SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (13/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat untuk mengawal jalannya proses Pemilu agar tidak terjadi kecurangan dalam setiap tahapannya diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (13/11/2023).

”Jangan biarkan kecurangan Pemilu yang akhir-akhir ini terlihat sudah mulai akan terjadi lagi. Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani,” kata Megawati lewat akun YouTube PDI Perjuangan, Minggu (12/11/2023). Menurutnya mengawal dan menegakkan demokrasi adalah kewajiban sebagai warga bangsa, dan bahkan menjadi keharusan setiap anak negeri dan bangsa agar tidak terjadi kesewenang-wenangan.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

”Karena itulah terus genggam erat semangat reformasi itu. Jangan lupa, terus kawal demokrasi berdasarkan nurani. Jangan takut untuk bersuara, jangan takut untuk berpendapat, selama segala sesuatunya tetap berakar pada kehendak hati rakyat. Terus kawal dan tegakkan demokrasi!” tegas Mega.

Mega juga mengingatkan agar kedaulatan rakyat terus dijunjung tinggi dan rekayasa hukum tidak boleh terjadi. ”Hukum harus menjadi alat yang menghadirkan kebenaran. Hukum harus menjadi alat mewujudkan keadilan. Hukum harus menjadi alat mengayomi seluruh bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan pidato Megawati adalah sebuah panggilan kepada seluruh komponen bangsa untuk terus melawan kegelapan demokrasi.

Garuda Muda Harus Manfaatkan Peluang

SOLO—Para Garuda Muda penggawa timnas Indonesia U-17 harus memanfaatkan peluang dalam pertandingan kedua mereka di Grup A melawan Panama. Mereka akan berhadapan dengan tim asal Amerika Tengah itu di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). Hasil pertandingan perdana menghadapi tim kuat Ekuador wajib menjadi bahan referensi untuk penajaman dan perbaikan kinerja tim.

Riski Afrisal yang memberikan assist untuk gol Arkhan Kaka di pertandingan melawan Ekuador me­ngaku belum puas dengan penampilannya. Dia pun kecewa karena tidak dapat memenuhi target untuk meraih poin penuh. ”Tapi kami bersyukur bisa menda-
patkan satu poin di pertandingan tersebut,” ujarnya.

Riski Afrisal berharap pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti kembali memberikannya kesempatan bermain. Setelah mencatatkan assist, dia ingin mencetak gol ke gawang Panama U-17. ”Dan bisa membantu Timnas Indonesia U-17 meraih tiga poin,” ucap pemain asal klub Madura United tersebut. Karena itu, Risky Afrizal pun mengajak suporter Timnas Indonesia U-17 untuk kembali memenuhi Stadion GBT. Sebab, dukungan dari tribun penonton akan membuat para pemain lebih bersemangat.

Setelah Jatuh, Keyakinan Konsumen Membaik

JAKARTA—Optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian meningkat pada Oktober 2023. Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2023 sebesar 124,3 atau lebih tinggi dibandingkan dengan September 2023 yang sebesar dengan 121,7.

Direktur Departemen Komunikasi BI Nita A. Muelgini menyampaikan menguatnya keyakinan konsumen pada Oktober 2023 didorong meningkatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan. Jika diperinci, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Oktober 2023 tercatat masing-masing sebesar 114,4 dan 134,2.

“IKE tercatat meningkat terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (8/11/2023). Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tersebut tercatat sebesar 117,5, naik 7,9 poin dari September 2023.

Boikot Belum Efektif Hentikan Israel

JAKARTA—Seruan boikot terhadap produk perusahaan yang berafiliasi atau mendukung kampanye penindasan Israel atas Palestina terus berlangsung. Itu belum cukup menghentikan Israel membantai warga sipil Palestina dan mengepung rumah sakit-rumah sakit di Gaza.

Tragedi kemanusiaan di Gaza yang ditandai kematian lebih dari 10.000 warga sipil Palestina—termasuk ribuan anak-anak—yang memicu protes global. Bahkan beberapa komunitas Yahudi juga mengutuk pembantaian yang diyakini sebagai genosida warga Palestina itu.

Respons atas tragedi ini adalah seruan global untuk memboikot produk-produk Israel sebagai tindakan protes terhadap perilaku negara Zionis itu. Di Indonesia, gerakan boikot ini semakin gencar mengingat sejumlah produk Israel yang beredar di pasaran lokal. Seruan ini membawa pesan: berhenti mendukung pihak-pihak yang terlibat dalam atau menormalisasi tindakan Israel terhadap rakyat Palestina.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (13/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya