SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (17/2/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan terkait perubahan yang signifikan berpotensi terjadi dalam komposisi para penghuni DPRD Kota Solo sejauh yang ditunjukkan hasil sementara pemilu legislatif 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (17/2/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, perolehan suara PDIP Solo berpotensi berkurang cukup banyak meski mereka masih bisa mempertahankan posisi mayoritas. Saat ini PDIP memiliki 30 kursi di DPRD Solo. Pengurus DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo pun mengakui potensi penurunan perolehan kursi di DPRD Solo itu.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Hitungan kami memang turun. Tapi insyaallah kami masih mayoritas, 50% plus satu. Di atas 20 kursi. Ya sekitar 23-25 [kursi] lah,” ujar Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, saat diwawancara, Jumat (16/2/2024). Her Suprabu mengatakan pihaknya harus mengakui secara jujur apa yang terjadi di lapangan di Pemilu 2024.

Termasuk turunnya kursi PDIP karena kekalahan dalam Pilpres 2024. “Ya otomatis lah, ada faktor itu. Karena kan beberapa partai yang dari Paslon [pasangan calon] 2 mengalami peningkatan,” tutur dia.

Dengan hasil itu menurut Her Suprabu DPC PDIP Solo akan melakukan evaluasi atas pergerakan dan program selama ini. PDIP Solo harus memperkuat basis suaranya ke depan. Disinggung komposisi Caleg PDIP yang diprediksi lolos ke Karangasem, dia menyatakan belum ada pemerincian per nama yang lolos.

Gibran: Yang Penting Pemilu di Solo Lancar

SOLO—Calon wakil presiden pasangan nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tidak mau banyak bicara soal kemenangan pasangannya dalam perhitungan suara pemilu presiden di Kota Solo yang merupakan “kandang banteng” alias basis utama PDIP.

“Ya itu kan baru quick count kami tunggu hasil real count [penghitungan suara riil hasil rekapitulasi dari tempat pemungutan suara/TPS oleh KPU],” jelas Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (16/2/2024). “Yang penting pelaksanaan di Solo berjalan lancar. Ditunggu saja,” ujar dia.

Gibran mengatakan belum melakukan pembicaraan hasil Pilpres 2024 dengan partai koalisi. “Saya fokus pekerjaan sebagai wali kota,” ungkap Gibran. Gibran menyebut sebenarnya dia sudah mau masuk kantor sejak Kamis (15/2/2024). Namun hal itu batal karena penerbangan dari Jakarta terkendala cuaca. Gibran mulai berkantor Jumat.

Mengantar Petani ke Pasar Digital

Selama ini petani Indonesia identik dengan praktik yang konvensional, tradisional, dan jauh dari modernisasi apalagi dunia digital. Andrew Soeherman berupaya menghapus stigma itu. Keyakinan itu ada dasarnya.

Temuan salah satu perusahaan agri-tech, Eratani, menunjukkan 50-60% petani telah mempunyai telepon pintar meski sebagian dari mereka berusia 50-an tahun. Penetrasi gawai di masyarakat sudah luas, termasuk para petani yang kerap dianggap tradisional itu. Mereka juga telah akrab dengan media sosial. Mereka bukannya tidak mengenal dunia digital, melainkan belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan teknologi agar bermanfaat bagi keberlanjutan pertanian mereka.

Kondisi itu membuat Andrew selaku Co-Founder dan CEO Eratani semakin percaya diri menuju ekosistem digital bagi sektor pertanian. Dia berupaya menghadirkan super apps yang bisa membuat para petani naik kelas. “Satu atau dua tahun ke depan super apps kita inilah yang akan menjadi pendobrak dan menjawab masalah pertanian,” kata Andrew saat berbincang melalui telekonferensi Zoom, Senin (5/2/2024) pagi.

Operasi Pasar Belum Mampu Bendung Laju Harga Beras

KARANGANYAR – Harga beras yang terus merangkak naik dalam beberapa waktu terakhir membuat sebagian besar masyarakat “menjerit”, termasuk juga warga Kabupaten Karanganyar.

Kondisi tersebut segera direspons Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dengan menggelar operasi pasar di wilayah Kabupaten Karanganyar. Meski demikian, operasi pasar yang digelar sejauh ini belum mampu mengendalikan harga sejumlah komoditas pangan khususnya beras di pasaran.

Berdasarkan data pergerakan harga sembako yang dirangkum di Sistem Online Perdagangan Karanganyar (SODAGAR), harga komoditas pangan seperti beras masih saja naik. Beras IR64 medium di pasaran Rp14.750 per kilogram (kg) atau naik Rp618 atau sebesar 4,19 persen. Sementara itu, beras IR64 Premium Rp15.676 per kg atau naik Rp492 (3,14%). Kemudian harga minyak curah tanpa merek Rp15.300 per liter atau naik Rp125 (0,82%), harga telur ayam Rp26.882 per kilogram (kg) naik Rp355 (1,32%).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (17/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya