SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (4/9/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Harian Umum Solopos hari ini, Senin (4/9/2023), mengangkat headline tentang partai politik yang menyiapkan strategi baru setelah munculnya pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyusul hengkangnya PKB dari koalisi dengan Gerindra.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan bertemu di DPP PDI Perjuangan pada Senin (5/9/2023), untuk membahas kriteria bakal calon wakil presiden (cawapres). “Namanya politik, tidak mungkin tidak disinggung dalam rapat. Bisa saja melihat kriteria [cawapres],” kata Baidowi atau Awiek sapaan akrabnya, Minggu (3/9/2023).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Namun, dia mengatakan meskipun membahas kriteria cawapres, belum tentu pertemuan tersebut mengambil keputusan sosok yang akan mendampingi Ganjar di kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, empat parpol koalisi akan hadir dalam pertemuan tersebut yaitu PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo. Awiek menilai pertemuan tersebut penting karena semakin membuat kongkret langkah pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Menurut dia, pertemuan parpol koalisi tersebut akan membahas semua dinamika politik nasional, termasuk langkah PKB yang berkoalisi dengan Partai Nasdem dan PKS serta mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pengurus PDIP sendiri meyakini PPP tidak akan hengkang dari koalisi pengusung bakal calon presiden (bacapres), Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

Namun demikian, tak menutup kemungkinan muncul dinamika politik yang bergulir menjelang dibukanya pendaftaran bacapres-bacawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober. Hal ini diungkapkan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani seusai acara penutupan Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 di Benteng Vastenburg, Sabtu (2/9/2023) malam. Menurut Puan, saat ini, PPP masih dalam gerbong koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Puan meyakini partai berlambang kabah itu komitmen mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia.

Siap-siap Harga Beras SPHP Naik

SOLO—Harga beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di tingkat konsumen akan resmi naik mulai Senin (4/9/2023). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Cabang Perum Bulog Solo, Andy Nugroho, saat dihubungi Espos pada Minggu (3/9/2023).

Harga beras SPHP akan naik dari Rp8.300/kilogram (kg) menjadi Rp9.500/kg. Kenaikan ini, menurut Andy menyesuaikan surat dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada akhir Agustus 2023 lalu. “Benar [ada kenaikan], kenaikan harga tebus beras SPHP dari Rp8.300/kg menjadi Rp9.950/kg di gudang Bulog tersebut sesuai surat dari Bapanas dan berlaku mulai 1 September 2023,” terang Andy.

Ia menguraikan harga eceran tertinggi (HET) akhir untuk beras SPHP tingkat konsumen sebesar Rp10.900/kg. Andy menjelaskan, Perum Bulog hanya sebagai operator kebijakan tersebut. Sehingga ia tidak mengetahui penyebab pasti kenaikan beras SPHP ini. Sebelumnya, pada acara Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SIGAP SPHP), Senin (28/8/2023). Andy menjelaskan stok beras di Perum Bulog Solo mencapai 16.000 hingga 18.000 ton. Sementara itu, realisasi pengadaan untuk program SPHP sejauh ini mencapai 19.000 ton.

Pemda Didorong Gelar Acara

JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan capaian wisatawan Nusantara (wisnus) selama enam bulan pada 2023 atau hingga hingga Juni menyentuh angka 433 juta perjalanan. Kemenparekraf mendorong pemerintah daerah (pemda) mengadakan event untuk mencapai target kunjungan 1,2 miliar.

“Targetnya tahun ini 1,2 miliar sampai 1,4 miliar kunjungan. Yang sekarang sedang kami lakukan dengan penyesuaian BPS adalah melalui modifikasi algoritma mobile positioning data untuk wisnus. Jadi targetnya nanti karena Idulfitri sudah berlalu dan libur sekolah juga sudah berlalu, kami hanya punya satu lagi peluang peningkatan wisnus yang libur akhir tahun atau Natal dan Tahun Baru,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023) seperti dipublikasikan di laman kemenparekraf.go.id yang diakses Minggu (3/8/2023).

Untuk mengejar sisa perjalanan yang dibutuhkan adalah 766 juta perjalanan, Kemenparekraf mendorong pemerintah daerah menggelar event daerah. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta mengundang komunitas dan lain-lain di luar wilayah kabupaten untuk menghadiri event, khususnya yang didukung Kemenparekraf, seperti Kharisma Event Nusantara (KEN).

Baju Bekas Impor Masih Punya Panggung

SOLO—Sejumlah pedagang dan pelaku usaha pakaian bekas impor alias thrifting menyebut penjualan kembali membaik pada Juli dan Agustus. Mereka menyebut larangan berjualan pakaian bekas impor sempat membuat penjualan turun hingga 30%.

Meski mengalami peningkatan penjualan, para pedagang saat ini mengeluhkan harga baju bekas impor yang kian mahal. Mereka juga menyebut saat ini para pembeli juga lebih teliti dan memilih beberapa desain atau merek yang diinginkan. Salah satu pedagang thrifting asal Boyolali, Firman Arfian, mengatakan penjualannya cukup meningkat pada Agustus. Dia menyebut peningkatan penjualan itu seiring banyaknya acara kolektif digelar seperti Solo Market Fest di Convention Hall Terminal Tirtonadi.

“Sekarang sudah lumayan jualannya, enggak sesepi dulu waktu awal-awal larangan penjualan baju bekas impor oleh pemerintah. Naiknya lumayan sampai 80% dibandingkan Juli. Acara thrifting juga makin banyak, setelah sebelumnya di Karanganyar, sekarang ada di Terminal Tirtonadi sejak Rabu [30/8/2023],” ujarnya kepada Espos, Minggu (3/9/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (4/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya