SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (26/3/2024).

Solopos.com, BOYOLALI—Ulasan tentang aneka manuver mulai dilakukan untuk persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (26/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, di Boyolali, empat dari lima partai politik (parpol) yang diprediksi memiliki kursi DPRD setempat telah mengadakan pertemuan yaitu DPC Partai Gerindra, DPD Partai Golkar, DPD PKS, dan DPC PKB.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Espos mendapatkan foto pertemuan para tokoh dari keempat parpol tersebut saat bertemu pada Minggu (24/3/2024). Terlihat Sekretaris Gerindra, Rohmat Junaidi dan anggota partai Aziz Aminudin; Ketua DPD Partai Golkar Fuadi dan sekretaris Wahyu; Ketua DPD PKS Boyolali Nur Arifin dan anggota Ali Hufroni, dan Ketua DPC PKB Boyolali, Eko Mujiono.

Dimintai tanggapannya terkait foto tersebut, Nur Arifin membenarkan terdapat pertemuan dari empat partai tersebut. Namun, ia menyebut lupa secara detail kapan pertemuan tersebut berlangsung. “Yang jelas pertemuan itu pekan lalu. Itu komunikasi awal pascapemilu,” kata dia, Senin (25/3/2024).

Ia menjelaskan sebelum Pemilu, masing-masing saling berkompetisi untuk memperebutkan suara. Seusai Pemilu ini, jumlah kursi sudah diprediksi. Nur Arifin mengatakan dari perhitungan, terdapat satu partai penguasa dengan suara yang cukup signifikan yaitu PDIP dengan 36 kursi.

Krisis Pemain Sebelum Laga Penting

SOLO—Timnas Indonesia akan melakoni laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam, Selasa (26/3/2024) di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. Bermodalkan kemenangan 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas Indonesia mengincar peluang lolos ke Babak ke-3 Piala Dunia 2026 sekaligus lolos otomatis ke Piala Asia 2027.

Namun di tengah situasi penting ini Indonesia justru menghadapi krisis pemain. Setidaknya empat pemain seperti Nadeo Argawinata, M. Riyandi, Yakob Sayuri dan Rafael Struick disebut mengalami demam sesaat sebelum berangkat ke Hanoi.

Sedangkan Sandy Walsh yang kena akumulasi kartu dan Marc Klok yang cedera dipastikan absen di laga ini. Guna mengatasi masalah ini pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil Ernando Ari, M. Ferrari, dan Rachmat Irianto sebagai pengganti.

Industri Tekstil Terpukul Impor Pakaian

JAKARTA—Peluang industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meraup cuan pada momentum Ramadan hingga Lebaran 2024 masih terjegal banjir impor pakaian jadi di pasar domestik. Walaupun pembatasan impor sudah berlaku, namun stok pakaian impor masih menumpuk di pasar.

Kebijakan larangan dan pembatasan (lartas) impor melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 3/2024 atas Perubahan Permendag No. 36/2023 tentang Pengaturan Impor baru diberlakukan per 10 Maret 2024.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI), Redma Gita Wirawasta, mengatakan kebijakan tersebut dapat menahan laju impor pakaian jadi meskipun tidak instan memulihkan pasar dalam negeri.

Rengginan di Istana Negara

Rengginang merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan yang ditanak lalu dibentuk lempeng bulat. Setelah dikeringkan dan digoreng, rengginang menjadi camilan gurih yang sering disajikan di meja tamu saat Lebaran.

Banyak konten di media sosial (medsos) yang mengulas rengginang saat momen Lebaran. Tak sedikit pihak yang memosikan rengginang sebagai camilan yang tak berkelas. Salah satu penyebabnya, rengginang disajikan dalam wadah roti bermerek. Sehingga banyak orang merasa kena prank saat membuka tutup wadah dan menemui rengginang, bukan roti sesuai merek pada wadah.

Namun jangan salah, camilan ini punya cerita dan eksistensinya sendiri. Rengginang merupakan camilan yang pernah disajikan di Istana Negara, di keraton, hingga menjadi komoditas eskpor. Pada 2023, rengginang tak absen dalam daftar ekspor 22 produk makanan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (26/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya