SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (25/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (25/10/2023), mengangkat headline tentang menjelang pendaftaran pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka, menyisakan pertanyaan status politik Gibran.

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan hingga kemarin Gibran belum mengem­balikan kartu tanda anggota (KTA) PDIP. Di sisi lain Prabowo menyebut dirinya sudah beberapa kali berupaya untuk berkomunikasi dengan Megawati Soekarnoputeri dan PDI Perjuangan, tetapi tidak direspons.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Upaya komunikasi tersebut, menurut Prabowo, yaitu untuk mempertegas status Gibran Rakabuming Raka di PDIP. ”Saya sudah berusaha [komunikasi] berkali-kali dan sudah minta waktu. Tapi belum dapat waktu, saya sudah cukup lama ingin [komunikasi],” tutur Prabowo saat menghadiri deklarasi dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terhadap dirinya di Djakarta Theatre, Selasa (24/10/2023).

Prabowo mengaku sama sekali tidak pernah memiliki masalah dengan seluruh elite PDIP. Namun, komu­nikasi dirinya tidak ada respons dari pihak PDI-Perjuangan. Menurut Prabowo, dirinya dan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak mempermasalahkan jika Gibran masih berstatus menjadi kader PDIP sekaligus jadi cawapres yang diusung KIM.

Sementara itu Rudy menilai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, “sudah besar,” sehingga tidak perlu dijelaskan terkait mekanisme internal partai yang harus dilakukan, bila maju menjadi cawapres dari partai lain. “Oh enggak perlu [penjelasan], wong sudah gede, sudah Wali Kota kok,” ujar dia saat diwawancarai wartawan di rumahnya, Selasa (24/10/2023).

Kolaborasi Ilmu dan Tradisi dalam Konservasi Rajamala

Bau dupa yang dibakar menyengat hidung saat Espos dan pengunjung lain melangkahkan kaki di dalam Museum Radya Pustaka Solo, Selasa (24/10/2023). Suara gending dari gamelan menambah aura sakral di museum itu. Di ruangan museum paling belakang, ada sajen pepak ageng yang terdiri atas tumpeng, jajan pasar, ayam hidup satu ekor, dan keleman (serabi, ketan hitam dan hawuk-hawuk).

Sejumlah ulama dan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat duduk bersila menghadap sajen pepak ageng. Mereka melakukan ritual khu­sus tradisi budaya Jawa. Ada empat meja berukuran besar yang ditutup dengan kain kuning. Tak berapa lama kemudian, sejumlah pria mengusung Canthik Rajamala yang merupakan koleksi ikonik di Museum Radya Pustaka. Mereka memin­dahkan Canthik Rajamala dari ruangan museum ke meja yang ditutupi kain kuning.

Tiga petugas museum lantas me­ngambil air rendaman cengkih, tem­bakau, dan batang pohon pisang yang dikeringkan. Dengan hati-hati mereka lantas membersihkan Canthik Rajamala menggunakan air rendaman itu. Aktivitas ini bagian dari upaya konservasi Canthik Rajamala dalam Festival Rajamala 2023.

Kepala UPTD Museum Kota Solo, Bonita Rintyowati, mengatakan momentum ini adalah kali pertama Canthik Rajamala dikonservasi atau menjalani perawatan di mu­seum. Rajamala terbuat dari kayu sehingga membutuhkan ketelitian dan kecermatan saat membersihkan menggunakan air rendaman.

Optimistis Investasi Naik

JAKARTA—Pemerintah Indonesia optimistis mampu mencapai target realisasi investasi pada 2024 sebesar Rp1.650 triliun. Untuk target investasi 2023 yang sebesar Rp1.400 triliun hingga September ini telah tercapai Rp1.053,1 triliun atau sebesar 75,2%.

Demikian disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Jumat (20/10/2023). Bahlil dalam paparan realisasi investasi triwulan III 2023 di Jakarta, Jumat, menjelaskan ketegangan dan peperangan yang tengah terjadi di dunia turut memengaruhi situasi ekonomi yang sebelumnya mengalami perlambatan.

“Kalau 2024 memang ini tahun yang penuh misteri. Perang Ukraina dan Rusia belum selesai, sekarang muncul perpecahan ketegangan politik di Timur Tengah antara Israel dan Palestina yang mengarah pada konsentrasi besar. Kemudian ada pula ketegangan politik di Laut China yang juga adem ayem, tapi itu juga bisa berdampak kurang bagus,” kata dia.

Berulangnya Bau Busuk Limbah Ciu di Kali Samin

SUKOHARJO—Warga Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, mengeluhkan bau limbah yang mengalir di Kali Samin. Bau limbah itu sangat menyengat hingga menyebabkan warga mengalami sesak nafas dan sakit kepala.

Aroma tidak sedap itu muncul di sepanjang bantaran Kali Samin sejak Bendung Colo dikeringkan pada Senin (16/10/2023) lalu. Seorang warga Desa Pranan, Suradi, saat berbincang dengan wartawan di bantaran Kali Samin, Selasa (24/10/2023) siang mengatakan kondisi tersebut kerap terjadi setiap tahunnya.

“Setiap Bendungan Colo ditutup limbah yang mengalir di Kali Samin cukup pekat. Berbau busuk, bikin kepala pusing dan sesak nafas. Setiap tahun pasti ada [pencemaran limbah di sungai] tapi yang paling menyengat kali ini,” ungkapnya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (25/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya