SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (16/12/2023).

Solopos.com, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (16/12/2023), mengangkat headline tentang isu geopolitik global serta tahun politik di dalam negeri masih menjadi tantangan perekonomian pada 2024 mendatang. Hal tersebut membuat sebagian pelaku usaha memilih menunggu perkembangan situasi dengan tidak banyak melakukan ekspansi.

Di sisi lain ada pula sisi optimisme, terutama berkaitan dengan konsumsi dalam negeri. Diberitakan Solopos hari ini, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo, Respati Ardi, mengatakan yang paling terpengaruh dengan persoalan geopolitik global adalah para pelaku ekspor dan impor.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“Sebab itu juga bergantung pada pasar. Masih ada sisi pesimisme karena perang global belum selesai. Apalagi mendengar dari teman-teman Hipmi yang lain yang bergerak di mebel, kondisinya juga belum bagus,” kata dia, Kamis (14/12/2023). Meski begitu, saat ini masih ada harapan besar perekonomian dalam negeri yang tumbuh dari sisi permintaan domestik.

Siaran pers Bank Indonesia yang diunggah di www.bi.go.id menyebut pertumbuhan eko-nomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2023 tetap tumbuh sebesar 4,94% (tahunan, year-on-year, yoy).

Hal ini sedikit melambat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,17% (yoy). BPS menyebut ke depan pertumbuhan ekonomi akan didukung oleh permintaan domestik, baik konsumsi swasta dan pemerintah, maupun investasi. Dengan perkembangan tersebut, diperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 tetap pada kisaran 4,5%-5,3%.

Fasilitas Terbatas, Guru SMAN 9 Solo Pun Urunan

Para siswa dan orang tua di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Solo terlihat hilir mudik keluar masuk ruang kelas untuk menerima rapor semester I, Jumat (15/12/2023). Pembelajaran di SMA yang berada di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, itu memang baru berjalan enam bulan atau satu semester.

Di SMA yang fasilitasnya masih harus berbagi dengan SDN Mojo itu segalanya masih serba terbatas. Plt. Kepala SMAN 9 Solo, Harmani, mengakui tidak mudah memulai sekolah baru yang baru dibuka tahun ini untuk memperluas cakupan zonasi SMA. “Guru sebagian dibantu dari SMAN 5, dari SMAN 1 juga ada, kemudian SMAN 3, SMAN 4, SMA MTA, dan SMA Al-Muayyad. Ini rata-rata guru tambah jam, bukan pemenuhan jam,” kata dia ketika ditemui Espos di kantornya, Jumat.

Dia mengatakan guru harus dobel mengajar di SMA masing-masing dan di SMAN 9. Normalnya guru Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam sepekan mengajar 24 jam. Namun lantaran harus memenuhi tugas mengajar di SMA baru tersebut, rata-rata para guru bisa mengajar sampai 30 sampai 36 jam.

Mencari Jalan Keluar Problem Kesehatan Mental

“Jujur, hidup di usia 20-an itu berat banget. Kita di fase serba salah. Ngikutin mimpi, dibilang terlalu ambisi. Ngikutin alur, dibilang terlalu pasrah…Kadang isi kepala sampai bingung maunya apa. Terlalu banyak hal rumit. Tentang karier, usaha, pasangan dan uang…” Begitu bunyi unggahan akun Instagram kreator digital @abouthify, Jumat (1/12/2023).

Akun @abouthify yang secara terang memperkenalkan diri sebagai akun yang fokus membahas perasaan, kehidupan, self development gen Z dan milenial Indonesia. Akun itu rajin mengunggah kata-kata atau kutipan (quote). Akun @abouthify juga mengunggah pernyataan bahwa 2023 merupakan tahun paling berantakan.

“Tahun ini [2023] adalah tahun yang paling berantakan, tapi di tahun ini aku menemukan versiku yang paling kuat.” Unggahan itu disukai 240.000 akun dan dibanjiri 580 komentar. Orang beramai-ramai mengomentari unggahan itu. Mereka mengungkapkan keluh kesahnya.

Rohingya Mengetuk Kemanusiaan Indonesia

JAKARTA—Kondisi 139 pengungsi muslim-Rohingya yang tiba di Aceh pada awal Desember 2023 semakin memprihatinkan. Perdebatan tentang kedatangan mereka terus berlangsung dan pemerintah Indonesia tak siap menghadapi kenyataan.

Kini, pengungsi yang tiba dengan kapal reyot itu ditampung di sebuah lokasi di kawasan Dermaga CT-1 milik Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), di Kota Sabang, Aceh. Pihak berwenang mendirikan empat tenda berwarna putih sebagai tempat tinggal sementara para pengungsi. Ada pula terpal untuk alas duduk atau tidur.

Sesekali sebagian warga lokal secara sembunyi-sembunyi memberikan mereka makanan ala kadarnya. Karena tak ada bantuan makanan dan obat, sebagian pengungsi terutama anak-anak mulai jatuh sakit. Yang paling umum adalah gatal-gatal di kulit dan kepala. Tidak sedikit pula yang diare.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (16/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya