SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (26/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (26/10/2023), mengangkat headline tentang pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan terakhir yang mendaftarkan diri menjadi peserta Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri atas Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demo­krat, PBB, Gelora, Ga­ruda, dan PSI menyerahkan secara langsung berkas pendaftaran kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari pada pukul 11.57 WIB di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Pada kesempatan itu, Pra­bowo menekankan ingin melan­jutkan berbagai program pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). ”Agar Indo­nesia sampai negara yang maju dan yang makmur,” ujar Prabowo.

Isu keberlanjutan ini juga disampaikan Gibran saat berpidato dalam acara deklarasi resmi pasangan Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, sebelum mendaftar ke KPU. Gibran langsung bicara tentang program-program yang ia tawarkan. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyatakan akan melanjutkan program yang sudah dilakukan saat ini.

Ada empat program yang disampaikan Gibran dalam pidato pertamanya, yakni dana abadi pesantren, kredit startup, Kartu Indonesia Sehat (KIS) lansia, dan Kartu Anak Sehat. Dia juga bicara soal hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, perikananan. “Ini wajib. Dan
juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keber­- lanjutan,” kata Gibran.

Jadi Mentan Lagi, Amran Banyak Tugas

JAKARTA—Komposisi Kabinet Indonesia Maju kembali berubah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pejabat baru Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Rabu (25/10/2023). Pelantikan pejabat negara baru itu merupakan perombakan (reshuffle) terbaru dari pemerintahan Jokowi di periode kedua.

Reshuffle kabinet ini terjadi karena Mentan Syahrul Yasin Limpo mundur akibat tersangkut kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Presiden Jokowi pun menjelaskan alasannya melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan), yang juga pernah menduduki posisi yang sama saat periode pertama pemerintahan Jokowi. ”Biar langsung kerja. Karena beliau dulunya Menteri Pertanian,” kata Presiden.

Amran yang sebelumnya juga menjabat sebagai Mentan pada masa kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019, dinilai Jokowi telah memahami dan mengerti tentang penanganan pertanian di Tanah Air. Hal tersebut menjadi salah satu alasan Presiden Jokowi kembali memberikan mandat kepada menteri kelahiran Kabupaten Bone 27 April 1968 tersebut.

Mebel Memaksimalkan Pasar Baru

JAKARTA—Industri mebel dan kerajinan nasional siap mengoptimalkan pasar di negara berkembang yang mengalami pertumbuhan ekonomi atau emerging market untuk meningkatkan ekspor selain di kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Upaya itu dilakukan dalam rangka mencapai target ekspor sebesar US$5 miliar pada tahun 2024 atau senilai Rp79,3 triliun.

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Abdul Sobur di Jakarta, Senin (23/10/2023), mengatakan pemaksimalan pasar baru itu disebabkan turunnya tren permintaan di kawasan Eropa dan Amerika Serikat akibat situasi ekonomi dan geopolitik yang berimbas pada terkoreksinya nilai ekspor produk mebel dan kerajinan nasional.

“Kondisi ini mendorong kami berupaya menggeser pasar ekspor ke kawasan yang sebelumnya tidak termaksimalkan,” ujarnya. Menurut dia, sejumlah negara yang masuk dalam emerging market ekspor produk mebel dan kerajinan adalah Timur Tengah, India, China, Afrika, Jepang, ASEAN, dan lainnya.

Tol Solo-Jogja Segera Terhubung dengan Tol Trans-Jawa

BOYOLALI – Tol Trans-Jawa dan tol Solo—Jogja ditargetkan terhubung pada awal November 2023. Proyek jembatan penyambung tol Solo—Jogja dengan tol Trans-Jawa akan dikerjakan pada Senin (30/10/2023) hingga Kamis (2/11/2023).

Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), pelaksana proyek pembangunan tol Solo—Jogja, Rachmat Jesiman Putra, menjelaskan setelah proyek pemasangan girder selesai maka tol Solo—Jogja dan tol Trans-Jawa terhubung.

Pada saat pengerjaan jembatan penghubung itu akan ada rekayasa lalu lintas, yaitu ketika girder dinaikkan. Pada saat itu lalu lintas akan ditutup selama lima menit. ”Target kami adalah operasional pada kuartal II 2024 untuk tahap pertama seksi 1.1 [ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer],” kata Rachmat saat dihubungi Espos pada Rabu (25/10/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (26/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya