SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (2/1/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang pembangunan infrastruktur atau pembangunan fisik dinilai menjadi salah satu pendongkrak perekonomian di Solo menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (2/1/2024). Pembangunan fisik tersebut dinilai juga harus memperhatikan aspek konektivitas dengan wilayah di sekitarnya.

Diberitakan Solopos hari ini, pengamat ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Retno Tanding Suryandari, mengatakan pembangunan infrastruktur serta sejumlah proyek strategis nasional yang berjalan di Solo pada 2023 memberikan dampak positif untuk Solo.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Saya kira selama Pemerintah Kota [Pemkot] Solo konsisten untuk melakukan inovasi-inovasi terkait destinasi wisata yang sudah ada, akan bisa membantu Solo menjadi salah satu destinasi wisatawan domestik maupun internasional,” kata dia, Senin (1/1/2024).

Di sisi lain, dukungan kemudahan akses menuju Solo dengan layanan transportasi juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk pengembangan ekonomi. Dengan begitu masyarakat atau wisatawan maupun orang-orang yang ingin berdagang di Solo juga mudah datang ke Solo.

Terkait pembangunan fisik, Retno mengatakan jika pembangunan infrastruktur akan selalu berkaitan dengan aksesibilitas. Ketika Solo yang sudah memiliki akses dan infrastruktur bagus, mestinya hal itu juga terjadi di daerah-daerah pendukungnya. Sebab jika tidak, menurutnya hal itu tetap saja akan menjadi hal yang tidak menarik.

Tahun Baru, Armada Feeder BST Solo Pun Baru

Momen Tahun Baru ini diwarnai dengan wajah baru angkutan umum perkotaan di Solo. Armada feeder atau kendaraan pengumpan Batik Solo Trans (BST) bersalin rupa. Kalau tadinya mobil-mobil angkutan itu menggunakan Colt T120SS, kini mobil yang digunakan adalah Daihatsu Luxio.

Tak hanya berganti mobil, livery atau dekorasi bodi kendaraan pun baru sama sekali. Meski masih sama-sama bernuansa biru, motif utama dekorasi berupa motif batik Sidomukti yang ada di armada feeder lama sudah tak ada lagi. Kini kendaraan feeder BST menyandang ilustrasi sejumlah bangunan yang menjadi ciri khas Kota Solo seperti jembatan rel layang di Joglo, Stadion Manahan, dan Masjid Raya Syekh Zayed.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meresmikan unit baru feeder Batik Solo Trans (BST) di Plaza Balai Kota Solo, Minggu (31/12/2023) petang. Sebanyak 42 unit baru feeder BST tersebut diharapkan meningkatkan ke-nyamanan penumpang layanan angkutan umum di Kota Bengawan dan sekitarnya. Armada tersebut melayani tiga koridor feeder BST yaitu koridor 7 (Pasar Klewer–Ngipang), koridor 9 (Sub Terminal Semanggi–Sub Terminal Taman Pelangi, dan koridor 12 (Pasar Klewer–Gentan).

Perhatikan Kelas Menengah

JAKARTA—Masifnya urbanisasi dan geliat ekonomi baru akibat digitalisasi menyebabkan tren pertumbuhan kelas menengah di Tanah Air. Pemimpin di Indonesia diminta mulai mewaspadai semakin tingginya ekspektasi soal imaji kehidupan yang lebih ideal dari kalangan masyarakat ekonomi kelas menengah.

Sebagai negara berstatus upper-middle income anyar, Indonesia memasuki fase pertumbuhan pesat kalangan ekonomi kelas menengah. Tren ini sebelumnya sempat dirasakan Chili.

Chili bahkan dianggap berhasil mengentaskan kemiskinan dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dengan pesat, sampai-sampai dijuluki Jaguar Amerika Latin. Ekonom dari UGM sekaligus Research Associate Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Evi Noor Afifah menjelaskan tren pertumbuhan kelas menengah di Indonesia terdorong masifnya urbanisasi dan munculnya geliat ekonomi baru akibat tren digitalisasi.

Layanan Masih Dibuka Setelah Salat Jumat

SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengubah jam kerja aparatur sipil negara (ASN) per Selasa (2/1/2024). Salah satunya adalah layanan untuk publik yang tetap buka selepas Salat Jumat.

Perubahan jam kerja tidak menambah atau mengurangi durasi jam kerja ASN. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo Dwi Ariyatno mengatakan Pemkot megubah jam kerja ASN berdasarkan regulasi terbaru berupa Perpres yang ditetapkan pertengahan tahun lalu.

“Kami belum menyesuaikan jam kerja waktu itu, jadi kami baru menyesuaikan pada Januari ini. Durasi jam kerja tak berubah,” kata Dwi saat dihubungi Espos, Senin (1/1/2024). Jam kerja ASN mulai Senin sampai Kamis adalah pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Jam istirahatnya pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Jam kerja Jumat mulai pukul 7.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Istirahatnya pukul 11.30 sampai 13.00 WIB. Sedangkan jam masuk kantor sebelumnya pukul 07.15 WIB.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (2/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya