SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (5/10/2023).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (5/10/2023), mengangkat headline tentang pemerintah bakal membantu memperbaiki rumah yang rusak akibat peristiwa kebakaran di Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Selasa (3/10/2023) malam.

Diberitakan Solopos hari ini, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana seusai meninjau tempat ke­jadian kebakaran bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Rabu (4/10/2023), mengatakan laporan yang diterima ada sebanyak tujuh rumah warga yang terbakar.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Pemprov Jateng masih melakukan pendataan lanjutan mengenai dampak kebakaran di Pasar Kliwon. Selain itu, lanjut dia, Peme­-
rintah Provinsi Jateng membantu kebutuhan logistik bagi warga yang terdampak kebakaran.

Nana memberikan imbauan kepada masyarakat pada musim kemarau ini untuk waspada perubahan iklim dan dampak fenomena El Nino. Kekeringan di Jateng berpotensi menimbulkan kejadian kebakaran baik di pemukiman maupun di hutan. “Masyarakat untuk berhati-hati artinya dalam situasi saat ini apabila kami meninggalkan rumah harus memastikan listriknya betul-betul mati,” jelasnya.

Di antara para korban kebakaran, ada dua keluarga warga Kampung Joyosudiran, Kelurahan Pasar Kliwon yang bingung mencari tempat tinggal lantaran rumahnya rusak berat dilalap api. Saat ini, mereka masih bertahan di lokasi pengungsian di Pendapa Kelurahan Pasar Kliwon.

Menanti Kepastian Limpo

JAKARTA—Setelah sempat dilaporkan “hilang kontak” dalam perjalanan dinasnya ke Eropa, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akhirnya disebut sudah tiba di Indonesia, Rabu (4/10/2023). Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim menyebut Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang.

”Sudah masuk Imigrasi Indonesia [pukul] 18.41 WIB,” kata Silmy. Foto yang kemudian beredar di sejumlah situs pemberitaan nasional juga memperlihatkan sosok mirip politikus Partai Nasdem itu yang mengenakan masker berada di lokasi yang diyakini merupakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem menggelar rapat tertutup menyikapi baliknya Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke Indonesia, Rabu malam. ”Ketua Umum [Surya Paloh] ada di atas. Kami tunggu dia [Limpo] langsung ke sini atau tidak,” kata Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni.

Rp51,88 Miliar untuk Ketahanan Pangan

WONOGIRI—Tanaman pangan lokal seperti sorgum dan ubi-ubian sangat potensial menjadi alternatif substitusi beras di Kabupaten Wonogiri. Hal itu bisa dimulai dari desa dengan memaksimalkan anggaran dana desa untuk alokasi ketahanan pangan.

Pemanfaatan Dana Desa untuk mewujudkan ketahanan pangan itu perlu kolaborasi antarpihak terkait. Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Wonogiri, Niken Kuntari, mengakui selama ini Wonogiri masih bergantung dengan satu jenis produk pangan sebagai makanan pokok yaitu beras. Kendati produksi beras di Wonogiri selalu mencukupi kebutuhan lokal dan bahkan surplus, tetapi hal itu tidak berarti memiliki ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Niken menyatakan ketergantungan pada satu jenis produk pangan berisiko terjadi krisis pangan apabila jenis pangan tersebut bermasalah. Misalnya terkena hama, gagal panen, atau harga melambung sehingga tidak lagi terjangkau. Maka, kata Niken, perlu keberagaman pangan sebagai makanan pokok. Sayangnya di Wonogiri keberagaman sebagai makanan pokok itu masih sulit.

Dinamika Bujet Pesta Nikah

SOLO—Kebutuhan anggaran untuk pesta pernikahan menjadi momok bagi sebagian orang. Meski demikian, menurut survei, sebanyak 83% telah mengalokasikan tabungan khusus untuk menikah.

Pernikahan menjadi momen sakral yang dinanti-nanti oleh sebagian orang. Di Indonesia, terdapat anggapan biaya menikah relatif mahal. Beberapa tradisi pernikahan di Indonesia membutuhkan waktu lebih dari sehari.

Mengundang ratusan orang menjadi hal hampir wajib bagi calon mempelai. Sedangkan di sisi lain, anggaran pernikahan terbatas menjadi salah satu faktornya batalnya suatu pernikahan, selain perbedaan argumen dengan orang tua.

Hal ini terdapat dalam riset yang dilakukan platform survei Populix. Melalui Indonesian Gen Z & Millennial : Marriage Planning & Wedding Preparation March 2023, lembaga itu mengungkap rata-rata responden menyiapkan estimasi anggaran pernikahan sebesar Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (5/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya