SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (21/10/2023).

Solopos.com, KLATEN–Ulasan tentang Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, yang menjadi salah satu destinasi wisata air terpopuler di Kabupaten Bersinar diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (21/10/2023). Jumlah pengunjung umbul yang dikelola Badan Usaha Milik Desa Sumber Kamulyan tersebut mencapai 569.673 orang selama 2022.

Diberitakan Solopos hari ini, dari pendapatan yang diperoleh, umbul atau mata air di perbatasan Kabupaten Klaten dengan Boyolali itu mampu menyumbang pendapatan asli desa (PAD) untuk Desa Wunut di kisaran ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Tak hanya memberi nafkah bagi puluhan kar­yawan, pendapatan yang diperoleh diman­faatkan untuk membayar pre­mi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan dan kese­hatan untuk ratusan warga. Pendapatan juga dimanfaatkan untuk santunan kematian, santunan warga miskin, dan kegiatan sosial lainnya.

Wunut kini masuk kategori desa mandiri ber­dasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Ter­tinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa mandiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Padahal pada 2016 Wunut masih masuk kategori desa tertinggal. Kisah sukses Wunut bermula dari kucuran dana desa dari pemerintah pusat. Dana desa itu dimanfaatkan pada 2016 untuk menggarap kawasan Umbul Pelem.

PDIP Beri Peringatan Soal Etika Politik

JAKARTA—Makin riuhnya kabar bahwa kader PDIP yang juga putra sulung Presiden Joko Wi­dodo, Gibran Rakabuming Raka, bakal keluar dari partai banteng itu demi menjadi calon wakil presiden bagi capres koalisi yang dipimpin Partai Gerindra, Prabowo Subiyanto, mendapat sorotan tajam dari PDIP.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuang­an (PDIP) Hasto Kristiyanto pun mengingatkan agar semua partai politik tetap menjaga etika politik. Hasto sendiri menyatakan tidak terlalu memikirkan isu Gibran akan menjadi kader Partai Golkar. Hasto mengungkapkan Gibran sebagai kepala daerah yaitu Wali Kota Solo dari PDIP juga sudah ditugaskan untuk menjadi juru bicara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

”[Gibran] tetap sebagai jurkam­nas [juru kampanye nasional] dan juga sebagai jubir Pak Ganjar-Prof. Mahfud di wilayahnya masing-masing,” ungkap Hasto saat dihubungi, Jumat (20/10/2023). Di samping itu, Hasto juga meng­­ingatkan juga kepada partai politik lain agar tidak kele­-
watan batas. Menurutnya, ada etika politik yang tidak boleh dilewati.

Berdamai dengan Cuaca

Suhu udara belakangan ini membuat gerah. Perilaku orang pun berubah. Peranti pendingin ruangan dicari. Stok pangan dipersiapkan. Sejumlah perancang fesyen merilis karya guna menjawab kebutuhan baju yang ramah dipakai saat suhu panas.

Begitu pula penikmat pemandangan alam. Terik siang berlalu, mereka mulai berburu lokasi. Tempat yang memberi suasana adem diserbu, waduk mengering pun jadi. Seperti fenomena warga yang suka menghabiskan sore di Waduk Tandon, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Bahkan pedagang asongan turun ke waduk. Di atas tanah retak mereka membuka lapak.

Puluhan warga duduk di area Waduk Krisak atau Waduk Tandon Wonogiri, Senin (16/10/2023). Tak hanya warga, ada pedagang cilok keliling yang bisa mengantongi Rp300.000 dengan berjualan keliling di area Waduk Krisak. Ada juga pengamen yang menyandarkan pendapatan di waduk yang mengering pada momen kemarau kali ini. Waduk itu mengering mulai Agustus 2023 sebab kemarau. Perlahan, waduk itu berubah menjadi padang rumput luas.

Persis Solo Full Team Hadapi Persita

SOLO—Persis Solo membawa 22 pemain ke Stadion Indomilk Arena untuk menghadapi tuan rumah Persita Tangerang pada pekan ke-16 Liga 1 2023/2024, Minggu (22/10/2023) sore. Dalam skuad yang dibawa, ada Ramadhan Sananta yang baru saja membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah bermain di Brunei Darussalam, Sananta langsung kembali ke Solo. Sananta yang mencetak tiga gol dari dua pertandingan bersama Timnas Indonesia langsung bergabung latihan bersama Persis Solo. Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, kepada Espos, Jumat (20/10/2023), mengatakan skuad Persis Solo telah berangkat menuju Tangerang.

Sananta dalam kondisi baik sehingga masuk dalam skuad tandang ke Tangerang. “Ramadhan Sananta dalam kondisi siap bertanding,” kata Bryan. Dia berharap momentum on fire Sananta di Timnas Indonesia dibawa saat membela Persis Solo melawan Pendekar Cisadane. Persis Solo juga membawa Gavin Kwan Adsit yang baru sembuh dari cedera. Lalu, Alfath Fathier juga masuk dalam susunan line up pemain.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (21/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya