SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (11/12/2023).

Solopos.com, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (11/12/2023), menyajikan beragam berita menarik. Salah satunya ulasan  tentang Kota Solo diprediksi semakin sesak seiring terus tumbuhnya jumlah penduduk selama beberapa dekade mendatang.

Diberitakan Solopos hari ini, penguatan daerah perdesaan dan permukiman vertikal mendesak dilakukan untuk mencegah arus urbanisasi di Solo. Akademisi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Rony Gunawan Sunaryo, mengatakan saat ini Solo masuk dalam 10 besar kota terpadat di Indonesia. Kepadatan penduduk Solo, kata dia, berada di peringkat kedelapan kota terpadat di Indonesia.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Solo terancam bertambah sesak karena luas wilayahnya kecil tetapi penduduknya bertambah terus. Karena pembangunan horizontal hampir tidak mungkin terjadi tanpa berbenturan dengan kabupaten lain, Solo hanya bisa pembangunan vertikal dan jika tidak segera dilakukan akan semakin sesak,” ujar Rony saat berbicara dalam diskusi Bahaya Laten Urban Sprawl: Racun Pembangunan Kota Berkelanjutan yang merupakan bagian dari Urban Social Forum, Sabtu (9/12/2023).

Rony menyoroti dari 10 besar kota terpadat di Indonesia, hanya Solo dan Yogyakarta yang merupakan dua kota di luar Daerah Khusus Ibukota dalam daftar tersebut. Menurutnya, Solo memiliki kepadatan penduduk seperti New York.

Meroket Tanpa Kampanye

JAKARTA—Meski belum berkampanye secara terbuka, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terus melejit dalam survei menjelang debat perdana 12 Desember 2023. Meski demikian, klaim menang satu putaran sulit terwujud.

Indikator Politik Indonesia menyebut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 itu unggul telak apabila pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) digelar saat ini. Proyeksi itu dibuat berdasarkan simulasi surat suara tiga pasangan yang akan ikut kontestasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Polanya tidak berubah, Pak Prabowo-Gibran itu sekarang 45,8% naik kurang lebih sekitar 5%–6% dibandingkan dengan bulan lalu,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat konferensi pers daring, Sabtu (9/12/2023).

Industri Keramik Lokal Membaik

JAKARTA—Utilisasi atau penggunaan keramik pada Desember 2023 menurut laporan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mencapai 78% setelah sebelumnya pada kuartal I/2023 hanya 75% di tengah gempuran produk China dan isu dumping yang diberlakukan negara itu.

Mengutip laman kemenperin.go.id yang diakses Minggu (10/12/2023), industri keramik di Indonesia semakin berkembang dan berpotensi lebih berdaya saing. “Prospek industri keramik dalam jangka panjang cukup baik seiring dengan pertumbuhan pasar dalam negeri yang terus meningkat karena ditopang pertumbuhan pembangunan, seperti properti dan perumahan,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Andi Rizaldi di Garut, Jawa Barat, Kamis (7/12/2023).

Andi mengemukakan industri keramik beserta sektor terkaitnya, seperti produsen ubin, saniter, tableware, kaca, refraktori, serta produk mineral nonlogam lainnya telah memberikan kontribusi signifikan dalam mendongkrak perekonomian nasional. “Apalagi perkembangan investasi industri keramik di Indonesia terus tumbuh sehingga memacu dari sisi kapasitas, perolehan devisa, maupun penyerapan tenaga kerja,” kata dia.

Sarmo Akui Aksi Keji di Ruang Interogasi

Sarmo, warga Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, resmi menjadi tersangka kasus pembunuhan berantai. Dua nyawa dihabisinya dengan racun potasium sianida.

Polisi telah lama mengintainya. Pengintaian itu menyusul adanya dua orang hilang, satu warga Klaten dan satu lainnya warga Wonogiri. Namun, bukti belum cukup menjerat pria berusia 35 tahun itu.

Namun, kasus pembunuhan berantai yang tertutup selama lebih dari satu tahun akhirnya terungkap. Tepatnya mulai saat Sarmo tersandung kasus pencurian gergaji. Dia ditangkap polisi pada Senin (4/12/2023) terkait kejadian pencurian gergaji mesin di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Senin (13/11/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (11/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya