SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (24/7/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang acara puncak Hari Lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Stadion Manahan Solo, Minggu (23/7/2023) sore, berlangsung meriah dan dihadiri para tokoh nasional, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (24/7/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, pesta PKB ini dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istri, Iriana; Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Ketua DPP PDIP, Puan Maharani; Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, perwakilan Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi satu-satunya partai politik (parpol) yang sebenarnya juga mendapat undangan namun tidak mengirimkan perwakilannya. Meski ada Prabowo Subianto yang juga calon presiden (capres) dari Gerindra, namun secara resmi PKB tidak mengundang para capres karena Prabowo hadir dalam kapasitas sebagai ketua partai.

Karena itu Ganjar Pranowo serta Anies Baswedan juga tidak terlihat hadir meski Ganjar pada Minggu pagi ada di Solo untuk mengikuti acara jalan sehat yang digelar DPC PDIP Solo. Pantauan Espos, Jokowi dan Iriana duduk bersebelahan di deretan kursi paling depan bersama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Puan Maharani duduk di sebelah Muhaimin, dan berdampingan dengan Prabowo Subianto.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Harlah ke-25 PKB, K.H. Yusuf Chudlori, menceritakan perjalanan PKB 25 tahun terakhir dalam membangun negeri. Secara khusus dia menyampaikan terima kasih kepada Gibran atas dukungannya atas pelaksanaan Harlah PKB di Solo.

Gus Yusuf, panggilan akrabnya, juga menyebut Gus Muhaimin sebagai Satria Piningit yang akan memimpin Indonesia pada 2024. Dia juga bercerita awal mula berdirinya PKB 25 tahun lalu. Banyak pengalaman dan dinamika, hingga prestasi yang diukir PKB dalam ikut serta membangun negeri. Usia 25 tahun PKB menurut dia sudah tergolong cukup matang.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (24/7/2023), atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Ganjar: Kandidat Cawapres Masih Digodog

SOLO – Tim khusus masih menggodok kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi calon presiden (capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo. Beberapa figur tersebut bakal diajak berkomunikasi untuk menyamakan visi, misi, dan kombinasi lainnya sebelum ditetapkan sebagai cawapres.

Hal ini diungkapkan Ganjar Pranowo di sela-sela jalan sehat yang digelar PDIP Solo di Jl. Ir. Juanda, Pucangsawit, Minggu (23/7/2023). Saat itu Ganjar melepas belasan ribu peserta jalan sehat dengan rute sepanjang sekitar 3 kilometer.

Ganjar mengaku sudah ada beberapa nama figur yang berpotensi mendampingi dirinya dalam pemilu presiden (Pilpres) 2024. Namun, Ganjar enggan membeberkan identitas figur cawapres yang tengah digodok oleh tim khusus.

“Kita tunggu. Beberapa nama sudah masuk. Kita tunggu saja ya,” kata dia. Ganjar juga enggan membeberkan latar belakang figur cawapres yang akan mendampingi dirinya. Dia hanya meminta agar semua menunggu proses penggodokan figur cawapres.

Beberapa waktu lalu Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani menyebutkan ada 10 nama kandidat bacawapres pendamping Ganjar Pranowo yang masuk dalam radar PDIP. Sejumlah kandidat itu antara lain Mahfud Md., Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (24/7/2023), atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 di Solo

SOLO – Kota Solo akhirnya menjadi tuan rumah untuk partai semifinal dan final Piala Dunia FIFA U-17 2023. Turnamen itu bakal berlangsung 10 November-2 Desember 2023.

Penunjukan Solo disampaikan langsung Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir ketika meninjau seleksi pemain tim nasional untuk Piala Dunia FIFA U-17 2023  di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (23/7/2023) pagi.

Hadir mendampingi Erick, antara lain Wakil Ketua Umum I PSSI Zainudin Amali, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, pelatih tim sepak bola Indonesia U-22, Indra Sjafri, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Rini Kusumandari.

“Kota Solo akan menjadi tempat semifinal dan final. Karena itu saya sampaikan tadi, ini kota bersejarah. Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama ada di sini. Siapa tahu sepak bolanya buat sejarah di sini,” kata Erick.

Menurut dia, FIFA akan hadir di Indonesia untuk mengecek seluruh fasilitas penunjang Piala Dunia FIFA U-17 2023 akhir bulan ini. FIFA juga akan mengecek ulang Kota Solo yang sebelumnya sudah dipersiapkan untuk Piala Dunia FIFA U-20 2023.

“Tetapi tentu beban ini ya jangan diberatkan [dibebankan ke pemain]. Biarkan pemain yang mengeluarkan seluruh kemampuannya seperti kemarin tim SEA Games kita mereka yang mau dan mereka membuktikan. Jadi anak muda Indonesia kalau dibimbing dan diberi kesempatan mereka bangkit. Insya Allah ada jalan,” jelasnya.

Selengkapnya simak di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (24/7/2023), atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya