SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (17/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang koalisi yang terbentuk dalam Pilkada Solo 2024 bisa bergantung pada hasil Pemilu 2019 atau 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (17/4/2024). Perhitungan tersebut diungkapkan Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

“Tinggal mau pakai hasil Pemilu yang la­ma [2019] atau yang baru [2024]. Kalau pakai hasil Pemilu yang lama, partai koalisi itu yang belum sembilan kursi, harus berkoalisi. Dan di Solo ini kalau pakai hasil Pemilu 2019, hanya PDIP [bisa mengusung sendiri pasangan cawali-cawawali],” ungkap dia saat dijumpai di rumahnya, Senin (15/4/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Rudy menjelaskan jika merujuk hasil Pemilu 2019, PDIP mempunyai 30 kursi DPRD Solo. Kursi sisanya, yaitu 15 kursi, menjadi milik PKS, Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra dan PSI. “Dan yang 15 kursi itu mau koalisi atau tidak,” kata dia.

Bila yang menjadi da­sar adalah hasil Pemilu 2019, Rudy meyakini paling banyak hanya ada dua pasangan cawali-cawawali Solo 2024. “Kalau pakai hasil Pemilu 2019, ya maksimal dua paslon [pasangan calon]. Tinggal PKS, Gerindra, PAN, Golkar, PSI, bersatu atau tidak. Nek bersatu bisa jadi satu paslon. Ting­gal bagaimana mereka,” kata dia.

Dia berpendapat semestinya yang diguna­kan hasil Pemilu 2019. Sebab hasil Pemilu 2024 belum ditetapkan dan belum dilantik. “Mestinya kalau tahapan su­dah dimulai, saya berpikir pakai hasil Pemilu 2019,” urai dia. Se­dangkan bila yang digunakan sebagai dasar pengajuan Cawali-Cawawali Solo adalah hasil Pe­mi­lu 2024, Rudy meyakini bisa ada tiga paslon.

Pihak Terkait Sengketa Pemilu Serahkan Kesimpulan ke MK

JAKARTA—Menjelang pembacaan putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 oleh maje­lis hakim Mahkamah Konstitusi yang dijadwalkan pada Senin (22/4/2024), semua pihak yang terkait dalam si­dang PHPU itu menyerahkan materi kesimpulan sidang, Selasa (16/4/2024). Materi kesimpulan sidang itu menjadi penegas akhir dari semua pihak untuk memperkuat pendapat dan sikap mereka selama ini.

Semua pihak yang terlibat itu men­­­cakup tim hukum pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar se­la­ku pemohon satu dan Ganjar Pra­no­wo-Mahfud Md. selaku pemohon dua. Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon, Tim Pembela Prabowo Subianto-Gi­bran Ra­kabuming Raka selaku pi­hak ter­kait, dan Badan Pengawas Pe­mi­lih­an Umum (Bawaslu).

Mahkamah Konstitusi sengaja mem­buka tahapan penyampaian kesim­­pulan dalam bagian penanganan per­kara PHPU Pilpres 2024 setelah berakhir­nya tahapan persidangan perkara terse­but.

Ekspor Sabun ke Mesir Makin Wangi

JAKARTA—Indonesia tercatat sebagai negara pemasok produk sabun terbesar kedua di Mesir setelah Malaysia dengan nilai ekspor sebesar US$4,48 juta atau senilai Rp71,02 miliar pada 2023. Pencapaian ini merupakan kelanjutan dari keberhasilan ekspor Indonesia ke Madasgaskar dan Kuba pada 2022 lalu.

Adapun total nilai impor sabun ke Mesir sebesar US$27,14 juta. Nilai ekspor tersebut mendominasi 16,54% pangsa pasar sabun di Mesir. Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dalam pertemuan bisnis bersama importir produk sabun Indonesia di Sadat, Minufiyah, Mesir, Kamis (28/3/2024), dikutip dari laman kemendag.go.id yang diakses Senin (15/4/2024).

Turut hadir dalam pertemuan itu Presiden Direktur United Egypt for Commercial and Industrial Investments Mohamed Khallaf; importir turunan minyak sawit Mohamed Breaka, Direktur Pabrik dan konsultan hukum Egyptian Turkish Company for Sweets (Elvan Egypt) Mohamed Hamdy, peneliti University of Sadat City Mohamed Azzazy, dan segenap Otoritas Kawasan Industri di Kota Sadat.

PO Reguler Mampu Layani Seluruh Penumpang

SOLO—Terminal Tipe A Tirtonadi Solo memastikan perusahaan otobus (PO) dapat melayani seluruh penumpang dengan optimal selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono mengatakan meski puncak arus balik telah terlewati, hingga saat ini jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui terminal tersebut masih banyak. “Puncaknya sudah terlampaui ya, total ada 33.604 orang. Meski begitu, di Terminal Tirtonadi masih cukup banyak penumpang reguler yang melakukan perjalanan,” katanya, Senin (15/4/2024).

Para penumpang ini seluruhnya dapat dilayani perusahaan otobus yang beroperasi melalui Terminal Tirtonadi. Sementara itu, total jumlah pemudik yang melintas di Terminal Tirtonadi pada puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Minggu (14/4/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (17/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya