SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (5/12/2023).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang K.G.P.A.A Mangkunagoro X meluncurkan logo baru Pura Mangkunegaran di Taman Pracima, Solo, Minggu (3/12/2023), menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (5/12/2023). Logo baru Pura Mangkunegaran itu diperkenalkan kepada publik melalui pencantumannya dalam desain Kartu Multi Trip (KMT), kartu pembayaran untuk transportasi umum termasuk kereta komuter.

Diberitakan Solopos hari ini, logo baru Pura Mangkunegaran ini tampak lebih sederhana dibandingkan logo Pura Mangkunegaran sebelumnya. Namun logo baru itu tetap mempertahankan sejumlah unsur utama seperti huruf M, huruf N, dan mahkota. Mangkunagoro X menjelaskan adanya tradisi unik di mana setiap Adipati Mangkunegara memiliki logo yang berbeda-beda.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Dirinya mempelajari logo Pura Mangkunegaran era Mangkunegara IX dan mengambil inspirasi logo dari Mangkunegara VIII. “Meskipun logonya beda-beda namun secara esensi banyak unsur yang dipertahankan, misalkan mahkota, ada sesensi yang sama, kemasannya beda menyesuaikan zaman,” kata dia.

Pembuatan logo itu dilakukan sejak Maret 2023 atau lebih dari delapan bulan. Menurut dia, logo Pura Mang­kunegaran yang baru bukan hasil ­
dari sayembara. Akan tetapi Mang­kunagoro X secara langsung terlibat dalam penyiapannya. Pengenalan logo baru Pura Mang­ku­negaran itu dilakukan melalui Kartu Multi Trip (KMT) karena alasan ter­tentu.

“Dengan inovasi melalui KMT bisa mengenalkan kepada masyarakat supaya punya kenangan bagi Pura Mangkune­garan,” jelas Mangkunagoro X. Soft launching alias peluncuran dan pengenalan logo baru Mangku­negaran dilaksanakan di tengah berlangsungnya konser Mangkunegaran Garden Orchestra dengan konduktor Addie M.S., Minggu malam.

Restrukturisasi Kredit Covid-19 Tak Diperpanjang

JAKARTA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan tidak akan memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit terkait Covid-19 yang bakal berakhir pada Maret 2024. Bahkan, Kepala Ekse­kutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae getol mengingatkan bank untuk waspada dan berhati-hati dalam menghadapi perkembangan situasi ekonomi.

“Restrukturisasi tidak akan kami perpanjang pada Maret 2024 karena kita hanya satu-satunya negara yang tersisa mempertahankan regulasi seperti restrukturisasi dalam konteks Covid-19,” ujarnya dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK) bulanan OJK pada Senin (4/12/2023).

Menurut Dian, rasio cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) perbankan rata-rata berada di atas 56%. Bahkan, menurutnya banyak bank yang mencatatkan CKPN di atas 60%. “Tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan, ketika restruk­turisasi berakhir tidak ada guncangan terhadap kondisi perbankan kita, perbankan tetap solid,” ucapnya.

Konsumsi Cokelat Dalam Negeri Meningkat

JAKARTA—Konsumsi cokelat per kapita di dalam negeri meningkat dari 0,37 kg per kapita pada 2018 menjadi 0,49 kg per kapita di 2022. Pemerintah kini mengoptimalkan produk cokelat artisan bean to bar karena memiliki nilai tambah paling tinggi. Sebagai gambaran, produk artisan bean to bar memiliki nilai tambah 700% hingga 1.500%, sedangkan produk cokelat lainnya berkisar 100% hingga 300%.

Sementara itu, ekspor produk cokelat juga meningkat dari US$45 juta pada 2018 atau setara Rp695 miliar menjadi US$77 juta di 2022 atau setara Rp1,1 triliun. Terdapat kenaikan rata-ratanya mencapai 14,65% per tahun. Catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Indonesia merupakan negara pengolah kakao ketiga terbesar di dunia. Berbagai produk kakao olahan yang dihasilkan adalah cocoa pasta/liquor, cocoa cake, cocoa butter, dan cocoa powder.

Sebagian produk tersebut diolah lebih lanjut di dalam negeri (sekitar 20%) dan selebihnya diekspor ke lebih dari 96 negara di lima benua. “Ekspor produk intermediate tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai pemasok rantai global yang berkontribusi sekitar 9,17% dari kebutuhan dunia,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta, yang dikutip dari laman Indonesia.go.id yang diakses Senin (4/12/2023).

Evakuasi Pendaki Gunung Marapi Terus Dilakukan

JAMBI – Pencarian dan evakuasi terhadap pendaki yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi terus dilakukan. Hingga Senin (4/12/2023) petang WIB tercatat sebanyak 11 pendaki meninggal dunia akibat erupsi Marapi tersebut.

Seperti diketahui, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, erupsi pada Minggu (3/12/2023) dan terdapat 75 pendaki terjebak. Pejabat Hubungan Masyarakat (Humas) Kantor SAR Kota Padang, Sumatra Barat, Jody Harryawan menyatakan sebanyak 11 orang pendaki Gunung Marapi ditemukan meninggal dunia.

“Semua ada 75 orang meliputi 49 orang sudah turun, 26 orang belum (turun). Dari 26 orang itu tiga orang selamat, 11 meninggal, dan 12 orang masih pencarian,” kata dia dikutip Espos dari Antara, Senin. Jody menjelaskan terdapat total 75 orang pendaki Gunung Marapi dengan 49 orang diantaranya sudah turun dan sebanyak 26 orang sisanya belum turun. Dari 26 orang yang belum turun meliputi sebanyak 11 orang pendaki dalam keadaan meninggal dunia yang sedang dibawa oleh tim gabungan untuk turun, tiga orang pendaki dalam proses turun, dan 12 orang yang belum ditemukan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (5/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya