SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (20/3/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan hasil Pemilu 2024 ditetapkan pada Rabu (20/3/2024) siang atau sore ini, seusai menyelesaikan seluruh rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat nasional, diusung menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Diberitakan Solopos hari ini, awalnya KPU menargetkan seluruh provinsi sudah selesai dilakukan rekapitulasi pada Selasa (19/3/2024). Namun ternyata, seperti diungkapkan Komisioner KPU Mochammad Afifuddin, masih ada dua provinsi yang belum siap menjalani rekapitulasi suara secara nasional yaitu Papua dan Papua Pegunungan.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Untuk Provinsi Papua, lanjut Afif, baru selesai dilakukan rekapitulasi tingkat provinsi. Meski demikian, ada kendala teknis seperti masalah tiket pesawat. ”Hari ini Papua induk sudah selesai, diupayakan karena pesawat langsung tidak ada. Papua induk malam ini geser dulu ke sini,” ujar Afif dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa.

Sementara itu, Papua Pegunu­ngan belum selesai melakukan rekapitulasi tingkat provinsi. Penye­babnya menurut Afif karena masih ada satu daerah yang terkendala direkapitulasi yaitu Kabu­paten Tolikara karena masalah keamanan.

”Jadi situasi-situasi ini kami koordinasi dengan kepo­lisian yang membuat kami mem­buat langkah antisipatif, khusus pleno rekap Kabupaten Tolikara tidak dilaksanakan di Wamena atau Jayawijaya tapi digeser di Jayapura. Kemudian teman-teman akan segera ke Jakarta untuk juga melanjutkan pleno nasional ini,” jelasnya.

Partai Nonparlemen Tak Mau Ketinggalan di Pilkada

SUKOHARJO—Partai politik (parpol) nonparlemen tak mau ketinggalan dalam me­­nyongsong pemilihan kepala daerah (pil­kada). Mereka mulai ancang-ancang menjalin komunikasi politik. Pengurus parpol nonparlemen juga ingin menentukan arah politik setelah rekapitulasi penghitungan suara di tingkat pusat rampung.

Meski diperkirakan tak memiliki wakil di DPRD Sukoharjo, gabungan parpol nonparlemen diyakini memiliki kekuatan besar terhadap konstelasi peta politik menjelang bergulirnya Pilkada Sukoharjo. Setidaknya, ada lebih dari 10 parpol yang diperkirakan tak memiliki kursi di parlemen. Parpol nonparlemen itu, yakni Partai Gelora, Partai Demokrat, PSI, Partai Buruh, PBB, PPP, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Perindo, dan Partai Hanura.

Wakil Ketua DPD Partai Gelora Sukoharjo, Fahmi Hakam, menga­takan komunikasi politik dilakukan dengan pengurus parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Namun, tak menutup kemungkinan ko­munikasi politik juga dilakukan terhadap parpol nonparlemen di Sukoharjo.

Hotel Diminta Geber Diskon sampai 40%

JAKARTA–Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku perhotelan memberikan diskon penginapan hingga 40% hingga paket berbuka puasa selama Ramadan sebagai strategi mengatasi periode low season.

Hal itu disampaikan Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024), dikutip dari laman phri.or.id yang diakses Senin (18/3/2024).

Sebelumnya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah memproyeksikan penurunan kunjungan wisatawan asing dan aktivitas wisatawan domestik selama Bulan Ramadan pada rentang 10 Maret hingga 9 April 2024. Meskipun terjadi penurunan tingkat hunian kamar hotel berbintang selama Ramadan, PHRI memproyeksikan tingkat okupansi hotel yang sangat tinggi selama libur lebaran tahun 2024.

73,34% Pengguna Pinjol dari Jawa

JAKARTA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap terdapat 18,07 juta masyarakat menjadi peminjam aktif di platform financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending atau pinjaman online (pinjol) per Desember 2023. Sementara itu, OJK juga mencatat masih ada 16 penyelenggara pinjol yang belum memenuhi ekuitas minimum Rp2,5 miliar.

Jumlah peminjam aktif di platform pinjol itu terungkap dalam laporan bertajuk Indonesia Financial Sector Development Kuartal IV/2023 yang dikutip dari OJK pada Selasa (19/3/2024). Dalam laporan tersebut, peminjam aktif pinjol mayoritas berasal dari pulau Jawa dengan persentase mencapai 73,34%. Sedangkan sisanya berada pada pulau luar Jawa atau sebanyak 26,66%.

Jika diperinci, terdapat 13,25 juta peminjam aktif pinjol berasal dari pulau Jawa dan sebanyak 4,82 juta peminjam aktif dari pulau luar Jawa. Menariknya, jika mengacu data Statistik P2P Lending periode Desember 2023, terlihat adanya tren penurunan sebesar 8,35% peminjam aktif dibandingkan posisi Desember 2022.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (20/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya