SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (24/1/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang masyarakat Indonesia sebagian besar masih belum bagus dalam mengelola keuangan pribadi diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (24/1/2024). Bahkan angka kesehatan finansial Indonesia masih jauh lebih rendah dari angka ideal.

Diberitakan Solopos hari ini, hal itu tecermin dari riset OCBC NISP Financial Fitness Index yang diakses Espos di laman ocbc.id, Selasa (23/1/2024). Riset tersebut mencatat skor kesehatan finansial di Indonesia pada 2023 naik 1,10 poin menjadi 41,16 poin. Angka ini masih jauh dari kata ideal. Sebagai perbandingan angka kesehatan finansial di Singapura ada di angka 61 poin.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Riset tersebut membuktikan sebanyak 53% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan.

Meskipun skor kesehatan finansial meningkat, tapi 72% masyarakat menyatakan belum paham produk investasi. Hanya 8% responden telah melakukan investasi yang lebih terstruktur seperti reksa dana, saham, dan tabungan berjangka.

Riset tersebut juga mencatat 35% responden melakukan pengeluaran besar implusif. Sebanyak 12% memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan. Ada beberapa indikator untuk melihat kesehatan finansial, misalnya financial basic yang meliputi mampu membayar cicilan kredit kepemilikan rumah (KPR), setiap bulan, kemudian mampu berbelanja (di luar kebutuhan sehari-hari) tanpa berdampak pada rencana keuangan, dan lainnya.

Laga Lawan Samurai Biru Penentu Nasib Garuda

SOLO—Pertarungan melawan tim Samurai Biru Jepang akan menjadi penentu perjalanan Indonesia di ajang Piala Asia 2023. Ini adalah pertandingan terakhir Grup D yang bakal digelar Rabu (24/1/2024) petang ini di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar.

Secara head to head, Jepang lebih unggul. Dari 15 kali pertemuan, Jepang menang delapan kali dan kalah lima kali dari Indonesia, sedangkan dua pertandingan sisa berakhir imbang. Kemenangan terakhir Indonesia terjadi di tahun 1981 dalam sebuah uji coba, saat itu Garuda Asia menang 2-0.

Momentum berbeda didapat kedua tim di laga terakhir. Jepang, di luar dugaan tunduk dari Irak dengan skor tipis 2-1. Brace dari Aymen Hussein pada babak pertama hanya mampu dibalas Wataru Endo saat injury time. Sedangkan Indonesia, memberikan kejutan saat mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 melalui penalti Asnawi Mangkualam di akhir babak pertama.

1,5 Juta Wisatawan dari Tiongkok

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menargetkan 14,3 juta kunjungan wisatawan asing pada tahun ini. Sebanyak 1,5 juta di antaranya merupakan wisatawan dari Tiongkok. Momen Tahun Baru China menjadi salah satu andalan.

Demikian disampaikan Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Sindhutrisno. Kehadiran wisatawan mancanegara (wisman) dari negara Tirai Bambu diyakini bisa memberikan pemerataan pariwisata di Indonesia.

“Tahun lalu, kami menargetkan 361.000 turis Tiongkok, tercapai 707.000 orang. Nah, tahun ini, dinaikkan targetnya menjadi 1 juta hingga 1,5 juta, itu akan dibawa 13 penerbangan dengan sejauh ini kapasitas kursi kami hitung sampai 1,1 juta,” katanya kepada media seperti dikutip dari majalahbandara.com, Senin (11/1/2024).

Awal 2024, Kredit Baru Diramal Melambat

SOLO—Penyaluran kredit baru pada triwulan I/2024 diprakirakan melambat dengan saldo bersih tertimbang (SBT) 44,6%. Kredit konsumer juga diprakirakan melambat, termasuk kredit kendaraan bermotor (KKB).

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, mengatakan penyaluran kredit baru triwulan IV/2023 terindikasi meningkat. Hal itu terindikasi dari berdasarkan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) 96,1%.

“Lebih tinggi dibandingkan 95,4% pada triwulan sebelumnya. Peningkatan tersebut terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja. Pada triwulan I 2024, penyaluran kredit baru diprakirakan melambat dengan SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 44,6%,” kata Erwin melalui siaran pers, Selasa (23/1/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (24/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya