SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (14/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Pemberitaan tentang Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (14/11/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, penetapan dilakukan setelah KPU mela­kukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan kedua pasangan tersebut. ”Telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu serentak 2024,” kata anggota KPU Idham Holik dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Anies-Muhaimin diusung Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan Prabowo-Gibran diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Dalam tahap selanjutnya KPU mengundang pasangan calon tetap dan partai politik untuk mengikuti pengundian nomor urut pasangan capres dan cawapres pada Selasa (14/11/2023) malam ini pukul 18.30 WIB. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan KPU akan mengawali acara dengan gala dinner atau jamuan makan malam bersama pasangan capres dan cawapres serta para pemimpin partai politik yang mengusung masing-masing pasangan.

Peninggalan Sejarah di Wonogiri Tak Terlindungi

WONOGIRI—Kabupaten Wonogiri memiliki banyak benda, struktur, atau bangunan bersejarah. Namun semuanya belum ditetapkan sebagai cagar budaya, sehingga rawan hilang, berubah, bahkan punah. Pembentukan Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) diperlukan sebagai upaya pelestarian objek yang diduga cagar budaya di Wonogiri.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Eko Sunarsono, mengatakan ada puluhan objek yang diduga cagar budaya di Wonogiri. Objek itu antara lain rumah, masjid, bangunan, dan beberapa petilasan. Objek-objek itu memiliki nilai sejarah dari masa sebelum dan sesudah kolonial.

Hanya, beberapa objek yang diduga cagar budaya itu tidak terawat. Bahkan sudah berubah total sehingga tidak lagi berwujud seperti sedia kala. Hal itu sebenarnya sangat disayangkan mengingat benda atau bangunan tersebut merupakan warisan budaya. Di sisi lain, benda atau bangunan yang diduga cagar budaya itu menyimpan cerita masa lalu sebagai bukti perkembangan peradaban di Wonogiri.

Konsumsi Rumah Tangga Menguat

JAKARTA—Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan menguat pada kuartal keempat 2023, atau mulai Oktober-Desember, dibandingkan kuartal sebelumnya. Sebagai zalah satu penopang utama ekonomi Indonesia, konsumsi rumah sebagian besar disumbang aktivitas generasi muda Y dan Z.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV/2023 diperkirakan tumbuh sebesar 5%-5,3% secara tahunan (year-on-year/yoy). “Melihat dari beragam faktor, besar kemungkinan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV itu berpeluang lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga tahun 2023 ini,” katanya, Minggu (12/11/2023).

Meski demikian, Yusuf mengatakan perlu dilihat juga dari sisi lain, misalnya penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Menurutnya, penyaluran KUR sebenarnya bisa menstimulasi aktivitas investasi, tetapi perlu dilihat bahwa aktivitas investasi akan terjadi jika adanya peningkatan permintaan konsumsi dalam skala relatif besar.

Hotel Jadi Prioritas Pengamanan

SOLO–Selain menyiagakan ribuan personel, Polda Jateng juga mendirikan 17 pos pengamanan guna memperlancar penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Pos pengamanan itu disebar di wilayah Soloraya.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Satake Bayu Setianto, Sabtu (11/11/2023). Pos pengamanan ini bagian dari Operasi Aman Bacuya 2023 yang digelar Polri selama 24 hari.

Personel bakal disiagakan di pos pengamanan untuk memantau situasi dan kondisi selama event sepak bola internasional itu. “Pengamanan diprioritaskan, mulai dari hotel, lapangan untuk latihan pemain, venue, dan objek vital lainnya. Operasi pengamanan di Solo lebih lama dibandingkan kota penyelenggara piala dunia lainnya karena Stadion Manahan digunakan hingga partai final,” kata dia.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (14/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya