SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (24/5/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (24/5/2024), mengangkat headline tentang peminat kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Calon Wali Kota-Calon Wakil Wali Kota (Cawali-Cawawali) Solo melalui PDIP makin bertambah menjelang ditutupnya pendaftaran di partai tersebut pada Jumat ini.

Diberitakan Solopos hari ini, salah satu pendaftar adalah kader senior PDIP Solo, Purwono, yang mengambil formulir pendaftaran sebagai Cawali Solo, Rabu (22/5/2024). Dengan diantar sejumlah pendukungnya, Purwono mendatangi Kantor Sementara DPC PDIP Solo di Kelurahan Pucang­sawit, Jebres. Purwono menyatakan segera mengisi dan melengkapi formulir pendaftarannya untuk dikembalikan pada hari terakhir pendaftaran.

Promosi KUR BRI Bantu Usaha Kayu Rotan di Malang Bangkit dari Krisis

Pada hari yang sama anggota DPRD Solo dari Fraksi PDIP, Roy Saputro, menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai Cawawali Solo. Laki-laki yang menjabat Sekretaris PAC PDIP Banjarsari itu sebelumnya mengambil formulir pendaftaran pada 4 Mei 2024. Roy merupakan salah satu Caleg DPRD Solo pada Pemilu 2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Solo yang meliputi wilayah Banjarsari A.

Namun, dia gagal melenggang kembali ke parlemen. Sesama Caleg DPRD Solo yang gagal melenggang lagi ke parlemen, Tri Hono Setyo Putro, juga mendaftarkan diri Rabu lalu. Tri Hono langsung menyerahkan formulir pendaftarannya. Pemuda yang kini menjabat sebagai Ketua Ranting PDIP Nusukan, Banjarsari, itu mendaftar untuk posisi Cawawali Solo.

Tri Hono menjadi pengambil formulir ke-21 Cawali-Cawawali DPC PDIP Solo, sekaligus menjadi pendaftar ke-12 cawawali karena sudah menyerahkan kembali formulir pendaftarannya. Setelah masa pendaftaran ditutup, selanjutnya berkas pendaf­taran yang masuk akan diserahkan kepada DPP PDIP. DPP PDIP yang akan menentukan siapa Cawali-Cawawali Solo 2024 yang akan diusung partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

Gangguan Pesawat, Kloter 41 Sempat Tertunda

SOLO—Jemaah calon haji (calhaj) yang ter­gabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 41 Embarkasi Solo terpaksa tertunda kebe­rangkatannya karena pesawat yang akan digunakan mengalami gangguan teknis, Kamis (23/5/2024).

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rahma Indriadi, menyampaikan calhaj Kloter 41 berasal dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Mereka awalnya dijadwalkan terbang pada Kamis pagi sekitar pukul 07.40 WIB.

“Namun, begitu jemaah calon haji memasuki Mecca Route [jalur layanan imigrasi Arab Saudi] di Bandara Adi Soemarmo, dapat informasi dari petugas inspeksi pesawat bahwa pesawat yang akan digunakan terbang mengalami gangguan sehingga harus ditunda sementara,” ungkap Gentur saat dihubungi Espos, Kamis.

Menyiapkan Insentif untuk Pemarkir Devisa

JAKARTA—Pemerintah mulai membahas insentif pajak penghasilan (PPh) bagi para eksportir yang memarkir dana hasil ekspor (DHE) mereka di dalam negeri. Memarkir DHE di dalam negeri bukan hanya cara Indonesia. Beberapa negara di Asia telah menerapkan kebijakan serupa.

Dikutip dari laman indonesia.go.id yang diakses Kamis (23/5/2024), ketahanan cadangan devisa di dalam negeri sangat diperlukan Pemerintah Indonesia saat ini. Ketidakpastian perekonomian global sedang sangat tidak bersahabat. Indikator itu tergambarkan dari laporan Kementerian Keuangan belum lama ini.

Di dalam laporan itu, Kemenkeu menyebutkan tren perlambatan ekonomi global memengaruhi pertumbuhan ekspor dan impor Indonesia. Pada triwulan I-2024, ekspor riil masih tumbuh sebesar 0,5% (year on year/yoy) ditopang peningkatan ekspor jasa seiring kuatnya arus kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Perang” Ayam Goreng Makin Menantang

Prospek jualan makanan cepat saji termasuk ayam goreng cukup menggiurkan. Belum lama ini, PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST) atau pengelola bisnis makanan cepat saji KFC melaporkan pendapatannya pada periode triwulan pertama 2024. Pendapatan yang mereka terima periode tersebut mencapai Rp1.178.609.484. Masih besar walau turun dibanding periode sama 2023, yakni Rp1.423.917.055.

Berdasarkan laporan terbuka PT Fast Food Indonesia Tbk. yang diakses Espos, Kamis (23/5/2024), perusahaan tersebut mengalami rugi komprehensif hingga Rp188.567.222. Rugi tersebut meningkat dibanding periode sama pada 2023 yakni Rp29.077.404. Rugi bersih periode berjalan itu menjadi Rp196,21 miliar meningkat dibanding periode yang sama 2023 yakni Rp22,06 miliar.

Hal tersebut senada dengan laporan idxchannel.com, rugi bersih FAST meningkat 789,33%. Hal itu membuat total ekuitas perusaah merosot menjadi Rp535,30 miliar dibanding posisi akhir Desember 2023 yang sebesar Rp723,88 miliar. Kondisi itu pun membuat saham FAST per 21 Mei jatuh 4,17% ke 575. Dalam sepekan, saham FAST sudah anjlok 24,34% dan merosot 22,30% year to date (ytd).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (24/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya