SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (18/9/2023).

Solopos.com, SOLO—Koran Solopos edisi Senin (18/9/2023) hari ini mengangkat headline tentang terbakarnya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo, Sabtu (16/9/2023), memicu berbagai tindakan sekaligus peringatan agar musibah serupa tak berulang di masa mendatang.

Diberitakan Solopos hari ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan suplai makanan dan layanan kesehatan bagi warga yang terdampak kebakaran TPS Putri Cempo. Menurut Gibran belum ada laporan warga sakit akibat kebakaran itu. “Kami stand by dapur darurat, suplai makanan, air putih, dan pemeriksaan kesehatan,” kata Gibran, Minggu (17/9/2023) siang.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Gibran mengatakan pemadaman api TPA Putri Cempo bisa selesai dalam tiga hari. Kondisi terkini kebakaran TPA Putri Cempo sudah lebih baik dibandingkan Sabtu. Dia juga berterima kasih atas bantuan pemadam kebakaran dari sejumlah wilayah dari dalam dan luar Soloraya, termasuk dari Polri yang mengerahkan kendaraan water cannon. Gibran menjelaskan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) aman dari kejadian kebakaran TPA Putri Cempo. PLTSa itu segera beroperasi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan sudah melakukan asesmen Sabtu malam. Ada 46 keluarga yang terdampak asap di RT 005 RW 039 Kelurahan Mojosongo. “Warga yang terdampak asap belum ada yang mengungsi ke tempat pengungsian di Kelurahan Mojosongo,” jelasnya.

Namun, lanjut dia, sejumlah warga telah mengungsi ke rumah saudaranya akibat asap. Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, tempat pengungsian, dan makanan bisa menghubungi petugas. “Dapur umum sudah beroperasi sejak pagi tadi [Minggu]. Mereka memasak untuk 400 porsi untuk warga maupun petugas atau relawan. Tim yang bertugas di dapur umum adalah Tagana Solo dan relawan gabungan,” ungkapnya.

Tunggu Deklarasi Resmi Demokrat Dukung Prabowo

JAKARTA—Partai Demokrat menyampaikan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan dalam pertemuan tertutup antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang didampingi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadi Prabowo, Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Akan tetapi secara resmi belum ada pernyataan terbuka dari kedua tokoh utama Partai Demokrat itu. Pernyataan dukungan dari SBY dan AHY kepada Prabowo itu justru diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi yang juga hadir dalam pertemuan itu. “Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Viva.

Viva mendampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turut hadir dalam pertemuan antara Partai Demokrat, Prabowo Subianto, dan para tokoh utama partai lainnya yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju di Hambalang. Dalam pertemuan yang sama, kata Viva, SBY juga menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan “at home” di Koalisi Indonesia Maju, karena ada kesamaan cita-cita dan “chemistry”. SBY, dalam pertemuan itu, juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Biaya Kirim Barang Antardaerah Mahal

JAKARTA—Biaya pengiriman antardaerah di Indonesia disebutkan lebih tinggi dibandingkan ongkos ekspor barang ke luar negeri. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di acara Era Baru Biaya Logistik untuk Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Berdasarkan hasil kajian dari Bappenas, ongkos logistik domestik pada 2022 mencapai 14,1% dari total produk domestik bruto (PDB). “Di sisi lain, biaya logistik pengiriman barang ke luar negeri sebesar 8,9%,” jelas Suharso. Komponen biaya terbesar logistik di Indonesia adalah transportasi dan penanganan kargo (transport & cargo handling cost) sebesar 45,3%.

Kemudian biaya pergudangan (warehousing cost) dan biaya persediaan (inventory carrying cost) masing-masing sebesar 22,5% dan 14,6%. Selanjutnya, komponen biaya administrasi logistik (logistics administration cost) sebesar 17,6% dari total ongkos logistik. Biaya logistik nasional merupakan salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia menuju integrasi ekonomi nasional dan global sesuai visi Indonesia Emas 2045.

Warga Tumplak di CFD Kartasura Perdana

SUKOHARJO—Ribuan warga tumplak di Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, saat car free day (CFD) Kartasura Perdana digelar, Minggu (17/9/2023). Deklarasi Kartasura sebagai pusat kuliner bebek juga membuat CFD Kartasura makin menggairahkan.

Berdasarkan pantauan Espos, pengunjung mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, juga menghadiri CFD itu. Bersama warga, Etik mengikuti senam bersama ribuan warga. Ratusan anak menggunakan kostum lengkap juga membuat meriah CFD dengan flashmob tari Kebo Kinul.

Lapak-lapak pedagang pun diserbu pengunjung. Seperti catatan panitia, terdapat ratusan pedagang yang beroperasi di dua zona, yakni zona yang masuk Kelurahan Kartasura dan Ngadirojo. Sebagai informasi, CFD Kartasura menggunakan 1,3 kilomer Jl. Slamet Riyadi, mulai simpang tiga SMK Pelayaran hingga simpang tiga Mulyo Motor, Gembongan. Warga perwakilan enam negara juga hadir memeriahkan uji coba perdana CFD Kartasura itu. Mereka berasal dari Filipina, Thailand. Laos, Bangladesh, dan Taiwan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (18/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya