SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (28/3/2024).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) terkait pemilihan presiden (pilpres) pada Rabu (27/3/2024) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (28/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., tampil menyampaikan argumentasi awal masing-masing dalam sidang pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK, Jakarta.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Anies Baswedan mengatakan waktu-waktu pascapemilu seperti saat ini menjadi momen untuk meneguhkan komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi. Ia mengatakan pemilihan umum yang digelar dengan bebas, jujur, dan adil adalah pilar yang memberikan legitimasi kuat pada pemerintahan terpilih. Namun, menurutnya, Pilpres dan Pileg 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu tidak dijalankan dengan tiga asas tersebut.

“Independensi yang seharusnya menjadi pilar utama dalam penyelenggaraan pemilu, telah tergerus akibat intervensi kekuasaan yang tidak seharusnya terjadi,” ujarnya. Ia memaparkan terdapat serangkaian penyimpangan yang mencoreng integritas pemilu tahun ini, di antaranya adalah penggunaan institusi negara untuk memenangkan salah satu calon yang secara eksplisit tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Selain itu, ia menyebut terjadi pula praktik-praktik intimidasi yang meresahkan dan penyalahgunaan bantuan-bantuan dari negara yang seharusnya untuk rakyat, malah digunakan untuk memenangkan salah satu calon. Bahkan, kata dia, intervensi sempat merambah hingga pemimpin Mahkamah Konstitusi.

Soloraya Siap Sambut Pemudik

SOLO—Banyak perkembangan selama setahun sejak Lebaran tahun lalu di Soloraya, yang membuat musim mudik Lebaran 2024 yang akan datang diyakini lebih menyenangkan. Misalkan saja pembukaan secara fungsional jalan tol Solo-Jogja yang rutenya lebih panjang menjadi 22 km.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Proyek PT Jasa Marga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin, dalam Webinar Sapa BUMN: Mudik Gayeng 2024, yang diselenggarakan Solopos Media Group dan disiarkan di kanal Youtube Espos Live, Rabu (27/3/2024).

Dia menyebut saat Lebaran 2023, pembukaan fungsional tol Solo-Jogja telah dibuka sementara, lalu diulangi pada masa lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan panjang rute menjadi 13 km. “[Lebaran] tahun ini secara konstruksi kami menyiapkan exit-nya bertambah di Ngawen kemudian kami siapkan 3 km lagi secara konstruksi sampai ke Desa Demak Ijo [Karangnongko, Klaten],” kata dia.

Kelas Menengah Butuh Insentif

JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai pemerintah juga perlu memberikan insentif untuk masyarakat kelas menengah, khususnya di sektor pendidikan dan kesehatan.

Wakil Ketua Umum (WKU) Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi menyebut masyarakat kelas menengah memerlukan insentif yang berdampak signifikan dalam meningkatkan konsumsi domestik, misalnya pada aspek pendidikan dan kesehatan.

“Kami melihat insentif pada dua sektor ini penting tidak hanya dalam jangka pendek, namun juga jangka panjang,” kata Yukki, Senin (25/3/2024). Apalagi, 53,8% dari produk domestik bruto atau PDB nasional pada kuartal IV/2023 disumbang konsumsi domestik. Kadin menilai pentingnya menjaga daya beli masyarakat, utamanya kelas menengah dan bawah.

Lagi, Pengedar Uang Palsu Tertangkap

SUKOHARJO–Peredaran uang palsu (upal) pantas diwaspadai warga di Kabupaten Sukoharjo. Sebab tiga pengedar upal ditangkap di Kartasura setelah sebelumnya polisi juga menangkap pengedar yang menyewa indekos di Polokarto.

Polisi menangkap tiga tersangka kasus peredaran upal recehan, Senin (11/3/2024). Kasus itu dibeberkan oleh Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, saat jumpa pers di kantornya, Rabu (27/3/2024). Dia mengatakan ketiga tersangka berperan sebagai perantara. Mereka bertugas mengedarkan upal dengan memanfaatkan momen jelang Lebaran. Upal itu masing-masing berbentuk menyerupai uang kartal kertas Rp50.000.

Sigit mengatakan pengungkapan kasus peredaran uang palsu itu berawal dari informasi masyarakat. Petugas lantas menindaklanjuti dengan menyelidiki peredaran uang palsu di wilayah Kecamatan Kartasura. “Petugas lantas menyanggong di sekitar area hotel dan menangkap tiga tersangka kasus peredaran uang palsu. Ketiga tersangka itu berperan sebagai perantara,” kata dia di Mapolres Sukoharjo, Rabu.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (28/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya