SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (26/9/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (26/9/2023). Ini adalah lompatan bagi Kaesang.

Diberitakan Solopos hari ini, baru akhir pe­kan lalu yaitu Sabtu (23/9/2023) Kaesang resmi menjadi anggota PSI setelah mendapatkan kartu anggota yang disampaikan langsung para pengurus PSI di rumah pribadi keluarga besar Jokowi di Sumber, Solo. Saat itu Kaesang menerimanya bersama sang istri, Erina Gudono.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Putusan pengangkatan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023). Dalam deklarasi tersebut, Giring Ganesha bersama Ratu Ayu Isyana Bagus Oka diangkat menjadi anggota Dewan Pembina DPP PSI. Lalu, Raju Juli Antoni ditunjuk sebagai Se­kretaris Jenderal PSI.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengusulkan nama Kaesang Pangarep menggantikan dirinya dan mengatakan hal tersebut sudah lama dibahas di internal partai itu. ”Sejak video saya yang keluar beberapa waktu lalu, sudah saya katakan ’Sudah saatnya mengembalikan partai ini ke pemilik sebenarnya.’ Saat itu saya sudah sampaikan rekomendasi ke partai bahwa anak muda itu adalah Mas Kaesang Pangarep. Jadi tidak ada itu suksesi tiba-tiba atau dadakan di PSI. Semua sudah sesuai mekanisme organisasi,” kata Giring dalam keterangannya sebelum Kopdar berlangsung, Senin.

Giring memahami jika banyak pihak yang menganggap tak umum jika seorang ketua umum partai merekomendasi­kan nama penggantinya. Namun dia mengatakan PSI selalu berpegang kepada kolektivitas kerja dan usulan tersebut adalah keinginan kader PSI. ”Karenanya sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah. Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. Itu as­pirasi semua kader PSI,” ujarnya.

Mengajak Anak Muda Lakukan Perubahan Bermakna

Anak muda identik dengan ide segar dan sikap terbuka menerima dan melakukan perubahan. Perubahan yang seperti apa? Perubahan yang berdampak besar! Cara melakukannya bakal dibahas di Solopos Youth Forum (SYF) 2023 yang digelar di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, hari ini, Selasa (26/9/2023). Selama seharian SYF 2023 siap menghibur, menginspirasi, dan memotivasi anak muda Indonesia.

Tema yang diusung lekat de­ngan soal perubahan dan dampaknya yang besar. SYF 2023 kali ini mengusung tema Impact for Change – Empo­wering Young People for Better Environment, Creative Industries, & Culture. Tema yang tersebut akan digunakan untuk memantik pembahasan bareng sejumlah tokoh muda inspiratif di bidang masing-masing. Anak muda yang hadir di SYF 2023 diharapkan bisa belajar dengan cara berbeda di forum ini.

Ini menjadi tahun kedua Solopos Youth Forum menyapa generasi muda di Kota Solo. Tahun lalu, SYF mengusung tema Anak Muda Indonesia Bisa Apa? Tahun ini, SYF siap menyajikan cerita dan kisah inspiratif dari para tokoh muda lain. Ada tiga konsep acara yang akan disuguhkan kepada anak muda selama seharian pa­da gelaran SYF tahun ini yaitu Youth Entrepreneur Exhibition, Youth Conference, dan ditutup konser Guyon Waton.

Youth Conference mengundang tokoh muda dengan latar belakang berbeda. Mereka akan berbagi inspirasi dengan anak muda. Salah satunya Gamma Abdurrahman Thohir, anak muda yang menjadi pendiri Nusantara United FC. Selain itu, Gamma menjadi contoh generasi muda yang memiliki kepedulian menyelesaikan ma­salah kesenjangan akses energi antara kota besar dan pedalaman melalui energi terbarukan dengan mendirikan organisasi nirlaba bernama DesaBumi.

Waspada Eksportir Tekstil dari Amerika

JAKARTA—Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mewanti-wanti serbuan eksportir tekstil dan produk tekstil (TPT) dari negara maju, seperti Amerika Serikat hingga Uni Eropa akibat melemahnya permintaan global. Saat ini, industri TPT masih tertekan banjir impor tekstil.

Ketua Umum API Jemmy Kartiwa mengatakan dengan kondisi pelemahan daya beli di negara-negara tersebut akibat inflasi yang tak terbendung, Indonesia dikhawatirkan menjadi sasaran empuk sebagai pasar produk TPT global. Dalam kondisi ini, pemerintah dan pelaku usaha perlu bersinergi untuk menjaga pasar domestik agar tidak dibanjiri produk asing.

Upaya antisipasi penting mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menguat 5,17 persen (year-on-year/yoy). “Kita harus jaga jangan sampai GDP yang baik ini akhirnya ikut turun karena negara-negara pesaing produsen tekstil lainnya itu membidik market Indonesia,” kata Jemmy saat ditemui di Purwakarta, Jumat (22/9/2023).

Pemkot Buka Lowongan 879 PPPK

SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menetapkan penghasilan minimal pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang direkrut pada 2023 ini mulai dari Rp2.513.400 hingga Rp4.890.600. Pada tahun ini, Pemkot membuka 879 lowongan.

Bukan hanya, PPPK nantinya juga mendapatkan tambahan penghasilan. Pantauan Espos, Pemkot Solo membuka pendaftaran PPPK untuk tenaga guru, kesehatan, dan teknis, Senin (25/9/2023). Kebutuhan itu mencapai 879 posisi dengan rentang penghasilan paling rendah di pemula pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo. Untuk kualifikasi pendidikan SMA/sederajat, PPPK mendapat gaji Rp2.513.400 hingga Rp3.381.300.

Selain itu, Pemula Pranata Pencarian dan Pertolongan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo dengan kualifikasi SMA/Sederajat mendapatkan gaji Rp2.513.400 hingga Rp3.381.300. Sedangkan sejumlah lowongan dengan kualifikasi D-III memiliki rentang penghasilan Rp2.851.500 hingga Rp4.015.300. Selanjutnya lowongan dengan kualifikasi S-1 atau D-IV rentang penghasilannya Rp3.186.100 sampai Rp4.396.900.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (26/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya