SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (4/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang  banyaknya event atau kegiatan berskala besar di Kota Solo harus diakui turut menggenjot moncernya perekonomian dan pariwisata diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (4/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, karena itu Pemkot Solo terus mendorong berlangsungnya kegiatan berskala nasional dan bahkan internasional di Solo. Salah satunya bakal berlangsung pada Mei mendatang.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama istrinya, Selvi Ananda, bakal menyiapkan kegiatan berskala besar di Kota Solo memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 14-15 Mei 2024. Produk UMKM Kota Solo akan dipamerkan pada rangkaian acara tersebut.

Ibu Negara Iriana Jokowi rencananya membuka rangkaian acara itu. Selvi Ananda yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Solo menjelaskan Kota Solo menjadi tuan rumah bagi para pengurus Dekranas dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami memakai lokasi di Pura Mangkunegaran dan Taman Balekambang. Harapannya banyak tempat wisata maupun tempat wisata baru yang akan dikunjungi. Menjadi penggerak ekonomi UMKM,” jelas dia saat ditemui di Balai Kota Solo, Jumat (1/3/2024). Selain menampilkan produk UMKM, lanjut Selvi, rangkaian HUT ke-44 Dekranas akan mengangkat kesenian Kota Solo, aneka budaya, kuliner, batik, keris, dan pariwisata.

Kemeriahan dan Kekhidmatan Jalani Melasti

Ratusan umat Hindu dari Boyolali dan Solo menggelar ritual Melasti atau Mendak Tirta Tahun 1946 Saka di Umbul Siti Inggil, Kecamatan Banyudono, Minggu (3/3/2024). Prosesi Melasti dimulai dengan arak-arakan umat dari Pura Bhuwana Suci Saraswati di Desa Ngaru-aru, Banyudono, Boyolali, seraya membawa empat gunungan hasil bumi dan makanan menuju Umbul Siti Inggil di Desa Bendan.

Di ujung perjalanan sejauh kurang lebih dua kilometer, mereka selanjutnya berdoa lalu mengambil air suci atau Mendak Tirta di Umbul Siti Inggil. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyudono, Heru Kuncoro, menjelaskan Mendak Tirta adalah upacara penyucian benda-benda suci di tempat suci. Selanjutnya dilanjutkan pengambilan tirta atau air yang nantinya digunakan untuk upacara Tawur Agung di Prambanan maupun di pura-pura di wilayah Banyudono.

“Kegiatan melasti adalah salah satu rangkaian upacara Nyepi. Melasti dilaksanakan sebelum Nyepi. Biasanya dilaksanakan tiga hari sebelum Nyepi, tapi karena ada kondisi tertentu, di sini dilaksanakan satu pekan sebelumnya,” kata dia kepada wartawan di sela-sela acara.

Puncak Gunung Es Anomali Rekapitulasi

Melonjaknya suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hingga ratusan ribu suara hanya dalam empat hari memantik tudingan penggelembungan suara. PSI membantahnya, tetapi hasil penghitungan suara sementara menunjukkan sejumlah inkonsistensi.

“Saya sudah banyak bicara soal ini. Secara statistik hasil hitung semua lembaga sudah jelas kesimpulannya. Kalau terjadi anomali antara hasil hitung cepat dengan real count KPU, kenapa hanya terjadi pada PSI? Saya ngga paham,” kicau Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi melalui akun X @BurhanMuhtadi, Jumat (1/3/2024).

Pergerakan angka berdasarkan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang disajikan pada laman pemilu2024.kpu.go.id beberapa hari terakhir memperlihatkan superioritas partai berlambang mawar itu memperoleh kenaikan jumlah suara. Saat suara partai-partai lain hanya bertambah ratusan hingga maksimal puluhan ribu, suara PSI bertambah ratusan ribu.

Sertifikasi Halal Memberatkan UMKM

JAKARTA—Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengusulkan penundaan mandatori halal khusus bagi UMKM karena deadline 17 Oktober diperkirakan sulit terpenuhi. Apabila dipaksakan, kebijakan ini justru akan menghantam UMKM.

Kemenkop UKM bahkan mengusulkan prioritas sasaran halal seharusnya ditujukan kepada penyedia bahan mentah. Deputi Bidang UKM Kemnkop UKM, Hanung Harimba Rachman, membeberkan sejak beberapa waktu lalu Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menilai pemerintah belum siap mengimplementasikan mandatori halal.

Itu khususnya ihwal kapasitas badan atau lembaga penyedia layanan sertifikasi halal. “Jadi harusnya penerapannya kalau saya berharap ditunda,” kata Hanung di Kantor Kemenkop UKM, dikutip Sabtu (24/2/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (4/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya