SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (16/11/2023).

Solopos.com, SOLO – Isu netralitas aparat pemerintah, baik aparatur sipil negara (ASN) atau aparat keamanan yaitu TNI dan Polri masih terus menjadi perhatian saat ini diulas dalam headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (16/11/2023). Kubu masing-masing capres-cawapres pun terus mengeksploitasi isu netralitas ini.

Diberitakan Solopos hari ini, di antara isu yang berkembang adalah dugaan bahwa ada aparat Polri yang mendukung salah satu parpol dengan membantu memasang baliho. Kemudian ada laporan pula bahwa Penjabat Bupati Sorong, Papua Barat, yang baru saja ditangkap oleh KPK dalam kasus dugaan penyuapan terhadap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pernah diminta menandatangani pakta integritas.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Di salah satu isi pakta itu dikabarkan ada pernyataan komitmen untuk mendukung capres Ganjar Pranowo. Isu netralitas ini juga mencuat di Soloraya. Ada video yang muncul di media sosial X atau Twitter dan juga TikTok pada Selasa (14/11/2023). Video tersebut ramai terpantau di akun Tiktok milik @aseppratama01 dan akun X @mimih6mei.

Dari video yang tidak jelas kapan dibuat itu terlihat seorang wanita berpakaian seragam ASN warna khaki itu mengatakan ada rahasia umum di Boyolali yaitu diarahkan memenangkan PDIP dan memilih Ganjar. “Nek tak denger saka kanca-kanca kui akeh sing dipungut biaya sumbangan karo menangke calon PDIP [Kalau saya dengar, teman-teman itu dipungut biaya sumbangan dan menenangkan PDIP],” kata dia seperti yang dikutip , Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, yang memberikan instruksi tersebut adalah Bupati Boyolali karena memiliki kuasa di Kota Susu. Ia juga mengatakan ASN dan pegawai pemerintah desa (pemdes) didata mana yang bisa diarahkan dan tidak bisa diarahkan atau membangkang. Belum diketahui jelas siapa wanita tersebut, kapan, dan di mana video tersebut diambil.

Rumah Sakit Diserbu, Pasien Ketakutan

GAZA – Invasi Israel di Jalur Gaza, Palestina, terus berlangsung brutal. Kini pasukan Israel menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa, rumah sakit terbesar di wilayah itu. Dr. Munir al-Bursh, direktur umum layanan rumah sakit di Gazza menyebut tentara Israel merusak peralatan-peralatan di ruang bawah tanah rumah sakit dan di gedung lainnya, termasuk di gedung tempat instalasi gawat darurat dan instalasi bedah berada.

“Mereka masih di sini. Para pasien, perempuan, dan anak-anak ketakutan,” ujar dia seperti dikutip Al Jazeera, Rabu (15/11/2023). Al-Bursh menambahkan para dokter sudah bersumpah akan bertahan mendampingi pasien hingga akhir. Al-Bursh juga menyerukan PBB dan Palang Merah Internasional untuk memastikan adanya koridor aman bagi para pasien, staf rumah sakit, dan para pengungsi yang berlindung di rumah sakit itu agar bisa mengungsi.

PBB sebelum ini memperkirakan ada setidaknya 2.300 pasien, staf, dan pengungsi sipil yang berada di rumah sakit itu. Sejumlah sumber Al Jazeera dari dalam RS Al-Shifa juga menyebut tentara Israel menahan lebih dari 200 orang Palestina di halaman kompleks itu. Israel selama ini mengklaim bahwa kelompok bersenjata Palestina, Hamas, memiliki jaringan terowongan, gudang senjata, dan markas bawah tanah di dalam berbagai bangunan sipil termasuk rumah sakit.

Jagung Impor Mulai Datang

JAKARTA—Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan realisasi kontrak impor jagung hingga akhir tahun ini hanya mencapai 171.000 ton dari kuota impor jagung tahap pertama sebanyak 250.000 ton. Sementara itu, sebanyak 20.000 ton jagung impor mulai tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (15/11/2023).

Penugasan impor jagung diberikan kepada Bulog yang ditargetkan rampung sebelum 2023. Buwas mengatakan kontrak impor jagung dilakukan berdasarkan kebutuhan peternak dalam jangka pendek. Selain itu, kapasitas pelabuhan dan waktu bongkar muat menjadi pertimbangan Bulog mendatangkan jagung impor.

“Belum lagi dalam prosesnya itu kan ada prosedur yang harus diikuti, itu enggak cepat juga. Jadi banyak masalah, nanti kami evaluasi,” ujar Buwas saat ditemui di sela-sela rapat kerja bersama Menteri Pertanian dan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Rabu (8/11/2023). Jagung impor didatangkan dari Brasil. Kendati demikian, dia tidak menyebut nama negara yang memiliki kelebihan stok itu.

Skuad Lengkap, Indonesia Siap Tempur Lawan Irak

JAKARTA–Timnas Indonesia senior telah siap bertempur melawan Irak pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB.

Tim Garuda siap berlaga di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Internasional Basra Kamis ini karena pada Selasa (14/11/2023) waktu setempat, semua pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong telah lengkap, minus dua pemain yang absen, Yakob Sayuri (menikah) dan Andy Setyo (cedera).

Setelah pada Senin (13/11/2023) kedatangan lima pemain, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, dan Adam Alis, pada Selasa pagi Timnas Indonesia kedatangan tiga pemain tambahan yang membuat 25 skuad untuk laga melawan Irak lengkap. Ketiga nama pemain yang datang adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (16/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya