SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (24/3/2023).

Solopos.com, SOLO — Pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja oleh DPR memicu kekhawatiran kalangan pekerja, tak terkecuali di Soloraya. Dwi Jayanti salah satunya, yang bekerja di salah satu perusahaan di Karanganyar, menyebut aturan cuti haid semakin memberatkan setelah UU tersebut disahkan.

“Ribet, harus ada surat dokter jika ingin dapat cuti haid. Hal ini memberatkan karyawan. Terlebih kondisi haid setiap perempuan berbeda, ada yang benar-benar tidak mampu beraktivitas tapi harus memaksakan diri ke puskesmas atau klinik,” ujar Dwi saat dihubungi Espos, Kamis (23/3/2023).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dwi juga mengkhawatirkan status kepegawaiannya yang masih berstatus kontrak. Dwi menyebut masuk ke perusahaannya sejak September 2020 dengan sistem kontrak profesional antara 2020-2021, dilanjutkan sistem perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) antara 2021-2023.

Karena alasan pandemi Covid-19 dan isu resesi global, Dwi tidak segera diangkat menjadi karyawan tetap. Dia khawatir di akhir 2023 kontraknya tidak diperpanjang sehingga harus mencari pekerjaan baru. Padahal bisa jadi dia akan menjadi pegawai kontrak lagi di tempat kerja barunya.

Pegawai kontrak lainnya, Rahma Ayuningtyas, juga mulai cemas dengan status kepegawaiannya. Rahma mulai bekerja di perusahaannya sejak Maret 2020 dengan sistem PKWT. Kini dia memasuki tahun keempat masa kontraknya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (24/3/2023).

Masjid Zayed Bikin Penasaran, Bubur Samin Jadi Buruan

SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed Solo masih terus jadi pemikat kedatangan orang dari berbagai daerah, apalagi di saat Ramadan kali ini. Misalkan saja rombongan santriwati dari Pondok Pesantren Multazam Semarang, yang datang pada Kamis (23/3/2023). Sebanyak 16 orang santriwati kelas VIII yang didampingi dua ustazah datang dengan mobil carteran. 

Kepada Espos, mereka mengaku sengaja ke Solo hanya untuk mendatangi Masjid Raya Sheikh Zayed. Setelah menunaikan salat Asar, mereka menunggu saat Maghrib dengan mengelilingi masjid dari sudut ke sudut. Tak lupa mereka mengabadikan momen di Masjid Raya Sheikh Zayed memanfaatkan jasa tukang foto. “Sampai sini salat, terus ngabuburit, foto-foto, ini beli gambar dijepret sama bapak bapak tukang foto. Harganya Rp10.000 per gambar,” kata salah satu santriwati, Sabrina Anindya Pangestu.

Santriwati lain, Keysha Akilah Ramadhani Khairunnisa mengaku bingung saat kali pertama masuk ke masjid. Untung ada panduan dari petugas masjid. “Seru, kagum lihat masjid sebesar ini. Ada orang Arabnya juga, tapi tidak berani ngajak foto tadi,” akunya.

Sementara itu Masjid Raya Sheikh Zayed untuk kali pertama juga menggelar buka puasa bersama bertempat di tenda-tenda yang sudah disiapkan. Tenda di sisi timur masjid untuk kaum perempuan, sementara tenda laki-laki di sisi utara masjid. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (24/3/2023).

Siap-Siap Mal Penuh

SOLO — Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Solo memprediksi tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan saat Ramadan dan Lebaran meningkat 75%. Biasanya, warga berbelanja beragam produk makanan dan minuman dalam jumlah besar menjelang Lebaran.

Ketua APPBI Solo, Bambang Sunarno, mengatakan tahun ini adalah Ramadan dan Lebaran pertama tanpa pembatasan. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut disertai pembatasan akibat pandemi Covid-19.

“Selama periode Januari-Maret, tingkat kunjungan di pusat perbelanjaan masih normal. Belum ada lonjakan jumlah pengunjung. Tingkat kunjungan diperkirakan melonjak hingga 75% selama periode Ramadan dan Lebaran,” kata dia saat berbincang dengan Espos, Jumat (17/3/2023).

Bambang memperkirakan tingkat kunjungan meningkat secara signifikan saat dua pekan sebelum Lebaran. Saat itu, para aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta telah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Mereka bakal menyerbu pusat perbelanjaan untuk memborong produk makanan dan minuman.

Tak menutup kemungkinan, lanjut Bambang, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan menyentuh 100% ketika mendekati Lebaran. Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Jumat (24/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya