SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (11/10/2023).

Solopos.com, JENEWA – Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (11/10/2023), mengangkat headline tentang semua pihak yang terlibat dalam konflik berdarah di Palestina diminta segera menurunkan ketegangan dan segera memulihkan kondisi kemanusiaan di wilayah Israel dan wilayah Palestina yang terjajah.

Hal itu, seperti diberitakan Solopos hari ini, diserukan ketua bidang hak asasi manusia PBB, Volker Turk. “Kita menghadapi kondisi yang siap meledak. Kita semua tahu bagaimana ini bakal terjadi dan terus berulang, yaitu hilangnya nyawa rakyat Israel dan Palestina dan penderitaan tak terperi yang dialami rakyat kedua pihak,” kata dia seperti dikutip Anadolu, Selasa (10/10/2023).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Semua pihak harus menjunjung hukum kemanusiaan internasional. Kedua pihak harus segera menyetop serangan yang menyasar rakyat sipil dan serangan yang bertujuan membunuh atau melukai sebanyak mungkin orang atau kerusakan terhadap objek-objek sipil,” tegas dia.

Turk juga menyoroti strategi Israel untuk mengurung penuh Gaza yang dinilainya makin memperburuk situasi kemanusiaan dan hak asasi yang selama ini sudah sangat buruk di wilayah itu. “Penerapan blokade penuh yang membahayakan masyarakat sipil dengan menghalangi masuknya pasokan yang vital untuk kelangsungan hidup mereka dilarang keras dalam hukum kemanusiaan internasional,” tukasnya.

Sementara itu Kantor Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) memperingatkan bahwa blokade atas Gaza oleh Israel bisa membuat stok BBM khususnya untuk pembangkit listrik di wilayah itu habis dalam hitungan hari dan bisa memicu krisis air bersih bagi 610.000 orang. Sementara badan dana PBB untuk anak-anak melalui juru bicaranya, James Elder, mengingatkan pula hukum internasional melarang penghentian pasokan barang kebutuhan vital bagi masyarakat sipil.

Senin, MK Putuskan Batas Usia Capres-Cawapres

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan uji materi Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) terkait batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Senin, 16 Oktober 2023.

Putusan ini terkait dengan sejumlah permintaan uji materi UU terkait pembatasan usia minimal capres-cawapres yang diajukan sejumlah pihak. Putusan MK itu akan terkait dengan Perkara Nomor 29/PUU-XXI/2023. Perkara ini diajukan atas nama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang meminta batas usia capres-cawapres diubah menjadi 35 tahun. Kemudian, Perkara Nomor 51/PUU-XXI/2023 dengan pemohon Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Garuda, Yohanna Murtika. Mereka memohon frasa pada pasal yang diuji materi diubah menjadi “berusia paling rendah 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah/wakil kepala daerah”.

Selanjutnya, Perkara Nomor 55/PUU-XXI/2023 yang diajukan oleh Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dan Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa. Berikutnya, Perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 dengan pemohon warga negara Indonesia (WNI) bernama Almas Tsaqibbirru Re A. Ia memohon syarat pencalonan capres dan cawapres diubah menjadi berusia paling rendah 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Lezatnya Ekspor Bumbu Masak

JAKARTA—Kementerian Perindustrian mengajak para pelaku industri kecil menengah (IKM) dalam negeri mengembangkan potensi ekspor bumbu makan Nusantara. Catatan Kementerian Perdagangan, ekspor bumbu masak Indonesia pada 2022 menghasilkan US$175,8 juta, sementara target pada 2024 mencapai US$2 miliar atau setara Rp29 triliun.

“Bisa dilakukan pelan-pelan paling tidak kita bisa sebagai rantai pasok yang memasarkan barang setengah jadi bumbu makanan ke restoran di luar negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita, di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Reni mengatakan Indonesia terbilang eksis sebagai pemasok bumbu makanan ke pasar global karena melimpahnya bahan baku, yakni dari tanaman rempah-rempah di dalam negeri. Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, volume ekspor bumbu makanan Indonesia pada tahun 2022 mencapai sebesar 231.000 ton atau senilai US$175,8 juta.

Air Sumur Pamsimas Susut, 4 Dukuh Krisis Air

KLATEN – Krisis air bersih melanda warga emlat dukuh di Desa Dukuh, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten lebih dari sebulan terakhir. Cuaca panas ekstrem menyebabkan debit air sumur program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) menyusut.

Kepala Desa Dukuh, Rudiyanta, mengatakan krisis air bersih terjadi di empat dukuh yang terdiri atas 12 rukun tetangga atau RT. Rata-rata per RT terdapat  60 keluarga hingga 70 keluarga yang mengalami krisis air bersih. Debit air sumur pamsimas yang selama ini menjadi andalan warga menyusut dalam 1,5 bulan terakhir.

Hanya di wilayah lima RT di Dukuh Jerukan yang terdiri atas180 keluarga yang hingga kini masih bisa mendapatkan air bersih dari sumur pamsimas. Rudi mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya air dari sumur pamsimas masih bisa diandalkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meski memasuki kemarau.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (11/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya