SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (22/9/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang PDIP bakal menunggu calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, untuk mengumumkan calon wakil presidennya diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (22/9/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan baru setelah itu, PDIP akan mengumumkan calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo. “Baiknya begitu [menunggu Prabowo]. Jadi, tenang saja,” ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Dia menjelaskan PDIP masih melihat dinamika politik yang berjalan. Apalagi, satu bulan ke depan jelang masa pendaftaran capres-cawapres, Djarot merasa belum tentu tiga kandidat kuat capres yang ada sekarang maju semua.

“Anda yakin bahwa tiga poros ini semuanya bisa jalan, daftar di KPU? Tanggal 19-25 Oktober 2023 ya kan [masa pendaftaran capres-cawapres ke KPU]? Masih ada dinamika-dinamika hlo ini, ya kan?” katanya. Untuk itu, sambung Djarot, PDIP memilih menunggu dinamika koalisi pendukung bakal capres lainnya. Dia mengklaim partai politik pendukung Ganjar, yaitu PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura yang paling solid di antara koalisi lain.

Djarot juga mengungkapkan ada nama lain yang masih berpeluang untuk menjadi cawapres pendamping Ganjar. Sejumlah nama yang sudah beredar saat ini adalah Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud Md. “Kami tunggu kata Pak Hasto [Sekjen PDIP] element of surprise [momen kejutan], bisa orangnya, bisa tanggalnya. Kapan disampaikan, bisa tepatnya, momennya. Jadi, kami tunggu saja,” katanya.

PSI Belum Konfirmasi Bergabungnya Kaesang

JAKARTA — Maraknya kabar bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ditanggapi secara tenang oleh partai itu.

Anggota Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Justin Adrian, menegaskan dirinya tidak bisa membocorkan lebih jauh terkait isu apakah Kaesang bergabung dengan PSI atau tidak. “Kami tidak ingin mendahului yang bersangkutan, doain saja ya,” ujar Adrian kepada wartawan, Kamis (21/9/2023).

Meski demikian, anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu mengaku senang apabila ada anak muda yang berkomitmen mengambil peran dalam kemajuan bangsa ini dengan bergabung bersama PSI. “Kami juga menyediakan karpet merah bagi para senior yang berkenan datang untuk membimbing jalan kami,” jelasnya.

Cemas Kenaikan Harga Gula Industri

JAKARTA–Pengusaha makanan dan minuman mulai memprediksi kenaikan harga gula industri atau rafinasi pada awal 2024. Proyeksi tersebut dipicu rencana India yang melarang ekspor gula mulai Oktober 2023. Kenaikan harga gula industri diprediksi memengaruhi industri makanan dan minuman.

Sebelumnya, India juga membatalkan ekspor beras ke Indonesia meski sudah ada perjanjian dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S. Lukman mengatakan meskipun India bukan negara utama asal impor gula bagi Indonesia, namun berhentinya stok dari India dapat berdampak pada harga rafinasi global.

“Sedikit saja, satu negara melarang, itu akan sangat berpengaruh terhadap harga,” kata Adhi saat ditemui baru-baru ini di ICE BSD, Tangerang. Kondisi tersebut menjadi hal yang memberatkan para pelaku industri makanan dan minuman, terkhusus persoalan harga bahan baku yang melonjak sehingga menyebabkan harga jual produk tinggi.

Di Balik Usulan Pilkada 2024 Dipercepat

JAKARTA—Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan sinyal setuju terhadap usulan pemerintah mempercepat pelaksanaan hari pencoblosan Pilkada 2024, dari yang awalnya pada November 2024 menjadi September 2024. Ada kecurigaan alasan politis di balik usulan ini.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menjelaskan gagasan percepatan pelaksanaan Pilkada 2024 datang dari pemerintah. Dia mengatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara informal sudah menyampaikan kepada Komisi II DPR keinginan untuk mempercepat Pilkada 2024.

Secara formal, pemerintah mengajukan usulan percepatan pelaksanaan Pilkada 2024 kepada Komisi II DPR dalam rapat kerja pada Rabu (20/9/2023) malam. “Jadi, perubahan itu [percepatan hari pencoblosan] tentu lewat perppu [peraturan pemerintah pengganti undang-undang]. Nah, kenapa lewat perppu? Kalau lewat revisi UU, tentu akan memakan waktu yang lama,” kata Guspardi, Kamis (20/9/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (22/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya