SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (31/7/2023).

Solopos.com, SOLO–Membuka awal pekan, Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (31/7/2023), mengangkat headline tentang kondisi luar negeri dan dalam negeri memicu pelemahan drastis industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional.

Diberitakan Solopos hari ini, yang paling memprihatinkan adalah adanya praktik impor secara serampangan yang mengakali aturan-aturan sehingga merusak pasar dalam negeri.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Hal ini diungkapkan Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Dewanto Kusuma Wibowo Santosa, saat berbicara dalam Focus Group Discussion Industry Trends bertema Membaca Arah Ekonomi Lewat Catatan Konsumsi Listrik, Sabtu (29/7/2023), di Radya Litera Multifunction Hall, Griya Solopos, Solo.

Dia menjelaskan bahwa sejak 2022 utilisasi atau kemampuan produksi industri TPT nasional dibandingkan kapasitas yang sebenarnya terus mengalami penurunan. Hal ini secara eksternal dipicu oleh perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan harga bahan baku sektor hulu yaitu serat naik.

Dampak pandemi Covid-19 juga menyebabkan berkurangnya pasar tujuan ekspor. Sementara itu berkepanjangannya perang dagang Amerika dan China menyebabkan produsen TPT harus mencari negara alternatif pasar. China pun mencari pasar bagi barang-barangnya termasuk TPT ke negara-negara yang proteksi pasarnya paling minim.

Selengkapnya simak di Koran Solopos edisi hari ini atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Prabowo Ingatkan Komitmen PKB

JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk tetap mendukungnya di Pilpres 2024.

Prabowo menyampaikan hal itu seusai dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) usungan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam acara Milad ke-25 PBB di ICE BSD, Tangerang pada Minggu (30/7/2023).

Awalnya, Prabowo menyatakan merasa nyaman didukung dan dekat dengan PBB. Lalu, Prabowo melihat Cak Imin yang juga hadir di acara itu. Dia pun langsung menyatakan juga nyaman dekat dengan PKB. Sejak Agustus 2022, Gerindra dan PKB sudah berkoalisi. Oleh sebab itu, dia meminta Cak Imin tak membawa PKB ke lain hati.

“Kalau saya di tengah PBB, saya merasa nyaman. Itu kalau saya di tengah PBB. Kalau saya di tengah PKB, saya merasa nyaman juga. Gus, jangan kemana-mana Gus!” ucap Prabowo.

Ditemui usai acara, Cak Imin pun menyatakan belum punya rencana untuk meninggalkan Prabowo atau Gerindra. Dia menyatakan malah ikut nyaman apabila PBB ikut mendukung Prabowo.

Selengkapnya simak di Koran Solopos edisi hari ini atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Semarak Lurik di Klaten Lurik Carnival

Lurik adalah kebanggaan Klaten, dan kebanggaan itu pun tertuang menjadi semarak kreasi lurik yang aneka warna dan wujud dalam Klaten Lurik Carnival (KLC) yang digelar di sepanjang jalan utama Kota Klaten, Minggu (30/7/2023) siang.

KLC kembali digelar setelah tiga tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19. Kirab KLC digelar di sepanjang jalan utama yakni Jl. Veteran-Jl. Pemuda dari kawasan Taman Lampion, Kecamatan Klaten Utara hingga depan rumah dinas Bupati Klaten. Sebanyak 18 kontingen tampil pada KLC yang berasal dari berbagai perusahaan serta rumah sakit.

Karnaval diawali dengan iring-iringan kereta kencana yang membawa rombongan pejabat Klaten. Bupati Klaten, Sri Mulyani, tampil mengenakan busana kebaya lurik putih dipadukan dengan hiasan lurik berwarna merah marun dengan motif bunga.

Sementara, jajaran Forkopimda mengenakan busana surjan dan kebaya lurik dan batik atau lutik berwarna cokelat dan dipadukan dengan jarit lurik berwarna merah marun.

Masing-masing kontingen kemudian menampilkan desain busana, kostum khas karnaval, payung, yang dibalut kain lurik. Ada pula yang menampilkan busana pengantin elegan yang dikreasikan dengan kain lurik. Selain itu, ada yang menampilkan karya busana kasual dari balutan kain lurik. Karya itu ditampilkan para kontingen yang menggandeng para desainer serta pelaku UMKM di Kabupaten Bersinar.

Selengkapnya simak di Koran Solopos edisi hari ini atau dengan mengakses koran.solopos.com.

Pemkot Solo Didesak Minta Hibah Lahan Vastenburg

SOLO – Penyitaan lahan di Benteng Vastenburg Solo oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) mendapat tanggapan dari sejumlah kalangan. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun didesak meminta hibah tanah benteng ke Kejaksaan sehingga menjadi aset daerah yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Hal ini antara lain disampaikan Ketua Dewan Pemerhati dan Penyelamat Seni Budaya Indonesia (DPPSBI), B.R.M. Kusumo Putro, kepada Espos, Sabtu (29/7/2023). Menurut Kusumo, penyitaan aset kasus tindak pidana korupsi di Solo pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu. Barang sitaan aparat penegak hukum hukum bisa dihibahkan kepada Pemkot Solo.

“Ini bukan kali pertama di Solo. Pernah terjadi juga beberapa tahun lalu. Dan sekarang objek aset yang yang disita telah dihibahkan untuk dikelola Pemkot Solo. Pemkot Solo juga harus melakukan hal sama. Surati Kejagung dan Presiden Joko Widodo untuk meminta agar benteng dihibahkan ke Pemkot Solo,” kata dia.

Menurut Kusumo, ada dua contoh hasil sitaan kasus korupsi yang dihibahkan ke Pemkot Solo. Yakni Ndalem Joyokusuman di wilayah Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon yang dihibahkan oleh Kejaksaan Agung. Ndalem Joyokusuman sebelumnya milik mantan Kepala Bulog, Widjanarko Puspoyo yang terlibat kasus korupsi.

Contoh lainnya rumah milik terpidana korupsi Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Djoko Susilo, yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2017. Rumah tersebut kini dimanfaatkan sebagai museum batik di Sondakan, Kecamatan Laweyan.

Selengkapnya simak di Koran Solopos edisi hari ini atau dengan mengakses koran.solopos.com.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya