produk tak tervalidasi,” katanya.

Ke Amerika Serikat, Gibran Bawa Tiga Agenda

SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki tiga agenda utama di Amerika Serikat (AS) hingga 15 September 2023 mendatang. Sejauh ini belum ada kerja sama antara pemerintah AS dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Solo, Ari Dwi Daryatmo, menjelaskan tiga agenda Wali Kota Solo adalah menghadiri undangan dan berpartisipasi dalam acara promosi industri kreatif Indonesia di Los Angeles.

Agenda selanjutnya adalah New York Fashion Week–The Shows Spring Summer 2023/2024. Kegiatan terakhir berupa pertemuan dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (UN Ecosoc). Ari juga menjelaskan kemungkinan Gibran juga mencari peluang kerja sama dengan pemerintah atau instansi di AS. “Selama ini belum ada,” kata Ari saat ditemui Espos di Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo, Selasa (12/9/2023) siang.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (13/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya