SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–Informasi tentang PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan sosok calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/10/2023) ini, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (18/10/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan keputusan pengumuman ini diambil Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri seusai mengumpulkan elite partai berlambang banteng moncong putih itu di kediamannya, kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (17/10/2023) malam.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Melihat dinamika yang yang ada, ya pada akhirnya Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan DPP PDI Perjuangan untuk berkoordinasi dengan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, sehingga besok rencananya pada hari Rabu, tanggal 18 Oktober 2023, pada pukul 10.00 WIB tepat akan diumumkan siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” ungkap Hasto usai bertemu Megawati.

“Tadi [Selasa] saya melaporkan kepada Ibu Megawati dengan didampingi Bapak Olly Dondokambey dan Mas Prananda Prabowo, karena Mba Puan (Maharani) baru pulang dari tugas luar negeri,” imbuh dia.

Dia tidak mau mengungkapkan siapa nama sosok cawapres Ganjar itu. Ketika dikonfirmasi apakah sosok cawapres yang akan diumumkan itu adalah Menkopolhukam Mahfud Md., Hasto tidak menampik ataupun mengonfirmasi. “Insialnya untuk Indonesia Raya,” kata Hasto sambil tersenyum.

Nahas Kereta di Kulonprogo, Penumpang Bingung

KULONPROGO – Ratusan calon penumpang kereta api kebingungan akibat kecelakaan dua kereta di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates KM 520+4 Kulonprogo, DIY, pada Selasa (17/10/2023). Kecelakaan yang menutup jalur kereta lintasan ganda itu membuat perjalanan KA di lintas selatan Jawa terhalang.

Keriuhan terlihat antara lain di Stasiun Lempuyangan dan Tugu, Kota Jogja, Selasa malam, karena banyaknya penumpang yang batal berangkat. Banyak pula penumpang yang kecewa karena terjadinya antrean yang panjang untuk membatalkan tiket kereta. Antrean di Stasiun Lempuyangan untuk pembatalan tiket kereta jarak jauh bahkan mencapai 25 meter. Terlihat beberapa petugas keamanan stasiun dan kepolisian yang turut menginformasikan pembatalan berangkatan kereta jarak jauh, terutama yang menuju barat Bumi Mataram.

Salah satu penumpang yang kecewa atas insiden pembatalan kereta adalah Tutik, 64, warga Jakarta yang hendak pulang setelah mengunjungi saudaranya di Jogja. “Sangat terganggu sekali, ini tidak bisa beangkat masih harus antre pembatalan tiket. Antreannya panjang sekali, ini kan kecelakaannya [kereta anjlok] siang tadi kok tidak diinformasikan dari tadi. Jadi tidak perlu berharap bisa berangkat,” katanya.

Jadikan Gula Cadangan, Jangan Rusak Harga

JAKARTA—Petani tebu merespons rencana pemerintah yang bakal mengimpor lebih dari 125.000 ton gula konsumsi asal Brasil pada akhir 2023. Mereka minta gula impor tidak serta-merta dilempar ke pasar melainkan jadi cadangan pemerintah untuk menstabilkan harga.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Soemitro Samadikoen yang menilai importasi gula konsumsi oleh pemerintah tidak menjadi masalah. “Impor sejuta ton pun enggak apa-apa asal tidak buru-buru dibuang ke pasar,” ujar Soemitro, Rabu (11/10/2023).

Gula yang diimpor perusahaan BUMN harus dijadikan buffer stock cadangan gula pemerintah. Nantinya, buffer stock bisa dikucurkan untuk mengintervensi pasar saat harga gula mulai melonjak signifikan. Di sisi lain, saat ini pasokan gula dianggap masih tersedia seiring musim giling yang masih berlangsung sampai akhir Oktober 2023.

Teror Belgia vs Swedia, 2 Suporter Meninggal

SOLO—Teror penembakan terjadi di luar stadion saat kesebelasan Belgia menghadapi Swedia pada ajang Kualifikasi Euro 2024 di Stadion King Baudouin, Selasa (17/10/2023) dini hari WIB.

Pertandingan tersebut dihentikan pada paruh pertama akibat teror penembakan yang mengakibatkan dua suporter Swedia meninggal dunia dan tiga orang luka-luka. Penembakan yang terjdi sekitar 5 km dari Stadion King Baudouin itu membuat suporter Swedia yang menyaksikan pertandingan ketakutan. Dikutip dari Reuters, para suporter pun mengganti pakaian mereka dari jersey timnas Swedia bercorak biru-kuning menjadi baju biasa.

“Saya benar-benar shock. Kami tidak mengetahui apa pun. Semua orang mencopot jersey Swedia dan mengganti dengan pakaian netral. Ini benar-benar tidak menyenangkan,” ujar salah seorang fans Pernilla Callif. Laga dihentikan saat kedudukan imbang 1-1. Meski pertandingan diakhiri, suporter tim tamu tak diperkenankan meninggalkan stadion. Crisis Center Belgia mengatakan suporter Swedia akan diberi pengawalan untuk meninggalkan stadion.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (18/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya