SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (28/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) prihatin terhadap kemunduran demokrasi Indonesia diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (28/10/2023). Ini merujuk sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendukung putranya maju sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan partainya sangat mencintai Presiden Jokowi dan mendukungnya sebagai presiden secara total. Namun, Hasto mengaku sangat sedih melihat perkembangan akhir-akhir ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hasto menyampaikan keprihatinan itu kepada Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey yang mengunjungi Kantor DPP PDIP, Jl. Diponegoro No. 58, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). Dominic adalah Duta Besar Inggris yang baru untuk Indonesia. Dalam kunjungan itu, Dominic dan Hasto membahas situasi demokrasi di Indonesia akhir-akhir ini.

Melansir keterangan tertulis PDIP, Dominic sempat bertanya perihal hubungan PDIP dengan Jokowi setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mendaftarkan diri sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Rabu (25/10/2023). Prabowo adalah calon presiden (capres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pasangan calon (paslon) ini juga sudah melakukan tes kesehatan pada Kamis (26/10/2023). Gibran yang kini menjabat Wali Kota Solo secara formal merupakan kader PDIP. Namun, saat maju sebagai cawapres, dia diusung KIM yang beranggotakan PartaI Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaum Muda Aktor Perubahan Melawan Keterbatasan

Kaum muda kerap dijadikan target pemasaran hingga basis dukungan para kontestan pemilu. “Muda” juga sering menjadi label dalam kampanye politik elektoral. Namun, banyak orang muda yang menjadi aktor perubahan dan berkarya meski dalam keterbatasan.

Tidak mudah bagi Muhammad Cahyadi meraih gelar guru besar pada usia 37 tahun. Dia adalah profesor termuda Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di bidang bioteknologi peternakan.

“Saya hanyalah anak petani dari Lahat, Sumatra Selatan. Namun, sejak SMA saya mengenali diri saya. Memang saya orang yang cukup berambisi, senang mendapat gelar terbaik atau yang lainnya. Hal itulah yang terus membuat saya mengenali potensi terbaik saya dan berhasil meneruskan pendidikan ke Universitas Gadjah Mada [UGM],” ujar Cahyadi saat ditemui Espos di Fakultas Peternakan UNS, Senin (23/10/2023).

Utak-atik Pola Kerja Sama Pariwisata

SOLO – Kota Solo kini mempunyai magnet wisata yang cukup kuat. Beberapa objek dan destinasi wisata yang baru dibuka pada 2023, memberikan wajah baru bagi Kota Solo. Di antaranya Masjid Sheikh Zayed, Galeri Lokananta, Solo Safari, Pracima Tuin, dan street art market dan kuliner di sepanjang Koridor Gatsu dan Ngarsopuro tiap akhir pekan.

Destinasi baru tersebut menjadikan Solo panen wisatawan. Jumlah pengunjung Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, pada libur sekolah Juli 2023, mencapai sekitar 30.000 orang/hari. Sementara pengunjung Solo Safari pada H+2 Idulfitri, diklaim mencapai 12.000 orang.

Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang menjadi tugas Pemkot Solo dan pelaku usaha pariwisata dalam memaksimalkan potensi pariwisata Kota Solo. Tingkat kunjungan wisatawan Kota Solo saat weekdays masih minim. Kedua, lama waktu tinggal di hotel atau length of stay di Kota Solo masih pendek. Ketiga, menengok situasi Masjid Sheikh Zayed Solo, lahan parkir yang representatif masih belum tersedia dengan maksimal.

Semangat Membara Walau Gaji Satu Koma

Solopos.com, WONOGIRI — Di balik semboyan pantang pulang sebelum padam, ada risiko besar yang mengintai para pemadam kebakaran (damkar), termasuk petugas damkar di Wonogiri. Selain meningkatkan potensi kerugian akibat kebakaran, persebaran distribusi pos damkar yang belum merata di Wonogiri juga meningkatkan risiko kecelakaan para damkar.  

Ayiep Donni sudah delapan tahun menjadi petugas damkar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Wonogiri. Selama itu pula, ia menanggung risiko tinggi yang bisa saja menimpanya sewaktu-waktu. Meski begitu, tak ada satu pun keraguan dalam dirinya untuk tetap terjun memadamkan api betapa pun besar risiko yang dihadapi. 

Sebagai petugas damkar, Donni harus siap siaga setiap saat ketika ada musibah kebakaran baik yang menimpa rumah atau bangunan lain dan lahan hutan. Dia sudah tidak bisa menghitung berapa kejadian kebakaran berisiko tinggi yang dia dan teman-temannya tangani. Panas, dehidrasi, dan sesak napas akibat asap kebakaran sudah menjadi makanan ketika mereka memadamkan kebakaran. Nyawa pun menjadi taruhannya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (28/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya