SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (6/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang nama-nama untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada Serentak 2024 mulai muncul belakangan ini setelah sebelumnya cenderung masih tertahan karena tertutup lebih panasnya pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan calon anggota legislatif (pileg) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (6/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, dengan mulai terlihatnya peta kekuatan partai politik sebagai hasil pilpres dan juga pileg, pembahasan nama calon mulai terlihat. Kalangan Partai Gerindra misalnya, menyuarakan nama Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, untuk maju menjadi calon gubernur.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Kami mendukung Bang Sudar, sudah jelas,” kata Sekretaris DPC Gerindra Boyolali, Rohmat Junaidi, kepada Espos, Senin (4/3/2024). Junaidi mengungkapkan Gerindra Boyolali telah merasakan sentuhan tangan dingin yang luar biasa dari Sudaryono.

Walaupun baru menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Jateng seusai pencalonan Prabowo-Gibran, Junaidi menyampaikan tangan dingin Sudaryono menjadi salah satu faktor pembuat raihan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu mencapai 40% di Boyolali.

“Kami betul menyadari ini adalah tangan dinginnya Bang Sudaryono. Kami yakin dengan kemampuan beliau. Dan beliau memang layak untuk kami dukung, dari Gerindra Boyolali mendukung beliau untuk maju pemilihan gubernur,” kata dia. Rohmat mengungkapkan Sudaryono adalah pria asli Grobogan, akan tetapi istrinya adalah warga Gladagsari, Boyolali.

Beras Impor Jangan Ganggu Harga Gabah Petani

JAKARTA—Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) berharap pemerintah menjaga harga gabah di tingkat petani tak anjlok saat panen raya yang berlangsung selama Maret-April 2024. ”Di saat panen raya ini, KTNA berharap agar harga gabah tidak anjlok sehingga petani tidak rugi setelah mereka mengeluarkan ongkos produksi,” kata Ketua KTNA, Yadi Sofyan Noor, Selasa (5/3/2024).

Menurutnya, pemerintah harus mewaspadai dan menjaga kondisi harga gabah agar tidak anjlok. Pasalnya, para petani di sejumlah sentra sedang menggelar panen raya, sehingga kondisi gabah diperkirakan melimpah. Ia berharap harga gabah sebaiknya tetap stabil di angka Rp7.000 hingga Rp8.000 per kilogram, sehingga tidak merugikan petani yang sudah mengeluarkan ongkos produksi.

Yadi mengatakan sebaiknya pemerintah fokus pada penyerapan panen raya dan memperkuat ketahanan beras nasional. Dia pun berharap pemerintah tetap memprioritaskan petani sebagai ujung tombak ketahanan pangan dalam negeri. Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya menyebut potensi produksi beras nasional dari hasil panen raya pada Maret-April 2024 mencapai 8,46 juta ton.

Kedai Kopi Butuh Inovasi dan Sepotong Narasi

DENPASAR—Sentuhan cerita atau narasi terkait kopi dan racikannya serta inovasi lainnya dinilai akan membuat bisnis kedai kopi lebih menjanjikan selain juga memberikan peluang harga lebih mahal. Apalagi, Indonesia saat ini merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-3 di dunia yang pada 2022/2023 telah memproduksi kopi sebanyak 11,85 juta kantong.

“Kopi yang dijual dengan sentuhan cerita [mengenai asal-usul kopi] dan senyuman tentu akan memberi kesan yang berbeda bagi konsumen. Terlebih Bali sebagai daerah pariwisata, yang kita jual itu kan jasa,” kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Made Mangku Pastika Pastika saat mengadakan kegiatan reses di Denpasar, Sabtu (2/3/2024).

Pastika mengadakan reses dengan menghadirkan Ida Bagus Anom Surya, salah satu pengusaha kedai kopi berbendera Coffee Secret’s yang berlokasi di Jl. Drupadi, Kota Denpasar. Kedai ini telah berdiri sejak 12 tahun lalu.

Karya Indonesia akan Ramaikan Festival Film Internasional

BALI—Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan membawa 50 film anak bangsa untuk mengikuti festival film internasional di beberapa negara selama 2024.

“Festival pertama yang akan diikuti adalah Hong Kong Internasional Film and TV Market atau FILMART selama 10-14 Maret,” kata Direktur Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra. dalam keterangan yang diterima di Bali, Selasa (5/3/2024).

Hong Kong menjadi negara ke-19 dari maraton promosi film dan kebudayaan Indonesia yang telah difasilitasi Kemendikbudristek sejak tahun 2023. Event FILMART 2024 akan mencakup berbagai kegiatan, seperti Indonesia Pavilion, Networking Events, Panel Discussion, dan Market Screening bertema Discover Indonesia kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (6/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya