SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (27/2/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem selama periode pancaroba atau peralihan musim yang diprakirakan berlangsung Maret-April 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Selasa (27/2/2024)

”Selama periode pancaroba, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan fenomena hujan es,” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam pernyataan resmi di situs BMKG, Senin (26/2/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Dwikorita menyampaikan berdasarkan analisa dinamika atmosfer yang dilakukan BMKG terlihat saat ini puncak musim hujan telah terlewati di berbagai wilayah Indonesia, khususnya bagian selatan Indonesia. Hal inimengindikasikan bahwa wilayah tersebut akan mulai memasuki peralihan musim di bulan Maret hingga April.

Dwikorita menjelaskan salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului oleh adanya udara hangat dan terik pada pagi hingga siang hari.

Hal ini terjadi karena radiasi matahari yang diterima pada pagi hingga siang hari cukup besar dan memicu proses konveksi (pengangkatan massa udara) dari permukaan Bumi ke atmosfer sehingga memicu terbentuknya awan. Karakteristik hujan pada periode ini, lanjut Dwikorita, cenderung tidak merata dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Malam Ini Sisi Utara Simpang Joglo Ditutup

SOLO—Penutupan jalan di kawasan Simpang Joglo Solo bakal berlangsung mulai Selasa (27/­2/2024) malam ini pukul 21.00 WIB. Penutupan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo bersama Satlantas Polresta Solo untuk sisi utara Simpang Joglo. Sedangkan Simpang Joglo sisi selatan masih dibuka dengan berlaku dua arah.

Rencana penutupan itu disampaikan Kepala Dishub Kota Solo, Taufiq Muhammad melalui Whatsapp kepada Espos, Senin (26/2/2024) siang. Taufiq menjelaskan penutupan sisi utara Simpang Joglo untuk pembangunan tahap III Underpass Joglo.

Menurut dia, pembangunan Underpass Joglo tahap III meliputi pekerjaan underpass di tengah Simpang Joglo, Rabu (28/2/2024) sampai Selasa (30/4/2024). Meski sisi utara ditutup, namun pengguna kendaraan masih bisa melewati sisi selatan Simpang Joglo. Jalan di sisi selatan Simpang Joglo hanya diperuntukkan bagi sepeda motor dan mobil biasa karena ruas jalan di situ cenderung menyempit.

12 Negara Jadi Prioritas Ekspor

JAKARTA—Ekspor Indonesia masih menunjukkan resiliensi di tengah ketidakpastian ekonomi global. Pemerintah mencatat nilai ekspor Indonesia pada Januari 2024 yang senilai US$20,52 miliar turun 8,34% dibanding ekspor Desember 2023. Saat ini, Satgas Peningkatan Ekspor menetapkan 12 negara prioritas untuk mendongkrak volume maupun nilai ekspor.

Mengutip laman Indonesia.go.id, Senin (26/2/2024), pemerintah terus memantau dampak transmisi perlambatan ekonomi global terhadap perekonomian nasional menyusul tingginya tensi geopolitik di kawasan Eropa dan Timur Tengah yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Imbas dari kondisi itu, perdagangan dunia ikut terkena terdampak.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan kinerja ekspor Indonesia sepanjang Januari-Desember 2023 tergerus 11,33% dibandingkan periode yang sama pada 2022 (year on year/yoy). Nilai ekspor sepanjang tahun adalah sebesar US$268,82 miliar. Pencapaian tersebut lebih rendah dibandingkan dengan 2022 yang senilai US$291,90 miliar.

Megawati Hangestri Meniti Jalur Pemenang

SOLO – Liga Voli Putri Korea musim ini sedang memasuki fase krusial. Perebutan empat posisi teratas di klasemen sangat ketat. Peringkat satu dan dua hampir pasti menjadi milik Hyundai Hillstate maupun Pink Spiders yang terpaut dua poin.

Hyundai berada di peringkat pertama dengan 69 poin dari 30 pertandingan, sedangkan Pink Spiders berada di posisi kedua dengan poin 67 tapi sudah menjalani 31 pertandingan. Perebutan peringkat ketiga dan keempat klasemen tak kalah seru dibandingkan persaingan posisi pertama-kedua.

Saat ini Red Sparks berada di posisi ketiga dengan poin 53 dari 31 laga yang telah mereka jalani, sedangkan GS Caltex menguntit di urutan keempat dengan 48 poin juga dari 31 pertandingan mereka.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (27/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya