SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (16/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang sejumlah orang sudah mengambil berkas pendaftaran sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota (cawali-cawawali) di Sekretariat DPC PDIP Solo hingga Senin (15/4/2024), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (16/4/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, mereka yang mendaftar ke PDIP adalah pengacara yang juga aktivis budaya Kota Solo, B.R.M. Kusumo Putro, pengusaha tekstil Rudy Indijarto Sugiharto, anggota DPRD Kota Solo 2019-2024 dari Fraksi PDIP Ginda Ferachtriawan, dan rekannya sesama legislator dari PDIP, Wawanto.
Kusumo mengaku punya alasan kuat untuk meramaikan bursa Cawawali Solo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Saya mendaftar berdasarkan keprihatinan saya dengan kondisi Kota Solo, yang saat ini kita melihat masyarakat kita masih jauh dari kesejahteraan. Sebagai putra daerah, dan sebagai kader PDIP, 20 tahun lebih saya jadi kader PDIP, saya mendaftar untuk mewarnai dan ikut da­lam penjaringan bakal Cawawali Solo melalui PDI Perjuangan,” terang dia sesuai mendaftar pada Senin.

Kusumo menyatakan banyak elemen masyarakat Solo, utamanya dari arus bawah, yang mendorong dia untuk maju. “Kami sudah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat sebelum mengambil for­mulir pendaftaran,” tandas dia. Kusumo pun me­minta DPC PDIP Solo membuat panggung terbuka bagi para calon.

“Nanti semua calon, baik wali kota maupun wawali, dibuatkan forum terbuka menyampaikan ide, gagasan dan program kerjanya. Forum ini mengundang para tokoh, akademisi, mahasiswa dan aktivis organisasi dan elemen masyarakat. Ini untuk adu gagasan, ide, dan program,” usul dia

Golkar Tugaskan Yoga dan Harjanto Jadi Cabup

KLATEN—Kontestasi pilkada di sejum­lah wilayah Soloraya makin menggairah­kan dengan sudah munculnya penu­gasan resmi dari pengurus partai kepa­da sejumlah tokoh untuk maju seba­gai calon kepala daerah. Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar misalnya, sudah menunjuk Yoga Hardaya untuk maju sebagai calon bupati (cabup) dalam Pilkada Klaten 2024.

Ketua DPD II Partai Golkar Klaten itu kini terus me­nyosialisasikan diri sebagai cabup. Yoga yang juga Wakil Bupati Klaten ini saat berbincang de­ngan Espos, Senin (8/4/2024), mengatakan sosialisasi serta konsolidasi di internal tetap di­­perkuat.

Terkait niatan parpol di Klaten yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju pada Pilpres 2024 untuk melanjutkan gerbong koalisi hingga Pilkada, Yoga menegaskan hingga kini koalisi masih kompak. Dia menjelaskan parpol di Klaten yang tergabung dalam koalisi itu semuanya bera­da di bawah koordinasi de­ngan pengurus tingkat provinsi dan pusat partai masing-masing. “Tidak bisa memutuskan sendiri,” jelas dia.

Impor Kulkas sampai AC Dibatasi

JAKARTA–Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mulai membatasi arus impor produk elektronik, seperti televisi, AC, kulkas, hingga laptop. Pada saat yang sama, legislator mendorong pemerintah memperkuat daya saing produk dalam negeri.

Pengaturan arus impor ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo atas kondisi neraca perdagangan produk elektronik pada 2023 yang masih menunjukkan defisit. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan pemerintah hanya membatasi impor barang elektronik, bukan melarang atau menutup keran impor sepenuhnya.

“Kalau melarang saya kira enggak bisa ya, tapi kalau diatur iya,” ujar Zulhas saat ditemui wartawan di rumahnya, Jakarta, Rabu (10/4/2024) seperti dikutip dari laman kemendag.go.id yang diakses Senin (15/4/204). WTO (World Trade Organization) melarang negara menutup sepenuhnya kegiatan impor. “Kalau melarang kan enggak bisa, nanti WTO memarahi kita, tapi kalau diatur bisa,” kata Zulhas.

Jekek: 5 Caleg PDIP Mundur

WONOGIRI–Lima calon anggota DPRD Wonogiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengundurkan diri meski memperoleh suara banyak sehingga diproyeksikan terpilih di masing-masing daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024. Keterpilihan mereka akan digantikan dengan calon legislatif (caleg) lain sesuai dengan peraturan internal partai.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, saat berbincang dengan Espos baru-baru ini di Selogiri, Wonogiri, memproyeksikan PDIP mendapatkan 27 kursi di DPRD Wonogiri dari lima dapil pada Pemilu 2024. Hal itu juga berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara KPU.

Namun, ada lima calon anggota legislatif (caleg) dengan perolehan suara perorangan banyak dan diproyeksikan menjadi calon terpilih harus diganti. Mereka diganti caleg lain melalui skema pengunduran diri terlebih dahulu. Lima caleg itu terdiri atas dua caleg di dapil I, dua caleg di dapil IV, dan satu caleg di dapil II.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (16/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya